Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Pengaruh Negatif Televisi Bagi Generasi Penerus Bangsa

Televisi merupakan sebuah media hiburan yang banyak disukai oleh semua kalangan, karena terdapat acara tertentu yang membuat mereka betah berlama-lama di depan tv, bahkan seharian pun akan sangat betah jika acaranya menyenangkan. Menonton televisi memang membuat orang menjadi lebih mengetahui informasi yang ada di luar sana, contohnya melihat tayangan berita yang setiap hari ditayangkan. Tetapi apa yang terjadi jika anak-anak menonton tayangan televisi yang tidak sepantasnya ditonton salah satunya yaitu sinetron.
 
Sinetron yaitu sebuah acara televisi yang banyak disukai terutama oleh kaum perempuan karena acaranya yang sangat menghibur, tetapi jika terlalu banyak nonton sinetron maka hidupnya akan meniru apa yang dilakukan oleh pemain sinetron tersebut. Jadi tidak selamanya menonton televisi itu hal baik. Berikut beberapa pengaruh menonton televisi terhadap generasi penerus bangsa.

Pengaruh Menonton Televisi

7 Pengaruh Negatif Televisi Bagi Generasi Penerus Bangsa

1. Bersikap Pasif

Terlalu banyak menonton acara televisi akan membuat anak menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar, karena terlalu asik dengan acara yang sedang ditonton. Maka dari itu anak akan cenderung lebih sedikit dalam berbicara dan kurang memperhatikan lingkungan sekitar. Mereka akan lebih mementingkan acara televisinya daripada kegiatan di masyarakat.

2. Menjadi Orang Malas

Nonton acara televisi terlalu sering juga bisa membuat seseorang menjadi malas melakukan suatu kegiatan. Terlebih jika nonton televisi sambil tiduran dan itu akan sangat berbahaya bagi sikap orang tersebut terutama mental. Ketika acara favoritnya sedang tayang, pasti mereka akan malas jika disuruh orang tuanya untuk melakukan hal lain. Dengan begitu secara tidak langsung, menonton televisi akan membuat orang menjadi malas.

3. Sulit Tidur

Terlalu sering nonton televisi, akan membuat anak menjadi lebih mengingat tayangan yang sudah ditonton, terlebih jika tayangan tersebut ditonton di malam hari. Semua adegan yang dilakukan di acara televisi akan selalui diingat bahkan dampaknya bisa sampai esok hari, seperti bangun kesiangan, mengantuk di kelas dan sebagainya.

4. Sulit Membagi Waktu

Nah disini peran orang tua menjadi sangat penting dalam mengajari anaknya untuk selalu teratur dalam membagi waktu, jangan sampai hanya karena nonton acara televisi, sang anak menjadi lupa segalnya. Namun masih banyak orang tua yang membiarkan anaknya menonton televisi sampai larut malam, dan mereka pun menjadi lupa dengan tanggungjawabnya yaitu belajar, sholat, mengaji dan masih banyak lagi.

5. Kurang Aktivitas

Ketika menonton televisi terlalu lama, maka tubuh akan terasa kaku karena jarang bergerak. Akibatnya yaitu terdapat sendi yang kerap pegal, bahkan bisa menjadi obesitas karena kalori yang terbuang sangat sedikit. Hal tersebut bisa membuat anak menjadi kurang sehat dan mudah terserang penyakit.

6. Perubahan Gaya Hidup

Tidak semua acara televisi positif, ada juga yang negatif dan bisa membuat gaya hidup seseorang  menjadi berubah drastis,  dari yang tadinya sederhana setelah menonton acara sinetron maka gaya hidupnya menjadi lebih alay. Hal ini harus selalu diperhatikan dari sekarang, karena acara televisi sekarang ini tidak ada yang bermutu terutama sinetron, bahkan acara tersebut bisa merusak moral generasi penerus bangsa.

7. Menurunnya Prestasi di Sekolah

Anak yang sering nonton acara televisi, pasti waktu belajarnya akan semakin berkurang karena mereka lebih memilih condong ke acara televisi daripada mempelajari materi sekolah. Alhasil prestasi mereka di sekolah akan semakin menurun.
 
Semua orang memang harus menonton televisi untuk mendapatkan berita update setiap harinya, karena jika tidak menonton televisi mereka tidak bisa memantau berita yang sedang terjadi. Tetapi jika acara televisi yang ditonton tidak bermutu, hal ini bisa membuat pola hidup mereka menjadi tidak jelas atau kurang terarah.