Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Jangan Menikah Di Bawah Usia 25 Tahun

Pertanyaan yang sering ditanyakan orang lain kepada anak muda yaitu kapan mau menikah dan dengan siapa pasangannya.  Itu merupakan hal yang sangat lumrah bagi kalangan masyarakat. Menikah memang hal yang harus dilakukan oleh semua orang, namun sebelum menikah harus mengetahui terlebih dahulu apa yang harus dilakukan kedepannya. Banyak anak muda sekarang yang baru lulus SMA langsung memutuskan untuk menikah, alasannya sangat beragam salah satunya yaitu takut pasangannya diambil orang lain. 

Dari alasan tersebut sudah menunjukkan bahwa anak muda seperti itu pasti pikirannya masih labil. Nah bagi Anda yang usianya masih dibawah 25 tahun sebaiknya jangan memutuskan untuk menikah  terlebih dahulu, karena pola pikirnya masih pendek dan belum tahu suka duka setelah menikah. Berikut beberapa alasan untuk tidak menikah dibawah usia 25 tahun.

Alasan Tidak Menikah Muda

6 Alasan Jangan Menikah Di Bawah Usia 25 Tahun

1. Ingin Melakukan Banyak Kegiatan

Usia mudah masih senang-senangnya beinovasi atau berkreativitas sesuai dengan kemampuannya. Banyak anak muda yang berhasil menciptakan karya yang bermanfaat, dan bisa digunakan oleh semua orang. Nah bagi Anda yang usianya masih muda, jangan terburu-buru menikah tetapi kembangkanklah skill Anda dengan baik terlebih dahulu, karena jika waktunya sudah tepat pasti akan terlaksana.

2. Masih Butuh Waktu Untuk Sendiri

Jika Anda baru lulus kuliah, maka carilah pekerjaan atau buka usaha sesuai dengan kemampuan Anda. Perbanyak relasi dan bersosialisasi dengan semua orang. Karena di usia muda merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan karir. Jika Anda sudah benar-benar berkembang menjadi individu yang baik, langkah selanjutnya yaitu memikirkan pernikahan.

3. Ingin Bebas Bergaul Dengan Teman

Anak muda jaman sekarang pasti sangat senang apabila bermain dengan temannya dan berkumpul membahas suatu hal. Itu akan lebih asik jika dilakukan di usia 21 sampai 24 tahun, karena berkumpul dengan teman merupakan hal yang tidak bisa dilupakan. Apabila Anda sudah menikah maka tidak bisa lagi bergaul dengan teman, karena jika Anda seorang laki-laki harus dituntut untuk mencari nafkah.

4. Belum Siap Secara Finansial

Pasti semua orang akan merasa malu ketika sudah menikah akhirnya tinggal satu rumah bersama orang tua. Jangan sampai setelah menikah Anda malah mengalami kesusahan dalam hal finansial. Maka dari iut, persiapkan semuanya mulai dari sekarang, supaya setelah menikah sudah siap semuanya.

5. Merasa Belum dewasa

Jika Anda masih memiliki sifat kekanak-kanakan seperti mudah marah, mudah tersinggung, atau bahkan memiliki sifat egois, usahakan jangan dulu memkirkan pernikahan, karena jika dipaksakan akan berakibat buruk dalam keluarga Anda.

6. Masih Ingin Menyenangkan Orang Tua

Alasan selanjutnya seseorang tidak ingin menikah mudah yaitu masih ingin membahagiakan atau menyenangkan orang tua, jangan samapai Anda sudah dibiayai sekolah sampai kuliah, tetapi setelah lulus kuliah tidak membahagiakan orang tua. Saran saya bahagiakan orang tua terlebih dahulu, karena jika Anda sudah menikah otomatis perhatian Anda akan beralih ke pasangan.
 
Pernikahan bukan hal yang mudah, tetapi harus butuh yang namanya komitmen agar hubungannya selalu harmonis. Sebisa mungkin Anda menikah menggunakan uang sendiri, dan jangan sampai menyusahkan orang tua. Maka dari itu, hindari menikah saat muda apabila belum memiliki persiapan yang cukup