Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Penyebab Tidak Lolos Pada Tes SBMPTN

Bagi siswa yang sekarang masih duduk di bangku SMA khususnya kelas 12, pasti akan bimbang dengan 2 pilihan yaitu melanjutkan ke perguruan tinggi atau memilih untuk langsung bekerja. Keduanya memang tidak ada yang salah, tetapi jika orang tua Anda masih mampu membiayai maka lebih baik melanjutkan kuliah agar karir kedepannya bisa lebih baik, karena sekarang ini banyak sekali perusahaan yang mensyaratkan pelamarnya minimal lulusan S1. Nah maka dari itu banyak yang memutuskan untuk lanjut kuliah. Sebelum memasuki dunia perkuliahan pasti akan ada tes masuk perguruan tinggi yaitu ada SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.
 
Apabila Anda sudah mengikuti tes SNMPTN di sekolah, dan hasilnya gagal maka tidak usah khawatir karena masih ada tes lainnya yaitu SBMPTN yang banyak sekali diikuti hampir semua siswa. Banyak siswa yang tidak mengetahui strategi mengikuti tes SBMPTN ini, dan akhirnya mereka gagal dan memutuskan untuk lanjut ke tes berikutnya atau bisa juga masuk universitas swasta. Berikut beberapa hal yang harus diketahui apa sih penyebab Anda tidak lolos SMBPTN.

Apa Penyebab Tidak Lolos SBMPTN?

4 Penyebab Tidak Lolos Pada Tes SBMPTN

1. Tidak Tahu Tingkat Kesulitan Soal-Soal SBMPTN

Saat mengikuti tes UTBK maka soal yang diberikan pemerintah pasti akan lebih sulit dibandingkan dengan soal ujian sekolah atau ujian nasional. Karena tujuan dari UTBK ini yaitu menyeleksi siswa yang ingin masuk ke universitas tersebut dan dari banyaknya pendaftar hanya beberapa saja yang bisa lolos. Untuk itu bagi Anda yang ingin masuk universitas negeri, maka belilah soal SBMPTN dari sekarang agar bisa mengetahui tipe soal yang akan keluar, jadi ketika menghadapi soal-soal sulit tidak akan kaget.

2. Tidak Tahu Kondisi Persaingan Jurusan Yang Dituju

Ketika ingin melanjutkan kuliah, maka pilihlah jurusan sesuai dengan bakatmu dan jangan sampai salah pilih karena itu akan berpengaruh pada saat mengikuti tes SBMPTN. Anda harus mencari tahu seberapa banyak pesaing yang memperjuangkan jurusan yang sama dengan Anda, dan bisa mencarinya di website resmi LTMPT. Di sana Anda dapat mengetahui kapasitas dari berbagai universitas negeri di Indonesia. Ketika sudah mengetahui tingkat persaingan yang sebenarnya, maka Anda akan lebih bijak lagi dalam memilih jurusan dan akan lebih teliti lagi ketika mengerjakan soal UTBK.

3. Tidak Merencanakan Persiapan Belajar Dari Jauh-Jauh Hari

Persaingan masuk perguruan tinggi negeri pasti sangat banyak, bahkan bisa se-Indonesia memerjuangkan hal yang sama seperti Anda, maka dari itu persiapkanlah semuanya dari awal masuk SMA agar ketika hari H tes UTBK bisa berjalan dengan baik. Biasanya setiap tahun, website LTMPT akan selalu update tentang timeline mengenai tes SBMPTN dan Anda harus memanfaatkan waktu tersebut semaksimal mungkin.

4. Terlalu Berharap Dengan Jalur SNMPTN

Setiap tahun pasti semua sekolah mengadakan tes SNMPTN bagi mereka yang berprestasi, tetapi yang sangat disayangkan masih banyak dari mereka yang terlalu berharap dengan tes tersebut, dan akhirnya ketika gagal tes SNMPTN mereka menjadi tidak fokus mengikuti SBMPTN. Anggaplah itu semua bonus, karena jika terlalu berharap maka ketika gagal pasti Anda akan merasa kecewa banget. Jangan sampai hanya karena gagal di SNMPTN, niat Anda masuk ke perguruan tinggi negeri jadi kacau.
 
Persiangan di dunia pendidikan memang sangat ketat apalagi yang diincar universitas negeri, tetapi bukan berarti universitas swasta kualitasnya di bawah universitas negeri lhoo ya. Sekarang banyak kok universitas swasta yang memiliki kualitas yang sangat baik bahkan bisa internasional. Jadi jika Anda gagal di tes SBMPTN, maka jangan berkecil hati, masih banyak kok universitas swasta yang bisa Anda pilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.