Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Magang Di Perusahaan

Ketika Anda kuliah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya magang di sebuah perusahaan. Magang dilakukan bagi mahasiswa semester akhir, dimana mereka memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan dan menerapkan ilmu selama kuliah di tempat magang tersebut. Semakin besar perusahaan yang akan dijadikan tempat magang, pasti akan semakin banyak juga saingannya. Nah jika Anda sudah diterima magang di perusahaan yang Anda inginkan, maka lakukanlah dengan baik dan jangan pernah melakukan kesalahan, karena itu akan berakibat fatal jika Anda melakukannya. Berikut beberapa kesalahan yang tidak boleh dilakukan di tempat magang.

Kesalahan Fatal di Tempat Magang

9 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Magang Di Perusahaan

1. Berperilaku Tidak Sopan

Ketika Anda magang di perusahaan ternama, usahakan jaga sikap dan tetap menghormati senior. Karena bukan hanya keterampilan saja yang dinilai, tetapi kesopanan terhadap atasan juga akan selalu diperhatikan. Jika Anda berperilaku baik, maka senior akan senang memberikan ilmu kepada Anda.

2. Malu Bertanya dan Tidak Mengungkapkan Ide

Mahasiswa yang sedang magang biasanya saat awal pasti akan malu karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan di perusahaan. Sebanarnya jika Anda banyak bertanya malah lebih baik dan akan dinilai sebagai mahasiswa aktif, tetapi Anda harus mempelajari dulu materi yang akan ditanyakan, dan jangan datang dengan pikiran yang kosong karena itu akan sangat memalukan. Sebelum magang sebaiknya Anda mancari tahu terlebih dahulu seluk beluk perusahaan tersebut dan tahu apa visi  misinya.

3. Salah Menggunakan Pakaian Magang

Pakaian juga menjadi hal yang tidak boleh diabaikan saat magang. Setiap perusahaan pasti akan menentukan aturannya dalam menggunakan seragam, dan biasanya anak magang memakai atasan putih bawahan hitam. Apabila perusahaan tersebut memperbolehkan memakai jeans, maka pakailah jeans yang sopan dan jangan terlalu ketat, karena Anda sedang dalam posisi magang bukan jalan-jalan. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada senior tentang aturan pakaian yang diterapkan saat magang.

4. Datang Terlambat Ke Lokasi Magang

Kebiasaan datang terlambat waktu SMA atau kuliah jangan dibawa ke tempat magang, karena itu akan mengurangi nilai Anda. Usahakan datang 15 menit lebih awal dan semakin Anda disiplin maka semakin bagus pula atasan menilai Anda. Apabila Anda terlambat, maka langsung meminta maaf kepada atasan dan jelaskan dengan alasan yang tepat. Dan yang perlu diingat, saat magang jangan sekali-kali berbohong karena itu akan menurunkan harga diri Anda dan tidak akan dipercayai lagi oleh atasan.

5. Menolak Pekerjaan Yang Diberikan

Setiap perusahaan besar pasti ketika ada mahasiswa magang, akan diberikan banyak pekerjaan dan harus diselesaikan dengan baik. Apabila Anda diberikan pekerjaan, maka lakukanlah dengan baik karena itu merupakan modal utama ketika Anda bekerja nanti. Jika Anda tidak sanggup melakukannya, maka tolaklah pekerjaan yang diberikan dengan bahasa yang sopan dan jelaskan pula alasannya.

6. Mengulang Kesalahan Yang Sama

Melakukan kesalahan merupakan hal yang  wajar dilakukan setiap orang, namun apabila kesalahan tersebut diulang terus-menerus maka Anda langsung akan dicap mahasiswa buruk oleh atasan. Sebagai seorang mahasiswa seharusnya bisa berfikir lebih dewasa dan tahu bagaimana caranya memperbaiki kesalahan. Apabila melakukan kesalahan, tidak usah sungkan untuk meminta maaf dan jangan pernah mengulanginya lagi.

7. Minim Informasi Tentang Lokasi Magang

Sebelum mulai magang, sebaiknya Anda mencari informasi tentang lokasi magang yang Anda pilih, dari mulai sistem kerjanya, kondisi perusahaan dan pekerjaan yang akan Anda lakukan disana. Jadi pada saat atasan menanyakan sesuatu menganai perusahaan tersebut, Anda bisa menjawabnya dengan baik. Anda juga bisa membangun koneksi dengan pegawai di lokasi magang tersebut, dan bisa menanyakan tentang pekerjaan yang ada disana. Semakin banyak Anda membangun relasi maka akan semakin banyak pula pengalaman yang akan Anda dapatkan.

8. Berharap Akan Langsung Bekerja Setelah Magang

Banyak mahasiswa setelah magang di perusahaan besar beranggapan bahwa setelah lulus akan langsung bekerja di tempat magang tersebut. Tidak ada salahnya jika Anda berfikiran seperti itu, tetapi menurut saya pemikiran tersebut kurang tepat. Ketika magang usahakan mencari relasi dan pengalaman sebanyak-banyaknya, dan jangan pernah magang hanya untuk mendapatkan pekerjaan, karena setiap perusahaan akan menyeleksi setiap mahasiswa.

9. Memposting di Media Sosial

Hampir semua mahasiswa yang sedang magang memposting kegiatannya di tempat magang, seperti curhat di media sosial tentang kehidupannya selama mereka magang. Hal tersebut harus dihindari karena  jika Ada teman yang memiliki kerabat di tempat Anda magang dan tahu Anda memposting sesuatu di media sosial tentang perusahaan tersebut, maka Anda akan dicap jelek oleh atasan.
 
Persiapkanlah magang dari awal kuliah dan jangan sampai ketika selesai magang Anda tidak mendapat apa-apa. Gunakanlah waktu sebaik mungkin ketika magang dan tetap lakukan yang terbaik. Semoga artikel diatas bisa menjadi  pedoman bagi Anda yang akan magang di sebuah perusahaan.