Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Banyak Orang Berlomba Mengikuti Tes CPNS

Bagi Anda yang baru lulus kuliah atau fresh graduate pasti akan segera mencari pekerjaan sesuai dengan bidangnya, ada yang melamar kerja di perusahaan swasta dan ada juga yang melamar sebagai CPNS.  Namun kebanyakan saat ini orang lebih memilih untuk mendaftar CPNS daripada perusahaan swasta. CPNS merupakan pekerjaan yang sangat diinginkan oleh semua orang, dan banyak alasan orang tersebut mengikuti tes CPNS. Berikut beberapa alasan seseorang mau mendaftar sebagai abdi negara atau PNS.

Alasan Daftar CPNS

6 Alasan Banyak Orang Berlomba Mengikuti Tes CPNS

1. Mendapat Jaminan Kerja

Apabila Anda diterima menjadi PNS, maka hidup Anda akan ditanggung oleh pemerintah mulai dari gaji hingga tunjangan yang lainnya. Apabila Anda bekerja di perusahaan swasta, pasti ketika terdapat masalah di perusahaan tersebut, kemungkinan untuk diPHK sangatlah tinggi. Berbeda ketika Anda menjadi PNS, yang sistem kerjanya sudah diatur oleh pemerintan dan tidak ada yang namanya PHK kecuali Anda melakukan kesalahan yang fatal.

2. Jenjang Karir Yang Jelas

Alasan berikutnya orang masuk PNS yaitu karena jenjang karirnya yang lebih jelas. Pasti semua orang menginginkan jenjang karirnya jelas dan panjang. Untuk itu menjadi seorang PNS meruakan salah satu pilihan yang tepat. Apabila Anda menjadi PNS, tingkat eselon yang Anda tempati saat ini pasti akan naik seiring berjalannya waktu.

3. Diminta Orang Tua

Banyak sekali orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang PNS, karena PNS memiliki jenjang karir yang jelas dan dijamin oleh pemerintah. Nah bagi Anda yang disuruh orang tuanya daftar CPNS pasti disebabkan karena 2 hal, yang pertama yaitu untuk membahagiakan orang tua  atau yang kedua yaitu untuk formalitas saja.

4. Iseng-iseng Berhadiah

Mendaftar CPNS bukan suatu hal yang sulit, karena sekarang ini banyak orang yang bisa mengakses situsnya dan langsung mendaftar. Minimal pendidikan ketika mendaftar CPNS yaitu SMA. Dan banyak orang yang awalnya hanya iseng-iseng daftar CPNS, namun pada akhirnya malah diterima. Jika hal tersebut dialami oleh Anda, maka itu suatu hadiah yang luar biasa. Orang-orang yang iseng tersebut beprinsip daftar CPNS lalu mengikuti ujian dan setelah itu lupakan, jika diterima ya Alhamdulillah jika tidak diterima ya bukan rezekinya.

5. Berkesempatan Bertemu Orang Penting di Indonesia

Menjadi seorang PNS akan lebih memudahkan Anda untuk bertemu dengan orang penting di Indonesia contohnya seperti menteri yang sedang menjabat dan Anda bisa mendaftar CPNS di bagian kementrian pendidikan dan kebudayaan.

6. Memiliki Waktu Berwirausaha

Jam kerja seorang PNS sudah ditentukan oleh pemerintah dan sangat fleksibel. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai membuka usaha, seperti usaha konveksi, jasa katrering dan lainnya.  
 
Itulah beberapa alasan kenapa orang mau mendaftar CPNS. PNS merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena bisa mengabdi kepada bangsa dan negara. Jika Anda pengen menjadi kaya janganlah daftar CPNS, karena menjadi seorang PNS itu bukan untuk kaya tetapi itu merupakan sebuah pengabdian.