Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Trik Jualan di Instagram Agar Cepat Berkembang

Dunia internet sekarang ini sudah semakin canggih karena disana banyak informasi yang sudah disediakan dan orang lain tinggal memanfaatkanya. Biasanya orang menggunakan internet untuk berbagai keperluan seperti mencari informasi di sebuah website, nonton video di youtube, bahkan ada juga yang memanfaatkan internet sebagai tempat untuk mengahsilkan uang. Saat ini Anda sudah tidak perlu capek-capek bekerja dari pagi hingga sore, karena sebenarnya pekerjaan bisa Anda lakukan di rumah dan hanya bermodalkan hp/laptop dan jaringan internet saja. Pekerjaan di dunia online cukup banyak seperti menjadi seorang blogger, youtuber, reseller dan masih banyak lagi.
 
Selain itu ada juga yang membuka toko online shop melalui berbagai media sosial maupun marketplace. Salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya selain facebook yaitu Instagram. Apabila Anda membuka toko di Instagram pasti peluang untuk dicari orang sangat besar karena hampir semua kalangan saat ini menggunakan Instagram. Dalam melakukan jualan online, Anda harus cermat dalam memilih target pasar yang dituju. Nah jika Anda ingin membuka usaha melalui instargam namun tidak tahu bagaimana caranya, Anda bisa mengikuti langkah yang saya bagikan berikut ini.

Cara Jualan di Instagram

8 Trik Jualan di Instagram Agar Cepat Berkembang

1. Buat Akun Khusus Jualan

Ketika Anda jualan online di Instagram sebaiknya tidak menggunakan akun Instagram pribadi, karena jika Anda melakukan itu pasti banyak orang yang mengira bahwa Anda tidak serius dalam membangun usaha. Buatlah satu akun dan di akun tersebut khusus untuk jualan produk Anda. Kemudian isi bio Anda sesuai dengan jenis usaha yang sedang Anda jalankan dan sertakan juga alamat, link untuk pemesanan dan juga rekening Anda. Tujuannya yaitu agar seseorang yang mengunjungi akun Anda bisa lebih yaiin dan jika ingin memesan barang tidak bingung karena semua informasi sudah disediakan di bio.

2. Gunakan Akun Bisnis

Dengan menggunakan akun bisnis, maka semua orang yang mengunjungi toko Anda akan semakin yakin bahwa Anda menjalaninya dengan serius dan professional. Keunggulan dari akun tersebut yaitu Anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengunjungi akun Anda, dan bisa dikira-kira seberapa besar orang yang minat dengan produk yang Anda jual.

3. Perbanyak Followers Sesuai Target

Langkah selanjutnya yaitu mencari followers sebanyak mungkin dan harus sesuai target, misalnya Anda jualan produk kesehatan maka orang yang harus Anda follow yaitu orang yang senang berolahraga. Karena orang yang senang olahraga biasanya sangat membutuhkan produk kesehatan seperti suplemen peninggi badan, pengemuk badan, dan lainnya. Dalam memfollow pun Anda harus mempunyai strategi yang baik agar akun Anda tidak diblokir oleh pihak Instagram. Anda harus memfollow orang sehari minimal 100 orang, lebih dari itu lebih baik dan harus dilakukan secara konsisten.

4. Upload Produk Semenarik Mungkin

Apabila produk Anda tentang kesehatan, maka buatlah deskripsi produk dengan baik dan posting foto yang menarik. Dalam mengupload foto produk harus selalu diperhatikan dari segi pencahayaan, tujuanya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Intinya dalam jualan di Instagram Anda harus selalu jujur dalam segala hal.

5. Gunakan Hastag Yang Sesuai

Hastag merupakan sebuah kata kunci yang berguna untuk memudahkan orang untuk mencari produk yang ingin mereka beli. Ketika memposting produk maka Anda harus menggunakan hastag yang sesuai agar target tertuju dengan baik. Semakin banyak Anda memberikan hastag maka produk Anda akan sering muncul di Instagram.

6. Upload Testimoni Dari Konsumen

Testimoni dari konsumen menjadi hal yang paling penting dalam jualan online, karena Anda bisa mengetahui apakah orang tersebut puas atau tidak. Setelah barang sampai di rumah konsumen, maka mintalah testimoni dan biasanya testimoni tersebut dilakukan lewat chat whatsapp, maupun dm Instagram. Nah setelah konsumen Anda melakukan testimoni, Anda bisa screenshot pesan tersebut dan menguploadnya di Instagram agar semua orang mengatahui kualitas dari produk Anda setelah sampai di tangan konsumen.

7. Lakukan Endorse

Saat ini banyak selebgram yang terkenal dan itu menjadi sebuah kesempatan emas bagi Anda untuk mempromosikan produk. Selain itu Anda juga bisa mencari seorang youtuber terkenal dan Anda bisa menghubungi orang tersebut untuk endors produk. Biasanya seorang youtuber akan menentukan harga ketika diminta untuk mempromosikan sebuah produk. Dengan melakukan cara ini, maka produk Anda akan semakin dikenal orang dan potensi untuk berkembang akan sangat besar.

8. Givaway

Semua orang rata-rata sudah mengenal yang namanya giveaway. Biasanya giveaway ini dilakukan oleh para youtuber ataupun orang yang jualan online di Instagram. Apabila Anda jualan menggunakan Instagram, saran saya seringlah melakukan giveaway, karena dengan melakuan kegiatan tersebut secara otomatis Anda telah mempromosikan produk ke semua orang.
 
Jualan online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan apabila produk yang Anda jual sudah terkenal maka penghasilan yang didapat pun akan sangat besar. Meski jualan online terlihat seperti tidak bekerja, namun kenyataannya jualan online lebih sulit dibandingkan dengan jualan offline, karena saingan di dunia online sangatlah ketat. Namun janganlah putus asa dalam menghadapi sesuatu, tetap semangat dan konsisten.