Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Efektif Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Adanya pandemi covid-19 ini membuat perekonomian masyarakat menurun, apalagi bagi mereka yang kena pemberhentian kerja dari perusahaan. Jika seseorang mempunyai bisnis sendiri, maka ketika pandemi ini tidak akan terlalu sulit dalam masalah keuangan, tetapi bagaimana jadinya jika ada seorang yang kena PHK dan tidak mempunyai bisnis sama sekali, pasti akan merasa kebingungan karena mereka hanya mengandalkan uang gaji dari perusahaan. Saat kondisi seperti ini semua orang harus berusaha semaksimal  mungkin untuk mengatur keuangan, nah berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar keuangan Anda tetap aman di saat pandemi.

Cara Mengtur Keuangan

5  Cara Efektif Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

1. Manfaatkan Promo Belanja Online

Bagi Anda yang senang belanja online tidak ada salahnya memanfaatkan promo di setiap produk di marketplace. Biasanya setiap bulan setiap marketplace akan memberikan diskon besar-besaran, nah itu bisa menjadi jalan bagi Anda untuk menghemat keuangan.

2. Melakukan Investasi

Saat kondisi pandemi seperti sekarang Anda harus mencoba melakukan investasi, karena dengan berinvestasi maka otomatis Anda sudah mempersiapkan dana di masa yang akan datang. Jaman sekarang sudah ada aplikasi yang bisa menjadi tempat untuk berinvestasi yaitu Reksadana. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa investasi dimana saja dan kapan saja, bahkan Anda bisa memulainya dengan nominal yang kecil. Selain itu Anda bisa datang ke pegadaian untuk investasi emas, kenapa investasi emas? Karena seiring berjalannya waktu harga emas akan semakin naik, dan itu sangat menguntungkan jika dilakukan. Bayangkan saja harga emas di tahun 2000 dengan emas di tahun 2010 akan jauh berbeda. Investasi emas tidak akan membuat Anda kaya, tetapi akan mempertahankan nilai keuangan Anda.

3. Hindari Penggunaan Sistem Cicilan

Di saat pandemi usahakan jangan membeli barang dengan sistem cicil, karena jika hal  tersebut dilakukan maka Anda akan kesulitan dalam mengatur keuangan. Jika Anda menginginkan sesuatu, maka kumpulkan uang terlebih dahulu, ketika sudah terkumpul maka belilah barang dengan sistem cash. Biasanya akan muda yang sering  melakukan sistem cicil, seperti membeli smartphone atau laptop. Mereka rela mencicil barang mewah demi gaya hidup agar lebih dipandang orang lain. Hal itu bahkan akan membuat hidup Anda tidak akan tenang karena selalu memikirkan cicilan. Lebih baik sederhana tetapi lunas daripada mewah tetapi banyak cicilan.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Bagi Anda yang  kena pemberhentian kerja, maka langsung memutar otak untuk memulai berwirausaha, karena jika Anda hanya diam terus maka kehidupan Anda akan semakin sulit kedepannya. Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak, maka bisa membuat sebuah makanan yang nantinya dijual ke orang lain ataupun ke toko. Jika usaha Anda sudah berkembang maka itu bisa menjadi sumber penghasilan utama.

5. Kurangi Pengeluaran Yang Tidak Terlalu Penting

Membeli barang yang tidak penting justru akan membuat keuangan Anda cepat menurun, karena kesenangan akan berbeda dengan kebutuhan. Usahakan Anda membeli barang yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan jangan membuang-buang uang hanya untuk memenuhi gaya hadup. Lebih baik uang yang Anda miliki dipakai untuk modal usaha atau berinvestasi untuk masa yang akan datang.
 
Jadilan orang yang bijak  dalam mengatur keuangan terutama di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Setiap kali ingin membeli sebuah barang, berfikirlah terlebih dahulu berapa harganya dan apa manfaat dari barang tersebut. Semoga di situasi pandemi ini Anda bisa mengatur keuangan dengan baik dan harapannya setelah pandemi selesai, semua orang menjadi lebih menghargai uang dan bisa memakainya untuk hal yang bermanfaat.