Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Anda Harus Rutin Membaca Buku

Buku merupakan sumber dari segala informasi, sehingga semua orang bisa mempelajari suatu hal melalui buku yang dia baca. Membaca buku tentu memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan otak dan mental, masalahnya orang yang sering membaca buku dan yang tidak pernah membaca buku akan terlihat jelas perbedaannya. Orang yang rutin membaca buku pasti wawasannya akan lebih luas daripada yang tidak pernah sama sekali membaca buku. Dari TK kita sudah diajarkan untuk membaca buku, karena buku merupakan jendela ilmu. Nah semua orang harus membaca buku, dan mengapa harus membaca buku? Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus memperbanyak membaca buku.

Mengapa Harus Membaca Buku?

5 Alasan Anda Harus Rutin Membaca Buku

1. Menambah Wawasan

Jika Anda sering membaca buku maka wawasan Anda akan bertambah dan selalu bisa menganalisis sebuah permasalahan. Untuk anak muda, sebaiknya membaca buku tentang kisah perjuangan pengusaha sukses atau membaca novel  tentang kehidupan. Dengan membaca buku tersebut maka Anda akan termotivasi dengan kesuksesan orang lain dan akan membakar semangat Anda untuk terus berjuang. Jangan sampai Anda membaca buku percintaan karena itu bisa merusak moral.

2. Menghilangkan Stress

Ketika Anda capek mengerjakan pekerjaan kantor, maka bisa memilih untuk membaca buku yang Anda sukai. Selain itu Anda juga bisa membaca buku cerita lucu, yang bisa mengembalikan mood Anda. Membaca buku tidak harus banyak, Anda membaca hanya 3 lembar saja itu sudah baik.

3. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Untuk para blogger usahakan setiap harinya membaca buku, karena dengan Anda membaca buku maka pengetahuan dan inspirasi Anda akan berkembang. Jadi ketika menulis di sebuah website tidak akan kesulitan karena sudah terbiasa membaca buku dan tahu kosa kata yang harus dipakai serta bahasa yang digunakan.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Orang yang sedang membaca buku pastinya tidak mau diganggu, karena sedang berusaha memahami apa isi dari buku yang dia baca. Coba bayangkan ketika Anda membaca buku tetapi tidak fokus, maka semuanya akan menjadi sia-sia, bahkan Anda tidak mendapat ilmu dari buku tersebut. Jadi orang yang membaca buku dengan serius akan meningkatkan kefokusan dan konsentrasi.

5. Bisa Lebih Hemat

Anak muda setelah pulang sekolah atau kuliah biasanya langsung nongkrong di salah satu tempat seperti cafe. Hal tersebut tidak salah, tetapi sebaiknya manfaatkan waktu Anda untuk membaca buku, karena selain menambah wawasan, membaca buku juga bisa menghemat uang. Jika Anda pergi ke cafe pasi mengeluarkan uang minimal 50 ribu, nah lebih baik uang  50 ribu tersebut ditabung agar lebih bermanfaat.
 
Nah itulah beberapa alasan mengapa Anda harus membaca buku, usahakan minimal dalam sebulan Anda membaca 1 buku, lebih banyak akan lebih baik. Karena jika Anda tidak pernah membaca buku maka kualitas diri Anda akan berkurang dan tidak bisa memahami dunia luar. Jadilah orang yang bisa berpikir kritis dengan cara membaca sebuah buku.