Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Peminjaman Online

Saat ini banyak orang yang memutuskan untuk terjun di dunia usaha, karena mereka tidak suka dengan pekerjaan yang sifatnya memaksa seperti bekerja di perusahaan orang lain. Selain itu sekarang lapangan kerja semakin sedikit dan pelamar tiap tahunnya justru semakin banyak. Nah dari situlah muncul ide untuk memulai sebuah usaha. Tetapi yang menjadi hambatan dalam memulai usaha yaitu modal, terutama uang. Uang menjadi hal terpenting dalam membangun usaha baik itu usaha kecil maupun usaha besar. Dengan adanya uang, maka semua bisa diselesaikan dengan baik. Namun uang bukan menjadi syarat utama dalam membangun usaha, syarat utama yaitu niat dan kerja keras.
 
Jika Anda baru lulus kuliah dan bingung melamar kerja sana sini tidak ada yang menerima, maka tidak usah bingung, karena sekarang ini sudah ada sebuah aplikasi yang menyediakan pinjaman online dan bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha. Anda tidak usah repot-repot pergi ke bank, dan cukup menggunakan aplikasi yang sudah disediakan, itu pun bisa dilakukan dengan mudah. Namun dibalik kemudahan melakukan pinjaman online, sekarang banyak ognum yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Nah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk melakukan pinjaman online.

Hal Penting Saat Melakukan Pinjaman Online

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Peminjaman Online

1. Suku Bunga Yang Tinggi

Kebanyakan platfom peminjaman online menyediakan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan peminjaman biasa. Maka dari itu sekarang peminjaman online sangat mudah dan banyak yang memanfaatkan dengan menaikkan suku bunga. Namun bagi orang yang sudah mengetahui lebih dalam tentang pinjaman online ini, tidak menjadi masalah karena mereka sudah bisa mengatasinya dengan baik. Tetapi masih banyak orang yang saat melakukan peminjaman tidak memikirkan kedepannya. Contohnya mereka telat dalam pembayaran dan bingung bagaimana cara mengembalikannya.

2. Data Pribadi

Biasanya saat mengunduh sebuah aplikasi online terutama aplikasi untuk peminjaman uang, maka Anda ketika ingin login pasti diminta untuk memasukkan data diri dengan lengkap. Nah dalam hal ini banyak sekali ognum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan data diri Anda untuk hal negatif dan disalahgunakan. Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah, jika mereka meminta izin terlebih dahulu kepada Anda, dan untuk aplikasi yang terpercaya pasti akan menggunakan data diri seseorang untuk hal yang baik. Yang terpenting disini yaitu nasabah harus sudah mengetahui bahwa data dirinya akan digunakan untuk kepentingan pengajuan pinjaman online.

3. Biaya Aministrasi Penagihan

Hampir semua peminjam online sering melupakan tentang administrasi penagihan. Jika Anda telat dalam pembayaran, maka akan ada administrasi penagihan yang tetap berjalan. Dan biayanya pun akan sangat besar dibandingkan dengan pinjaman biasa.

4. Aplikasi Online Tidak Terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Saat ini banyak sekali aplikasi yang menawarkan pinjaman online dengan cepat dan mudah. Tetapi dari sekian banyak aplikasi tersebut, hanya beberapa saja yang sudah mendapat persetujuan dari OJK. Persetujuan dari OJK menjadi hal yang sangat penting karena hal tersebut menandakan bahwa aplikasi yang dilindungi OJK sudah dipercaya dan aman dari ognum yang tidak bertanggungjawab. Untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah memiliki  izin dari OJK, Anda bisa mengeceknya langsung di website OJK karena hanya terdapat 158 perusahaan yang mendapat izin dari OJK pada tahun 2020.

5. Proses Approval

Peminjaman online memang tidak diharapkan cepat atau lambat, yang terpenting dari calon peminjam yaitu kepercayaan yang diberikan dari perusahaan tersebut. Biasanya suatu perusahaan akan menjanjikan uang cair dalam waktu kurang dari 24 jam dan itu semua tergantung dari seberapa banyak uang yang dipinjam. Namun terkadang kesalahnnya yaitu approval yang menggantung dan ini yang membuat peminjam menjadi was-was. Maksudnya yaitu apakah pengajuan yang diajukan oleh si peminjam tersebut bisa diterima dengan baik atau tidak. Kondisi tersebut yang seharusnya lebih diperhatikan oleh si peminjam saat melakukan peminjaman online.
 
Memulai usaha dengan modal dari pinjaman online mamang tidak sepenuhnya salah, tetapi kalau bisa jangan meminjam karena jika usaha yang Anda jalankan tersebut berhenti di tengah jalan, pasti akan kesulitan untuk mengembalikan dana yang sudah dipinjam secara online. Lebih baik kumpulkan uang selagi masih kuliah, dan ketika sudah lulus bisa langsung membangun usaha tanpa harus terbebani dengan hutang.