Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

Memiliki mobil pribadi memang menjadi sebuah impian semua orang terutama yang sudah berkeluarga, pasti akan sangat membutuhkan mobil untuk bersilaturahmi ke rumah saudara yang jaraknya jauh. Mobil keluarga yang Anda beli harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki, jangan sampai membeli mobil bagus dengan cara kredit. Hal tersebut akan sangat memberatkan jika gaji yang Anda peroleh tiap bulan minim. Nah sebelum membeli sebuah mobil pribadi, alangkah baiknya Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar tidak menyesal setelah membeli mobil.

Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

6 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

1. Pahami Apa Yang Menjadi Kebutuhan Anda

Saat membeli mobil Anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu harga mobil yang akan dibeli, seberapa besar bagasi dan juga berapa banyak kursi yang Anda inginkan. Dari beberapa hal tersebut menjadi patokan semua orang jika ingin membeli mobil.

2. Anda Ingin Membeli atau Menyewa Mobil?

Kebanyakan orang sering terlena dalam membeli mobil. Mereka membeli mobil hanya untuk kepentingan sesaat saja, bahkan jarang digunakan. Jika Anda menggunakan mobil hanya sebentar saja maka sebaiknya menyewa saja daripada membeli. Karena jika Anda memaksakan untuk membeli sebuah mobil, maka yang terjadi yaitu saat membayar cicilan tiap bulan akan sangat kesusahan. Jadi perhatikan terlebih dahulu tujuan Anda menggunakan mobil untuk jangka panjang atau pendek.

3. Pertimbangkan Biaya Yang Harus Dikeluarkan

Membeli mobil bukan perkara yang mudah, dan itu akan sangat membutuhkan biaya yang tidak sedikit terlebih jika mobil yang ingin Anda beli keuaran terbaru. Apabila uang yang Anda miliki saat ini terbatas, maka belilah mobil sesuai dengan budget yang Anda miliki, dan jangan sampai membeli mobil dengan harga yang jauh lebih tinggi.

4. Jangan Lupa Melakukan Tes Drive

Melakukan tes drive sangat penting dilakukan, terlebih jika mobil yang Anda beli merupakan mobil bekas. Mobil bekas biasanya terdapat bagian yang rusak atau diganti oleh si pemilik. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, lakukanlah tes drive terlebih dahulu apakah mobil tersebut sesuai dengan keginginan Anda atau tidak. Jika dirasa mobil tersebut sudah sesuai maka tidak ada salahnya Anda membelinya, namun jika mobil tersebut terdapat banyak sekali kerusakan, maka tanyakan langsung kepada si pemilik apa penyebab dari kerusakan tersebut.

5. Pastikan Mobil Memiliki Garansi Yang Baik

Jika Anda membeli mobil terutama mobil baru, maka perhatikan juga garansinya. Biasanya ketika membeli mobil baru, perusahaan mobil tersebut akan memberikan garansi 1 tahun. Dan jika mobil tersebut tidak memiliki garansi atau garansinya pendek, maka jangan dibeli karena jika terdapat kerusakan yang serius Anda akan kesusahan sendiri.

6. Beli Mobil di Akhir Tahun

Harga Mobil di awal tahun dan akhir tahun akan sangat berbeda, karena tiap tahunnya mobil akan ganti model dan akan sangat bervariasi. Nah jika Anda membeli mobil di akhir tahun, maka stok mobil tersebut sudah stok terakhir dan biasanya dijual dengan harga yang cukup murah.
 
Nah itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil. Jangan sampai salah pilih mobil, karena jika salah pilih maka akan sangat merugikan Anda kedepanya karena semakin lama harga mobil akan semakin murah.