Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Dampak Positif Belajar Online Bagi Mahasiswa Saat Pandemi

Saat pandemi corona seperti sekarang ini pemerintah melarang sistem pembelajaran tatap muka dan mau tidak mau harus dialihkan ke online. Bagi sebagian orang pasti tidak setuju dengan adanya belajar online, namun ada juga yang menyebut bahwa belajar online akan lebih bermanfaat terutama bagi mahasiswa. Nah bagi mahasiswa tertentu saja yang menganggap kuliah online ini sangat membantu mereka dalam beberapa hal. Jika Anda berfikir bahwa kuliah online sangat bermanfaat, maka Anda termasuk dalam golongan mahasiswa yang berfikir ke depan. Berikut beberapa dampak positif yang akan dirasakan mahasiswa saat pandemi corona ini.

Apa Sih Manfaat Belajar Online?

6 Dampak Positif Belajar Online Bagi Mahasiswa Saat Pandemi

1. Praktis dan Fleksibel

Kuliah online dirasa cukup praktis karena tidak mengharuskan mahasiswa untuk datang ke kampus, selain itu juga bisa mengikuti belajar online dimana saja asal lingkungannya yang kondusif agar bisa fokus dalam mata kuliah yang disampaikan oleh dosen. Dan juga mahasiswa tidak diharuskan untuk memakai pakaian yang rapi, mereka bebas mamakain pakaian apa saja asalkan sopan, dan hal tersebut sangat fleksibel.

2. Hemat Waktu dan Biaya

Dengan adanya kuliah online, maka mahasiswa dan dosen bisa lebih hemat dalam hal waktu dan biaya. Ketika kuliah tatap muka pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berpindah ruang kelas yang akan digunakan untuk pembelajaran. Selain itu juga hemat dari segi biaya, contohnya saat kuliah tatap muka pasti akan banyak sekali biaya yang dikeluarkan mahasiswa untuk berbagai keperluan seperti foto copy, print tugas atau membeli peralatan yang lain. Nah untuk mengikuti kuliah online, mahasiswa hanya memerlukan yang namanya paket internet untuk bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.

3. Bisa Lebih Dekat Dengan Orang Tua

Hal ini akan sangat bermanfaat khususnya anak rantau. Ketika kuliah dilakukan secara online, otomatis mereka belajar di rumah dan bisa bertemu dengan orang tua. Saat berada di perantauan, pasti jarang sekali  pulang dan saat diadakannya kuliah online seperti ini merupakan waktu yang tepat bagi mereka yang ingin bertemu dengan orang tua dan membantu pekerjaannya. Selain itu hubungan antara anak dengan orang tua akan lebih dekat.

4. Bisa Mengatasi Mata Kuliah Bentrok

Apabila ada salah satu mata kuliah di semester sebelumnya yang mengulang, otomatis akan diambil lagi di semester berikutnya. Jika Anda mengulang mata kuliah di jadwal yang sama dengan mata kuliah lain, maka Anda akan menjadi kerepotan dalam mengikuti perkuliahan dan harus meninggalkan salah satu dari mata kuliah tersebut. Nah dengan adanya kuliah online, maka jika ada mata kuliah yang bentrok bisa diikuti semua tergantung dari mahasiswa tersebut. Mereka bisa mengikutinya dengan menggunakan 2 perangkat yaitu Hp dan Laptop. Denga begitu semuanya akan berjalan dengan lancar.

5. Bisa Mengembangkan Kreativitas

Dengan sistem pembelajaran online, maka mahasiswa bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan contohnya mereka melakukan sebuah bisnis. Jika perkuliahan offline, otomatis mahasiswa tidak ada waktu untuk mengembangkan kreativitasnya di luar kampus, karena mereka dituntut untuk seharian aktif di kampus, belum lagi jika ada yang mengikuti UKM lebih dari satu. Hal tersebut akan membuat mahsiaswa tidak bisa mengembangkan kreativitasnya. Untuk itu manfaatkan kuliah online ini untuk hal  yang bermanfaat seperti membangun sebuah bisnis, karena jika saat kuliah online Anda hanya mendengarkan dosen dan mengerjakan tugas saja, maka waktu tersebut akan sia-sia dan pasti akan menyesal di belakang.

6. Tidak Mudah Capek

Saat mengikuti kuliah online, maka tenaga yang dikeluarkan akan semakin sedikit dan membuat Anda menjadi tidak mudah capek. Jika kuliah offline, maka Anda harus bangun pagi dan bergegas untuk masuk ke kampus. Belum lagi pulang dari kampus Anda mengikuti seminar atau bahkan rapat himpunan (Bagi Anda yang ikut organisasi).
 
Nah itulah beberapa manfaat atau dampak positif yang akan dirasakan maahsiswa ketika perkuliahan masih online. Tetapi jangan terlalu menyepelekan kuliah online, ika Anda menyepelekan satu mata kuliah saja maka kedepannya pasti akan kesulitan dalam mengerjakan ujian, karena Anda tidak bisa konsultasi langsung dengan dosen atau teman. Maka dari itu gunakanlah waktu yang berharga ini dengan seimbang antara kuliah dan mencari relasi di luar.