Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Mendapatkan ide Menulis Artikel Dengan Mudah

Menulis merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, dan bisa dijadikan sebagai hobi. Karya tulisan seseorang akan dinilai dari kualitas artikel yang dibuat. Semakin bagus artikel yang dibuat, pasti semakin banyak orang yang mengikuti website orang tersebut untuk mendapatkan postingan terbaru. Nah sering kali bagi pemula menanyakan bagaimana caranya mendapatkan ide dalam menulis, dan dari mana memulainya. Pertanyaan tersebut biasa ditanyakan oleh blogger atau penulis pemula. Nah ide menulis bisa Anda dapatkan darimana saja dan kapan saja. Untuk itu perhatikan trik berikut ini untuk mendapatkan ide kreatif dalam menulis.

Darimana Ide Menulis Muncul?

5 Cara Mendapatkan ide Menulis Artikel Dengan Mudah

1. Pengalaman Hidup

Sebagian besar penulis mereka menulis artikel tentang pengalaman hidupnya dari 0 sampai dia sukses. Hal tersebut bisa dilakukan karena sudah pasti berdasarkan fakta. Untuk itu jika Anda ingin menjadi penulis, maka mulailah dari hal kecil terlebih dahulu seperti menceritakan semua pengalaman hidup Anda, siapa tahu orang yang membaca tertarik dan bisa mengikuti website yang Anda buat. Semua keluh kesah yang Anda alami selama ini, bisa dituangkan di dalam artikel.

2. Sesuatu Yang Dikuasai atau Dipahami

Ini hampir mirip dengan hobi, namun lebih kepada barang atau benda. Jika Anda menyukai tentang elektronik maka bisa membuat artikel mengenai gadget, laptop, komputer dan sebagainya. Karena apabila tema tersebut sudah Anda pahami, maka ketika menulis artikel tentang tema tersebut pasti akan sangat mudah. Seorang penulis pasti tidak akan lelah untuk menggali potensinya, karena setiap hari mereka harus membuat artikel dengan judul yang berbeda, jika tidak memiliki potensi yang berbeda dengan orang lain, maka ketika menulis artikel akan merasa kesulitan.

3. Berdasarkan Hobi

Hobi merupakan kegiatan yang sangat disukai oleh seseorang dan orang tersebut tidak akan bosan jika melakukannya. Misalnya hobi Anda memasak, maka buatlah artikel tentang tips dan trik memasak kangkung, masak sayur sop dan sebagainya. Selain itu Anda juga bisa menjelaskan tentang cara membuat makanan ringan seperti donat, bolu, kue kacang dan masih banyak lagi. Semua yang Anda kuasai tentang memasak, langsung saja tuangkan di dalam artikel, siapa tahu ada orang yang ingin membuat suatu masakan dan mereka membuka website Anda.

4. Tontonan dan Bacaan Buku

Seorang penulis professional pasti setiap harinya mereka selalu menonton sebuah film yang mana film tersebut bisa mendatangkan inspirasi dalam menulis sebuah artikel. Jadi tidak sembarangan dalam menonton film, jika Anda nonon film sembarangan bukannya mendapat ide menulis, malah jadi ikut terjerumus ke dalam film tersebut. Selain itu juga seberapa banyak buku yang Anda baca setiap bulannya. Semakin banyak buku yang Anda baca, maka semakin banyak pula ide kreatif yang muncul dan juga bisa untuk meningkatkan keterampilan menulis. Dengan membaca buku, maka Anda bisa mengetahui berbagai macam kosa kata atau bahasa yang sering digunakan penulis professional dan Anda bisa menirunya.

5. Pergaulan Yang Luas

Tidak selamanya pergaulan luas itu buruk, justru dengan bergaul dengan banyak orang Anda semakin banyak pengalaman dan juga bisa mencari inspirasi. Apabila Anda bergaul dengan 100 teman, maka sudah pasti semua teman Anda tersebut memiliki cara berfikir yang berbeda dan dari cara berfikirnya tersebut bisa Anda tuangkan dalam tulisan. Tetapi ingat, jangan pernah menulis artikel yang berhubungan dengan aib teman Anda.
 
Untuk bisa menulis maka Anda harus selalu meletakkan jari Anda diatas keyboard, dan biarkan jari tersebut menulis sebuah artikel apapun itu, karena jika ide hanya ada dalam pikiran saja semuanya tidak akan berjalan dengan baik. Mau ide tersebut bagus atau tidak, intinya mulai saja menulis, pasti lama kelamaan akan terbiasa dan ide akan datang begitu saja ketika menulis.