Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Dampak Buruk Bermain Game Online Terlalu Sering

Bermian game memang merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan, karena bisa menghilangkan stress setelah melakukan berbagai macam akltivitas seharisn. Selain itu dengan bermain game bisa mengasah otak, karena game online selalu identik dengan taktik permainan. Namun ketika bermain game online secara berlebihan juga akan berdampak buruk bagi orang tersebut. Berikut beberapa dampak buruk ketika seseorang terlalu sering bermain game online.

Dampak Buruk Game Online

6 Dampak Buruk Bermain Game Online Terlalu Sering

1. Kecanduan

Masalah yang sering dialami oleh semua orang ketika bermain game online yaitu kecanduan. Apabila orang tersebut sudah kecanduan maka sangat sulit untuk berhenti, bahkan sampai dewasa pun akan terus bermain game online. Kebanyakan orang ketika sudah bermain game online lupa segalanya terutama pelajar yang sering melupakan kewajibannya yaitu belajar. Orang yang sudah kecanduan game, ketika sehari saja tidak megang Hp maka terlihat gelisah dan susah untuk melalukan hal lain.

2. Gangguan Penglihatan

Jika orang terlalu sering bermian game maka kesehatan matanya akan terganggu, dan ini akan sangat berbahaya jika terjadi pada anak kecil. Sekarang ini banyak sekali anak kecil yang sudah memakai kacamata karena terlalu banyak bermain game. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka bisa terjadi kebutaan pada anak tersebut. Untuk itu pesan orang tua khususnya pada anak yang masih bersekolah, sebaiknya jangan diperbolehkan bermain game terus-menerus, karena bisa mengganggu kesehatan terutama kesehatan mata. Jika masih sekolah sudah mengalami gangguan penglihatan, bagaimana jadinya jika sudah tua nanti.

3. Membuang Waktu

Ketika seseorang bermain game maka dia akan lupa dengan kegiatan lainnya. Bahkan dia rela begadang demi bermain game online. Apabila hal tersebut dilakukan oleh remaja usia 20 tahun, maka akan berpengaruh terhadap masa depannya. Karena waktu usia 20 tahun bukan lagi waktu untuk bermain game, tetapi saatnya digunakan untuk membangun masa depan.

4. Prestasi Belajar Menurun

Saat ini sudah banyak anak sekolah yang nilainya turun akibat terlalu sering bermain game online. Itu semua merupakan sebuah kesalahan yang harus segera diatasi dengan baik. Bermain game online bukan berarti tidak boleh, tetapi harus mempunyai batasan tertentu agar semuanya bisa seimbang.

5. Jarang Bersosialisasi

Kebanyakan anak ketika sudah di depan Hp dan bermain game pasti jarang keluar dirumah, karena sudah asik dengan permainannya sendiri. Sosialisasi sangatlah penting diajarkan pada anak usia dini, tujuannya untuk melatih mereka agar lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Jika anak kurang bersosialisasi, maka kehidupannya tidak akan berkembang.

6. Berperilaku Agresif

Sekarang ini banyak sekali game yang menyediakan permainan dengan tema kekerasan, yang dapat menyebabkan anak-anak tidak bisa mengontrol dirinya. Akibatnya mereka sering marah-marah dan mudah tersinggung ketika disuruh orang tuanya untuk berhenti bermain game online. Hal tersebut membuat anak menjadikan game sebagai bagian dari hidupnya, dan dia menjadi agresif terhadap orang lain serta tidak akan mendengarkan apa kata orang ketika melarang dirinya untuk tidak bermian game.
 
Sebagai orang tua harus selalu mengawasi anaknya dalam bermain game online, jangan sampai masa depan anak Anda terhambat hanya karena masalah game. Bermaian game memang diperbolehkan asal tahu batasan, tetapi jika terlalu sering maka akan berakibat buruk pada diri sendiri dan akan merasakan akibatnya ketika sudah berjalan beberapa tahun kemudian.