Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Karakter atau Kebiasaan Orang Jawa Yang Bikin Terpesona

Indonesia merupakan negara dengan suku dan budaya yang sangat beragam dari sabang sampai merauke. Bahkan itu semua yang bisa mempererat tali silaturahmi. Sifat orang dari suku jawa, suku betawi, suku Dayak, suku Madura dan suku-suku lainnya pasti memiliki perbedaan. Nah yang akan saya bahas disini yaitu suku jawa. Masyarakat dari suku jawa memang terkenal memiliki kesopanan, kelembutan dan ketangguhan yang membuat orang lain yang melihat terpesona. Selain itu, jika orang dari suku jawa berkumpul dengan orang dari suku sunda, dayak atau Madura pasti akan dihargai. Nah berikut ini merupakan beberapa kebiasaan orang jawa yang membuat orang lain terpesona.

Kebiasaan Orang Dari Suku Jawa

8 Karakter atau Kebiasaan Orang Jawa Yang Bikin Terpesona

1. Suka Menyapa

Sifat pertama dari orang jawa yang banyak disukai yaitu suka menyapa. Ketika ada orang lain sedang duduk maka hampir semua orang jawa menyapa dengan sopan. Hal ini menunjukkan bahwa orang jawa memiliki tingkat kesopanan yang tinggi. Apabila Anda berasal dari suku dayak atau Madura, maka tidak usah kaget ketika ada orang jawa yang menyapa tetapi dengan rasa malu atau sungkan.

2. Sopan Santun

Orang jawa juga memiliki sikap sopan santun terhadap orang yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal. Mereka akan menghormati orang yang lebih tua walaupun itu beda agama maupun beda suku. Bahasa yang digunakan pun akan berbeda ketika berbicara dengan orang yang lebih tua.

3. Menerima Apa Adanya

Sifat yang selanjutnya yaitu bisa menerima apa adanya, maksudnya orang jawa disini bisa menerima pasangan apa adanya dan tidak pilih-pilih. Maka dari itu banyak orang dari suku lain yang menyukai orang jawa.

4. Suka Mengalah,Kalem

Ketika ada perdebatan, maka yang orang jawa lakukan yaitu mengalah bahkan sering meminta maaf terlebih dahulu karena mereka tidak menyukai yang namanya permusuhan. Maka dari itu dimanapun orang jawa berada, mereka akan merasa aman karena tidak memiliki masalah dengan siapaun.

5. Mempertahankan Tradisi dan Budaya

Sampai sekarang orang jawa masih mempertahankan tradisinya salah satunya yaitu di daerah Solo, Jawa Tengah. Di sana masih banyak tradisi dan budaya yang setiap tahun selalu dilakukan. Tujuan dari melestarikan tradisi ini yaitu untuk mempertahankan nilai budaya dan juga menghormati para leluhur.

6. Suka Menolong

Tidak ada orang jawa yang cuek atau bodoamat. Kebanyakan dari mereka saling membantu ketika yang lain membutuhkan pertolongan. Dan yang paling disukai yaitu “Mangan ora mangan sing penting kumpul” artinya yaitu makan tidak makan yang penting bisa berkumpul dengan keluarga. Mereka lebih mementingkan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri.

7. Muluk/Puluk

Muluk merupakan bahasa jawa yang artinya yaitu makan dengan tangan atau tanpa sendok/garpu. Mereka lebih suka makan menggunakan tangan, karena rasanya lebih nikmat, terlebih jika makannya sambal lesehan dan berkumpul dengan teman atau keluarga.

8. Gaya Bicaranya Yang Sopan

Bahasa jawa memiliki tiga kategori yaitu jawa halus, sedang dan kasar. Jawa halus biasa digunakan di daerah Solo dan Yogyakarta. Disana masyarakatnya sangat ramah dan juga gaya berbicaranya yang menunduk. Bila Anda berasal dari luar daerah, dan mendatangi kita Solo maupun Jogja jangan kaget dengan cara berbicara orang di sana.
 
Dari pengalaman yang saya dapat, itulah beberapa karakter atau kebiasaan orang jawa yang membuat orang lain terpesona. Adanya perbedaan suku dan budaya di Indonesia bertujuan untuk mempersatukan bangsa ini agar lebih maju lagi.