Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Mengapa Membutuhkan Media Sosial Untuk Berbisnis

Seiring dengan perkembangan zaman, kini teknologi semakin canggih dan juga intenet semakin meluas tak terkecuali media sosial. Media sosial merupakan sebuah platfom yang digunakan untuk menjalin hubungan dengan orang lain ataupun digunakan untuk berbisnis. Potensi berkembangnya bisnis melalui media sosial akan semakin mudah karena jangkauannya yang lebih luas. Nah bagi Anda yang sekarang sedang membangun sebuah bisnis, alangkah baiknya dikaitkan dengan media sosial agar kedepannya bisa lebih baik. Mengapa harus media sosial? Karena dengan media sosial, semua orang akan mengetahui berbagai macam informasi yang ada dan bisa mendapatkan apa yang mereka inginnkan dari bisnisnya. Berikut ini ada beberapa alasan yang menyebabkan suatu bisnis sangat membutuhkan yang namanya media sosial.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Media Sosial?

6 Alasan Mengapa Membutuhkan Media Sosial Untuk Berbisnis

1. Memperkenalkan Produk Lebih Luas

Ketika Anda mempunyai usaha, maka promosikan melalui media sosial yang bertujuan agar semua orang bisa mengetahui apa yang sedang Anda jalani. Jika orang lain sudah tahu, maka suatu saat mereka membutuhkan barang yang ada kaitannya dengan bisnis Anda tersebut, pasti mereka secara tidak langsung akan menghubungi Anda. Berbeda saat membangun bisnis offline, pasti jangkauannya cukup sempit dan hanya orang di sekitar Anda saja yang bisa melihat.

2. Melihat Persaingan Pasar

Melalui media sosial Anda bisa mengetahui seberapa besar kemampuan kompetitor dalam menjalankan sebuah bisnis. Anda bisa melihat cara mereka mempromosikan produk, atau bahkan bisa melihat berapa  followernya. Dengan begitu Anda bisa menyusun rencana dengan baik agar bisa bersaing dengan kompetior yang lain. Anda juga bisa membuat sebuah promo digital dengan menggunakan kontes foto atau kuiz yang bertujuan untuk meningkat daya saing pasar.

3. Meningkatkan Pengunjung Website

Jika Anda ingin meningkatkan trafik pada website, maka jangan lupa mempromosikannya ke media sosial, karena pengguna media sosial sekarang sudah sangat banyak. Selain itu jika trafik website Anda naik, maka potensi produk Anda dikenal orang dan dibeli akan sangat besar. Tetapi jangan terlalu sering mempromosikan produk lewat media sosial, maksimal sehari 5 kali di akun medsos yang berbeda, contohnya 5 postingan di whatsapp, 5 postingan di facebook, dan 5 postingan di Instagram.

4. Menghemat Waktu

Sebuah bisnis akan berjalan dengan lancar jika dikaitkan dengan media sosial, karena jika sudah berjalan otomatis walaupun Anda tidur maka orang tetap akan membeli produk Anda jika mereka menyukainya. Anda tidak perlu mempromosikan keliling sana sini, karena itu akan sangat menguras waktu dan tenaga. Dengan adanya media sosial, maka semuanya bisa berjalan dengan baik sesuai jadwal yang Anda buat.

5. Membantu Mendapatkan Pelanggan Baru

Dengan menggunakan media sosial otomatis produk yang Anda pasarkan akan dikenal banyak orang, dan Anda akan mempunyai banyak konsumen dari wilayah lain. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi yang lokasinya sangat dengat dengan Anda.

6. Kemudahan Mencari Tahu Yang Dibutuhkan Pelanggan

Tidak ada salahnya Anda menggunakan media sosial untuk mencari informasi tentang apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Beda usia beda juga kebutuhan yang mereka inginkan, untuk itu tentukan apakah produk Anda sesuai dengan target atau tidak. Selain itu ada informasi lain yang bisa Anda dapatkan yaitu dari tempat tinggalnya, usia, jenis kelamin dan sebagainya.
 
Pengusaha yang besar pasti tidak lepas dari yang namanya media sosial, dan mereka setiap hari selalu update informasi untuk menunjang bisnisnya. Untuk itu bagi Anda yang masih pemula, cobalah untuk menggunakan media sosial sebagai lahan untuk berbisnis. Jangan sampai media sosial hanya digunakan sebagai tempat untuk bersenang-senang saja, tetapi gunakanlah untuk hal yang lebih bermanfaat.