Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Resiko Yang Akan Dialami Jika Nikah di Usia Muda

Berbicara tentang nikah muda, maka yang ada di pikiran orang yaitu rentan terhadap perceraian, karena usia mudah belum waktunya untuk membangun rumah tangga, dan pikirannya pun masih belum dewasa. Kebanyakan anak jaman sekarang ingin sekali menikah di usia 19 sampai 21 tahun, dikarenakan pengen cepat mempunyai anak, dan ada juga yang menyebut bahwa menikah muda itu menyenangkan. Memang nikah muda menyenangkan tetapi bagi mereka yang sudah berkecukupan dalam hal finansial, namun bagi mereka yang masihi kekurangan bahkan tempat tinggal saja masih satu rumah bersama orang tua, hal tersebut malah membuat kedepannya menjadi kesulitan. Masa muda merupakan masa yang berapi-api dan seharusnya dilakukan untuk berkreasi sebanyak mungkin. Namun jika Anda memutuskan untuk menikah di usia muda, berikut beberapa resiko yang akan Anda alami.

Resiko Nikah Muda

4 Resiko Yang Akan Dialami Jika Nikah di Usia Muda

1. Rentan Terhadap Perceraian

Di usia 21 tahun kebawah, pemikiran seseorang masih belum matang dan di usia tersebut merupakan sebuah awal dari proses pendewasaan diri. Dari berbagai kasus yang sudah dialami, mereka yang menikah di bawah 21 tahun masih mengandalkan nafsu yang membuat mereka ingin cepat-cepat menikah. Maka dari itu jika terdapat masalah sepele dalam rumah tangga, mereka belum siap untuk menghadapinya dan akhirnya memutuskan untuk cerai. Perceraian dalam rumah tangga memang sudah dilarang oleh agama dan sebisa mungkin menikah di usia yang tepat agar perceraian minim terjadi.

2. Kehilangan Masa Muda

Ketika memutuskan untuk menikah muda, maka Anda harus rela mengorbankan masa mudanya seperti bermain bersama teman, kumpul bareng atau bahkan bermalas-malasan di akhir pekan. Anda sudah memiliki tanggungjawab yaitu mencari nafkah dan membiayai kebutuhan anak. Apakah Anda sudah siap menikah di usia muda?

3. Merepotkan Orang Tua atau Orang Sekitar

Terbiasa tinggal bersama orang tua merupakan hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika semuanya sudah disediakan mulai dari makan hingga pakaian. Namun apa yang terjadi jika Anda menikah mudah dan belum memiliki tempat tinggal sendiri? Mau sampai kapan tinggal bersama orang tua terus, dan mau sampai kapan menggantungkan diri kepada orang tua? Jadi jika Anda belum siap segalanya, lebih baik tunda dulu keinginan untuk menikah dan bahagiakan orang tua terlebih dahulu.

4. Mengorbankan Pendidikan dan Karir

Bagi mereka yang menikah di usia muda, pastinya akan mengorbankan pendidikannya dari yang seharusnya melanjutkan ke perguruan tinggi, mereka malah memutuskan untuk menikah. Maka dari itu sekarang banyak sekali pengangguran dan menurunnya kualitas diri seseorang. Usia muda masih sangat produktif untuk Mengembangkan sebuah karir dan potensi berhasilnya akan cukup besar. Tetapi jika Anda menikah muda, semuanya akan hilang begitu saja.
 
Itulah beberapa resiko yang akan Anda alami ketika memutuskan untuk menikah di usia muda. Jangan sampai ketika sudah menikah, Anda menjadi menyesal karena belum mempersiapkan semuanya dengan baik. Fokuslah pada pendidikan dan karir terlebih dahulu, urusan jodoh, rezeki dan kematian sudah ada yang ngatur. Tetaplah jadi pemuda yang berkualitas dan bisa membanggakan bangsa dan negara.