Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Hal Yang Harus Dilakukan Remaja Agar Terhindar Dari Narkoba

Narkoba merupakan sebuah narkotika dan obat-obatan berbahaya yang sudah lama merajalela terutama di negara Indonesia. Sekarang ini banyak orang yang menggunakan narkoba hanya untuk terlihat keren, tetapi hal itu justru akan menurunkan harga diri seseorang jika memakainya. Tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan narkoba, tetapi sekarang remaja pun sudah mulai ikut-ikutan mencoba narkoba. Jika hal ini dibiarkan, maka generasi penerus bangsa Indonesia akan rusak.
 
Penyebab utama remaja menggunakan narkoba yaitu kurangnya perhatian orang tua atau salah dalam mendidik anaknya sejak kecil, sehingga mudah sekali terjerumus ke hal negatif. Untuk itu, khusus para remaja harus selalu berhati-hati dalam menjalani hidup di dunia ini terutama dalam bergaul, karena pergaulan akan menentukan bagaimana nasib kehidupan yang akan datang. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan oleh para remaja agar terhindar dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba.

Cara Terhindar Dari Narkoba

6 Hal Yang Harus Dilakukan Remaja Agar Terhindar Dari Narkoba

1. Selektif Dalam Memilih Teman

Masa remaja memang masih senang-senangnya berteman dengan siapa saja, terlebih jika anak kuliahan yang datang dari berbagai macam daerah. Jika Anda masih dalam tahap kuliah, maka pilihlah teman yang baik karena masa depan Anda akan ditentukan oleh 5 teman terdekat. Jika Anda bergaul dengan teman yang baik maka kedepannya pasti akan ikut baik, tetapi jika Anda berteman dengan orang yang suka memakai narkoba, maka kelakuan Anda tidak akan jauh berbeda dengan mereka.

2. Miliki Kegiatan Positif

Setiap orang pasti memiliki  kegiatan yang berbeda-beda, dan itu harus diperhatikan dari sekarang. Ketika Anda memiliki kegiatan yang positif, maka pikiran Anda tidak akan tertuju ke hal negatif terutama narkoba. Apabila kegiatan Anda setiap harinya kurang baik atau bahkan cenderung buruk, maka otomatis pikiran Anda akan mengikuti.

3. Ingat Masa Depan

Jika Anda ingin mencoba menggunakan narkoba, maka ingatlah semua impian yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Masa depan Anda jauh lebih penting, karena orang tua sudah menunggu kesuksesan anaknya. Bagaimana respon orang tua jika anak yang dibanggakan sejak kecil, tetapi malah mengecewakan karena menggunakan narkoba, pasti mereka akan kecewa sekali. Dan sebisa mungkin Anda harus menghindari narkoba demi orang tua dan masa depan Anda, karena jika sekali Anda mencoba narkoba maka otomatis masa depan Anda akan hancur.

4. Jangan Takut Kehilangan Teman

Remaja jaman sekarang ketika ada teman yang mengajaknya ke hal negatif, mereka langsung mau karena jika tidak mau pasti akan dijauhi semua temannya. Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan baik bila Anda siap untuk kehilangan teman. Tidak masalah kehilangan teman yang mengajak ke hal buruk, masih ada teman lain yang bisa mengajak Anda ke hal yang lebih baik lagi. Jadi jika Ada teman Anda yang mengajak berbuat buruk terutama dalam narkoba, maka jauhilah teman yang seperti itu.

5. Hindari Keluar Malam

Bagi remaja keluar malam merupakan hal yang biasa dilakukan, apalagi anak rantau yang jauh dari orang tua pasti dia akan keluar malam tanpa ada orang yang memarahinya lagi. Tetapi perlu diketahui, jika Anda  terlalu sering keluar malam itu akan berdampak buruk bagi diri Anda, terlebih bila Anda mendatangi sebuah cafe dan minum minuman beralkohol. Awalnya memang tidak merasakan efeknya, namun efek tersebut akan dirasakan jika sudah berjalan sekitar 5 tahun.

6. Perkuat Iman

Perilaku seorang remaja bisa diukur dari seberapa kuat iman mereka, karena jika iman mereka lemah maka berbagai macam godaan pasti akan masuk. Nah sebaiknya sebelum terlambat bekalilah diri Anda dengan iman dan agama, karena walaupun sedikit jika diri Anda sudah mengenal agama maka kedepannya pasti akan jauh lebih baik.
 
Remaja merupakan waktu yang tepat untuk berkreasi dan melakukan berbagai macam hal positif. Manfaatkan masa muda sebaik mungkin, karena jika masa muda Anda disia-siakan, pasti saat tua nanti akan merasakan akibatnya dan akan merasa menyesal. Jangan sampai orang tua Anda kecewa dengan apa yang Anda lakukan sekarang ini. Buatlah mereka bangga atas prestasi dan kreativitas Anda.