Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Menghafal Sebuah Informasi Agar Tidak Mudah Lupa

Menghafal merupakan sebuah hal yang harus dilakukan oleh semua orang terutama anak sekolah atau mahasiswa, karena dengan menghafal akan melatih kemampuan berfikir seseorang. Biasanya siswa yang jago menghafal cenderung dari jurusan IPS, dan kalau anak IPA akan lebih unggul di dalam perhitungan. Tidak hanya anak IPS saja yang harus menghafal, namun anak IPA juga harus menghafal segala hal yang sudah diajarkan oleh guru di sekolah. Banyak siswa yang kesulitan dalam hal menghafal dan pasti akan jika tidak bisa akan menjadi frustasi. Untuk itu jika Anda ingin mempunyai kemampuan hafalan yang kuat hendaknya membaca artikel di bawah ini.

Tips Menghafal Materi Pelajaran Dengan Mudah

8 Tips Menghafal Sebuah Informasi Agar Tidak Mudah Lupa

1. Baca Informasi Berulang Kali

Biasanya ketika siswa membaca sebuah materi pelajaran hanya sekali, maka setelah beberapa jam atau bahkan beberapa hari akan langsung lupa. Maka dari itu jika Anda ingin menghafal dan tidak mudah lupa yaitu membaca informasi tersebut sebanyak-banyaknya. Tetapi disini tidak hanya membaca saja tetapi Anda harus bisa memahami isi dari artikel yang sedang dibaca tersebut. Percumah jika Anda membaca artikel sebanyak 100 kali tetapi tidak tahu makna dari artikel tersebut.

2. Tulis Informasi Yang Didapat

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu menulis ulang sebuah informasi yang sedang Anda baca. Dan setelah saya memprakrekkan cara ini Alhamdulillah daya ingat saya semakin kuat dan proses menghafal pun terasa nyaman. Apabila artikel yang Anda baca terlalu panjang, bisa dirangkum di kertas kecil yang bisa Anda lihat setiap hari.

3. Membuat Sesi Tanya Jawab Dengan Teman

Nah cara ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghadapi ujian di sekolah, karena jika Anda melakukannya dengan teman maka akan semakin asik dan biasanya seua informasi akan mudah masuk ke otak.

4. Atur Waktu

Proses menghafal tidak bisa dilakukan di semua waktu, karena terdapat waktu-waktu tertentu yang paling mudah untuk belajar dan menghafal sebuah materi pelajaran. Anda bisa menghafal sehabis sholat subuh atau bisa sehabis sholat maghrib. Waktu-waktu tersebut sangat nyaman digunakan untuk belajar.

5. Jangan Pakai Sistem SKS

Sistem Kebut Semalam (SKS) ini biasanya dilakukan oleh siswa yang sudah terdesak dan tidak memiliki persiapan apapun sebelumnya. Sistem tersebut sebenarnya kurang efektif karena kemampuan otak manusia sangat terbatas dan tidak mampu untuk menghafal sebuah informasi dalam semalam. Langkah yang paling baik yaitu menghafal secara berkelanjutan dan Anda harus bisa mengatur waktu.

6. Cari Tempat Yang Nyaman

Hal yang paling penting ketika Anda menghafal sebuah materi pelajaran yaitu tempat. Anda harus mencari tempat yang nyaman untuk mengafal contohya di ruang tamu, di taman, di pinggir sungai dll. Apabila Anda menghafal di tempat yang brisik atau tempat rame maka semua informasi yang Anda baca tidak akan bisa masuk ke otak.

7. Makan Makanan Bergizi

Makanan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan terutama otak. Jika Anda ingin memiliki kemampuan hafalan yang tajam, maka konsumsilah makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, karena makanan tersebut bisa meningkatkan kesehatan tubuh, tak terkecuali otak manusia.

8. Istirahatlah Yang Cukup

Setelah Anda menghafal berbagai macam informasi, jangan lupa istirahat karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Tidurlah minimal 6 jam perhari agar semua organ tubuh bisa istirahat dengan baik.

Itulah informasi tentang cara menghafal agar tidak cepat lupa. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih,,,