Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Trik Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Tanpa Les privat

Bermain alat musik merupakan sebuah hobi yang banyak dilakukan oleh semua orang terutama pria, karena apabila pria mahir dalam bermain alat musik itu bisa menjadi nilai plus tersendiri dimata orang lain. Banyak alat music yang sering dimainkan salah satunya yaitu gitar. Banyak pria yang menunjukkan bakatnya dengan bermain gitar diatas panggung atau didepan teman-temannya. Belajar bermain gitar tidak sesulit yang dibayangkan tetapi harus butuh ketelitian dan ketepatan dalam memetic senar.

Bagi pemula memang sangat sulit ketika bermain gitar, apalagi mereka yang baru pertama kali memegang alat music ini. Namun bagi Anda yang ingin bermain alat musik gitar dan tidak tahu harus memulainya dari maka, bisa ikuti beberapa langkah berikut ini. Langkah ini saya bagikan sesuai dengan pengalaman saya pribadi ketika baru pertama kali bermian gitar sampai bisa.

Trik Bemain Gitar Untuk Pemula

Trik Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Tanpa Les privat

1. Punya Gitar

Untuk pemula ketika ingin belajar bermain gitar haruslah mempunyai gitar sendiri, karena apabila Anda meminjam ke teman itu akan sangat terbatas waktunya dan kurang fokus dalam latihan. Jika Anda memiliki gitar sendiri maka akan lebih leluasa dalam belajar. Gitar untuk pemula tidak harus yang mahal dulu, namun belilah gitar yang murah sekitar 300 ribuan sudah cocok untuk pemula.

2. Belajar Cara Menyetel Gitar Dengan Benar

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu menyetel senar gitar menggunakan aplikasi yang sudah disediakan di Playstore. Tujuan dari menyetel gitar ini yaitu agar Anda bisa lebih cepat memahami nada di setiap senar gitar tersebut. Apabila Anda merasa kesusahan dalam menyetel senar gitar, bisa mencari tutorial di Youtube.

3. Genjreng Bebas

Ketika Anda baru belajar gitar maka saya sarankan untuk langsung menggenjreng gitar tersebut sesuai hati Anda. Untuk pemula jangan fokus pada nada dulu, namun fokuslah melatih kelincahan tangan dalam menggenjreng. Lakukan genjreng bebas ini sekitar 3 hari atau lebih lama lebih baik.

4. Latihan Memetik Senar

Setelah Anda lancar dalam menggenjreng senar gitar, maka selanjutnya yang harus dilakukan yaitu belajar memetic senar. Nah dalam belajar memetic senar ini tidak boleh asal-asalan dan harus sesuai nada. Anda bisa mencari nada petikan yang ada di Youtube. Lakukan petikan ini sampai berulang kali hingga tangan Anda lancar.

5. Pelajari Kunci Dasar

Nah ini yang paling penting yaitu mempelajari kunci dasar bermain gitar. Ketika Anda belajar bermain gitar jangan semua kunci gitar Anda hafalkan, karena itu akan sangat sulit bagi pemula. Cukup pelajari kunci-kunci yang sering digunakan untuk mengiringi sebuah lagu misalnya kunci C, G, F, Fm, Am, E, Em, D, Dm, A, Am. Anda cukup pelajari 11 kunci dasar tersebut, saya yakin jika Anda sudah mahir dalam mempraktekkannya maka akan lancar ketika mengiringi sebuah lagu.

6. Berlatih Secara Rutin

Belajar bermain gitar tanpa mentor/pelatih memang akan sangat sulit, terlebih jika Anda masih pemula dan sebelumnya belum pernah memegang alat musik gitar. Namun Anda jangan menyerah, karena saya juga dulu belajar bermain gitar secara otodidak dan itu butuh waktu sekitar 5 bulan agar lancar bermain gitar dan menyanyikan sebuah lagu. Kunci dalam berlatih gitar yaitu tekun dan terus berlatih. Percumah jika Anda les gitar tetapi di rumah jarang mengulanginya lagi, lebih baik belajar otodidak namun memiliki kemauan yang tinggi itu akan cepat bisa.

Nah itu merupakan tips cara bermain gitar tanpa les ataupun tanpa adanya mentor/pelatih. Semoga ilmu yang saya bagikan diatas bisa membantu Anda khususnya pemula yang ingin belajar bermain gitar.