Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Belajar Berbisnis

Menjadi mahasiswa bukan berarti hanya fokus pada kegiatan kampus saja dan harus diisi dengan hal yang lebih bermanfaat di luar kampus, salah satunya yaitu dengan berbisnis. Bisnis untuk mahasiswa sangat banyak dari yang memerlukan modal kecil sampai modal besar bisa dicoba, apalagi untuk mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua dan pastinya ingin mempunyai penghasilan tambahan untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan. Tidak hanya mahasiswa dari fakultas ekonomi saja yang bisa berbisnis, tetapi mahasiswa dari fakultas teknik juga banyak yang bisnisnya sudah berkembang dan dikenal banyak orang.
 
Ketika menjadi mahasiswa dan sudah terbiasa melakukan bisnis, maka setelah lulus nanti tidak usah repot-repot melamar pekerjaan sana sini, karena melamar pekerjaan jauh lebih sulit dibandingkan dengan memulai bisnis. Sekarang juga banyak sarjana yang nganggur akibat keterbatasan lapangan kerja. Nah untuk mengatasi itu semua, mahasiswa wajib memulai bisnis. Berikut beberapa alasan mengapa mahasiswa wajib membangun sebuah bisnis waktu kuliah.

Mengapa Mahasiswa Wajib Membangun Bisnis?

5 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Belajar Berbisnis

1. Mencari Pengalaman

Bagi Anda yang sedang merantau di kota orang sebaiknya carilah pengalaman sebanyak mungkin, dan tidak ada salahnya memulai bisnis. Anda bisa bergabung dengan komunitas Internet Merketer yang ada di kota tersebut. Banyak sekali hal yang dipelajari dari mengikuti kegiatan di luar kampus. Selain itu wawasan Anda akan semakin bertambah karena tidak hanya mempelajari tentang dunia pendidikan saja.

2. Mengurangi Beban Orang Tua

Bagi Anda yang ingin meringankan beban orang tua, lebih baik memulai bisnis sejak menjadi mahasiswa. Memang orang tua pasti tidak setuju jika anaknya sudah mulai bekerja ketika masih kuliah, tetapi jika hasil yang Anda dapatkan dari berbisnis tersebut menggiurkan, maka orang tua pasti akan mendukung dan mendoakan Anda agar lancar kuliah dan berbisnis. Lumayan jika Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis tersebut walaupun sedikit, setidaknya bisa untuk membayar UKT tiap semester.

3. Belum Memiliki Tanggungjawab

Ketika masih kuliah pasti belum memikirkan yang namanya beban keluarga, dan masih bebas melakukan segala hal yang disukai, mulai dari bermain hingga berbisnis. Nah waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk membangun sebuah bisnis siapa tahu bisnis tersebut bisa menjadi sumber penghasilan utama ketika sudah lulus nanti. Selain itu umur 20an masih semangat-semangatnya mengembangkan suatu kreasi dan masih produktif untuk berfikir kedepan. Namun ketika waktu kuliah hanya bersenang-senang saja, pasti ketika lulus akan bingung mencari kerja. Tujuan dari kuliah bukan untuk mencari kerja, tetapi untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua orang.

4. Potensi Penghasilan Tinggi

Hampir semua orang terkaya di duna berprofesi sebagai pebisnis, karena selain bebas waktu dengan berbisnis berpeluang mendapatkan penghasilan yang besar. Maka dari itu potensi bisnis di masa yang akan datang sangatlah besar karena perkembangan jaman semakin pesat, dan semua kegiatan bisa dilakukan dengan robot. Jadi ketika Anda bekerja di perusahaan orang lain pasti tidak akan bertahan lama, dan sebaiknya mulailah berbisnis ketika masih kuliah agar bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan kedepannya. Pendapatan seorang pebisnis tergantung dari seberapa giat dan konsisten mereka bekerja, semakin fokus dalam membangun bisnis, maka penghasilannya pun akan semakin banyak.

5. Melatih Kesabaran

Dengan berbisnis ternyata bisa melatih kesabaran orang lhoo, karena ketika orang tersebut mulai berbisnis pasti kedepannya akan menghadapi berbagai macam rintangan dan mereka harus mengatasinya dengan kepala dingin. Kebanyakan para pebisnis mentalnya sudah terlatih karena sering menemui permasalahan, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Jadi ketika bisnis Anda ingin berkembang maka harus mempunyai sifat sabar dalam menghadapi sebuah persoalan.
 
Kebanyakan orang jika ingin memulai bisnis pasti alasannya terkendala di modal yaitu uang. Justru uang bukan menjadi syarat berkembangnya sebuah bisnis. Percumah jika Anda mempunyai uang banyak tetapi tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Modal utama berbisnis yaitu niat dan konsisten, orang yang konsisten pasti akan mengalahkan orang pintar. Karena dengan konsisten berarti mereka menjadi lebih teliti dalam memahami apa yang sudah dimulai. Nah bagi Anda yang masih kuliah, maka gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk memulai usaha, dan jangan sampai waktu kuliah Anda digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat contohnya nongkrong gak jelas atau hanya main sana main sini. Dan satu lagi jangan jadi mahasiswa yang menyesal setelah lulus kuliah, karena waktu kuliah tidak melakukan apa-apa di luar kampus.