Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Efektif Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19

Di saat situasi pandemi seperti sekarang ini pasti semua siswa maupun mahasiswa belajar secara daring di rumah, karena dengan adanya pembelajaran daring bertujuan agar penyebaran virus covid-19 segera berkurang. Nah untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sistem pembelajaran daring bisa berjalan dengan lancar. Dengan adanya belajar daring seperti sekarang ini semua siswa dan mahasiswa pasti kangan dengan suasana saat belajar tatap muka, seperti kumpul di kantin, belajar kelompok, bolos bareng, atau bahkan kangen dimarahi guru. Nah harapan dari pemerintah yaitu agar sistem belajar daring ini bisa berjalan sesuai dengan kesepakatan dan tidak terjadi masalah. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pembelajaran daring bisa lebih efektif.

Cara Belajar Daring Agar Efektif

8 Cara Efektif Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19

1. Tiap Sekolah/Kampus Berbeda

Setiap institusi pendidikan pasti sudah merencanakan ini dari jauh-jauh hari dan tentunya memiliki fasilitas pendidikan yang berbeda, ada yang menggunakan LMS atau bisa juga yang lainnya. Tetapi ada beberapa sekolah yang belum bisa menggunakan fasilitas yang mumpuni, sehingga memakai yang lain yang lebih simpel.

2. Siapkan Fasilitas Penunjang

Apabila sebuah kampus/sekolah Anda tidak memberikan fasilitas untuk belajar daring, maka persiapkanlah sendiri seperti kuota internet, laptop, Hp, buku, dan aplikasi penunjang pembelajaran online contohnya google meet atau zoom. Jika semua itu sudah Anda miliki, pasti saat pembelajaran daring akan berjalan dengan lancar.

3. Jadwal Harus Disesuaikan

Dalam hal ini peran orang tua menjadi sangat penting, karena setiap harinya mereka mengetahui aktivitas anaknya. Untuk itu perhatikan juga jadwal sekolahnya dari jam berapa sampai jam berapa. Jangan sampai wakttunya anak belajar, malah mereka bermain game atau pergi jalan-jalan. Upaya pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus corona harus selalu dihargai, dengan cara pakai masker dan jangan dulu keluar rumah jika tidak ada kegiatan yang penting.

4. Kendalikan Diri

Saat pembelajaran online otomatis guru/dosen tidak bisa melihat satu persatu dari murudnya di rumah, dan yang ingin mereka mau yaitu ketika ada jadwal, murid mengikuti dengan baik. Nah disini Anda harus bisa membagi waktu antara kuliah/sekolah, nonton tv, bermain game, dan tidur, Jangan sampai waktunya pembelajaran daring Anda malah bermain game atau malah tidur. Jika hal tersebut dilakukan maka yang akan terjadi materi yang disampaikan guru/dosen tidak ada yang masuk ke otak Anda.

5. Perhatikan Dedline

Bagi yang sudah kuliah pasti akan menghadapi yang namanya praktikum, dan praktikum tersebut menggunakan berbagai macam aplikasi tambahan sesuai dengan jurusan yang diambil. Nah di aklhir praktikum biasanya akan disuruh untuk membuat laporan, dan harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Agar nilai Anda tetap baik maka kumpulkan laporan secepatnya dan jangan sampai melewati dedline.

6. Tetap Mandi dan Rapi

Jadwal belajar online sama dengan ketika tatap muka, hanya saja dilakukan di rumah. Sebaiknya jika ada jadwal pagi, mandilah terlebih dahulu agar saat mengikuti pembelajaran, otak bisa menerima materi dengan baik. Jika Anda belum mandi, otomatis badan akan terasa lemas dan lesu, dan tidak akan bersemangat melakukan kegiatan.

7. Cari Tempat Yang Nyaman

Tempat yang nyaman menjadi salah satu penentu apakah Anda bisa mengikuti pembelajaran dengan baik atau tidak. Maka dari itu carilah tempat yang nyaman seperti di taman, di halaman rumah atau di ruang tamu. Dan jangan sampai Anda belajar di Kasur, apalagi jika sambil tiduran karena itu akan membuat Anda malas dan ujung-ujungnya tidur.

8. Update Pengumuman

Jangan lupa untuk memperhatikan semua grup kelas, karena pasti akan ada berbagai macam informasi penting yang disampaikan guru/dosen, terlebih jika ada informasi pergantian jadwal atau jadwal tambahan.
 
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sistem pembelajaran daring di rumah menjadi lebih lancar. Belajar daring dengan tatap muka sebenarnya sama saja, tergantung niat dari masing-masing siswa/mahasiswa tersebut. Jika mereka mengikutinya dengan serius maka hasilnya pun tidak akan mengecewakan.