Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Dampak Negatif Pergaulan Bebas Bagi Remaja

Pergaulan bebas merupakan sebuah perilaku yang melanggar norma agama, norma kesusilaan dan norma hukum. Seiring berkembangnya jaman, kini semakin banyak orang yang mengetahui bebagai macam informasi, baik itu informasi baik atau informasi buruk. Tetapi kebanyakan orang lebih bisa menangkap informasi buruk daripada  informasi yang baik. Akibatnya mereka jadi tahu pergaulan di luar sana yang begitu keras, alhasil mereka mengikuti apa yang dilakukan orang lain tanpa memahaminya terlebih dahlu. Bergaul memang tidak dilarang, tetapi jika salah pergaulan itu yang akan mengakibatkan masa depan seseorang menjadi tidak jelas. Nah berikut ini merupakan dampak negatif dari  pergaulan bebas bagi remaja.

Dampak Pergaulan Bebas

7 Dampak Negatif Pergaulan Bebas Bagi Remaja

1. Kehamilan di Luar Nikah dan Penyakit Kelamin

Jaman sekarang banyak sekali foto di remaja di media sosial yang hanya menggunakan pakaian yang tidak sepantasnya dipakai. Hal ini akan menumbuhkan rasa keingintahuan seorang pria terhadap wanita yang memakai pakaian seperti itu. Kebanyakan remaja sekarang ini jika berpacaran,  pasti menuju ke hal-hal negatif yang belum waktunya dilakukan. Maka dari itu banyak anak SMA yang hamil diluar nikah, dan harus merelakan kehormatannya diambil oleh pria yang belum menjadi suaminya. Selain itu, ada juga yang gonta-ganti pasangan dan abkiatnya yaitu mengalami penyakit kelamin. Jika hal ini sudah terjadi maka tidak ada harapan lagi untuk meraih masa depan yang cerah.

2. Prestasi di Sekolah Menurun

Nah ini yang sering dialami oleh sebagian siswa, yaitu ketika awal masuk sekolah pasti semangat belajarnya masih tinggi, namun perilakunya pasti akan berubah jika sudah mengenal teman yang pergaulannya tidak jelas. Biasanya siswa yang seperti ini nilai atau prestasi  di sekolah akan langsung menurun drastic, karena yang dipikirkan hanyalah bermian dan tidak memikirkan sekolahnya.

3. Dicap Jelek Oleh Mayarakat

Jika Anda salah dalam memilih pergaulan, maka bersiaplah untuk dijauhi orang di sekitar Anda, terlebih Anda sudah melakukan hal negatif seperti menghamili anak orang, mencoba narkoba dan sebagainya. Tidak hanya masyarakat saja yang menghina Anda, bahkan keluarga Anda pun pasti akan ikut menghina jika Anda melakukan hal yang tidak  baik.

4. Terjerumus Pada Rokok, Miras dan Narkoba

Apabila seseorang yang tadinya pendiam, namun setelah mengenal yang namanya pergaulan maka sifatnya pasti akan mengikuti termannya tersebut. Ada pepatah yang mengatakan bahwa keakukan seseorang pasti tidak jauh berbeda dengan teman di sekelilingnya. Jika teman Anda sering merokok, maka Anda pasti memiliki keinginan untuk mencobanya. Mencoba sekali atau 2 kali tidak masalah, tetapi kalau keseringan dan menjadi kecanduan itu yang akan berakibat fatal bagi kehidupan Anda.

5. Timbul Masalah Dengan Keluarga

Semua orang tua pasti tidak mau jika anaknya salah dalam memilih teman, atau lebih tepatnya salah pergaulan. Harapan orang tua kepada anak begitu besar dan ingin anaknya berhasil. Namun apa yang terjadi jika orang tua mengetahui jika Anda melakukan hal yang tidak baik di luar sana, pasti akan merasa kecewa dan jika Anda pulang ke rumah pasti akan terjadi perdebatan. Nah berdebat dengan orang tua merupakan hal yang tidak baik karena jika orang tua sudah marah dengan anak, pasti semua yang diinginkan anaknya tidak akan dikabulkan oleh Allah swt, karena ridho Allah swt tergantung ridho orang tua.

6. Berdosa

Apabila seorang remaja melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang belum sah, maka itu sudah menjadi dosa mereka. Terlebih jika remaja tersebut tidak mau bertanggunjawab, pasti hidup akan terasa gelap. Ketika ingin melakukan hal yang menjurus ke seksual, maka ingatlah Allah dan orang tua karena orang tua dirumah sedang menunggu kabar baik dari Anda.

7. Putus Sekolah

Sekarang ini banyak sekali remaja yang putus sekolah akibat salah dalam pergaulan. Contohnya aborsi, narkoba dan masih banyak lagi. Jika seorang wanita sudah hamil di luar nikah, pasti mau tidak mau harus keluar dari sekolah dan merelakan masa depannya hilang begitu saja. Jika Anda melakukan hal tersebut apakah tidak kasihan dengan orang tua yang sudah membiayai sekolahm namun Anda tidak bisa membalas kebaikan mereka. Setidaknya Anda harus belajar yang rajin dan meningkatkan prestasi di sekolah agar orang tua bangga.
 
Itukah beberapa dampak negatif dari pergaulan bebas bagi remaja. Bagi Anda yang masih sekolah, maka gunakanlah waktu sebaik mungkin dan kejar semua impian Anda terlebih dahulu. Fokus pada impian dan orang tua, karena jika tidak ada orang tua maka Anda tidak bisa sekolah atau bahkan kuliah. Dan jangan sampai salah dalam pergaulan.