Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Les Privat

Di zaman modern seperti sekarang ini semua orang  wajib mempelajari bahasa Internasional yaitu bahasa inggris, karena bahasa inggris sangat berguna apabila Anda terjun di dunia kerja. Saat ini banyak perusahaan yang meminta karyawannya fasih berbahasa inggris. Dan jika Anda lancar berbahasa inggris maka akan semakin mudah untuk beradaptasi di perusahaan internasional. Apabila sampai sekarang Anda belum bisa berbahasa inggris, maka tidak usah berkecil hati karena tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar. Agar bisa lancar berbahasa inggris, Anda perlu mengikuti les privat, dan dengan mengikuti les privat tersebut Anda akan lebih mudah dan lebih terarah dalam mempelajari kosa kata bahasa inggris.
 
Namun untuk mengikuti les privat bahasa inggris harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Maka  dari itu, sekarang banyak orang yang memilih untuk mempelajari bahasa inggris secara otodidak. Ada orang yang belajar otodidak, tetapi kemampuannya bisa lebih hebat dibandingkan orang yang mengikuti les privat. Bila Anda belum mempunyai dana untuk mengikuti les privat, bisa belajar secara otodidak, dan berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar lancar berbahasa inggris.

Trik Mahir Berbahasa Inggris

8 Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Les Privat

1. Kemauan Sendiri

Sekarang banyak orang tua yang memaksa anaknya untuk bisa berbahasa inggris walaupun anak tersebut menolak. Jika anak terus dipaksa maka pada saat belajar akan terus tertekan dan ilmu yang dipelajari tidak akan bisa masuk ke otak. Untuk itu bagi Anda yang ingin belajar bahasa inggris, pastikan itu kemauan Anda sendiri dan tidak disuruh oleh siapapun. Karena jika semua itu berasal dari niat dan kemauan sendiri, maka sistem belajar Anda akan terarah dan saat melakukannya pun terasa enjoy.

2. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris, dengan begitu otomatis Anda akan menirukan suara penyanyi tersebut dan lama-kelamaan akan terbiasa. Dengarkan lagu yang Anda sukai dan jika Anda mempunyai waktu maka bisa menerjemahkan arti dari lirik lagu tersebut ke bahasa Indonesia. Setiap kali mendengarkan lagui, cobalah untuk menerjemahkan artinya, jadi Anda akan tahu arti dari kosakata dari lagu tersebut.

3. Membaca Novel Bahasa Inggris

Tidak hanya mendengarkan lagu saja, tetapi Anda harus membaca novel yang berbahasa inggris yang tujuannya agar Anda terbiasa dalam mengucapkan kosa kata bahasa iaggris. Untuk anak muda cobalah membeli novel tentang persahabatan atau tentang percintaan. Banyak sekali novel berbahasa inggris yang tersedia di semua toko buku. Setelah selesai membaca novel tersebut, Anda bisa menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan pelajari satu persatu kosa katanya agar lebih paham.

4. Chattingan Dengan Orang Bule

Banyak aplikasi di playstore yang bisa digunakan untuk belajar bahasa inggris salah satunya yang sering saya pakai yaitu Speaky. Di aplikasi tersebut Anda bisa bertemu dengan orang dari berbagai negara dan bisa Anda ajak untuk ngobrol pakai bahasa inggris. Anda dapat memilih orang dari negara mana yang akan Anda ajak bicara.  Selain itu, di aplikasi tersebut ada level kemampuan dan itu bisa mengukur kemampuan Anda dalam berbahasa inggris.

5. Belajar Dari Benda Di Sekitar

Jika Anda masih pemula alangkah baiknya jika mempelajari kosa kata dari benda yang ada di sekitaran Anda terebih dahulu, mulai dari meja, kursi, almari dan semua barang yang ada di rumah Anda. Karena benda tersebut sering Anda jumpai dan akan lebih mudah untuk menghafalnya. Setiap kali Anda melihat suatu benda maka ucapkanlah ke dalam bahasa inggris.

6. Praktek Langsung

Jika dirasa Anda sudah mulai lancar berbahasa inggris, maka bisa mengunjungi tempat wisata yang di dalamnya terdapat turis dari berbagai negara. Anda bisa berkunjung ke Pulau Bali ataupun bisa ke Borobudur, karena di tempat tersebut banyak sekali turis yang sedang berwisata, dan Anda bisa mengajaknya ngobrol langsung. Praktek langsung akan semakin mengasah skill Anda dalam berbahsa inggris.

7. Jangan Takut Salah

Bagi Anda yang baru saja belajar bahasa inggris, maka janganlah takut salah. Dan jika pengucapan Anda salah, orang lain akan memaklumi karena masih dalam tahap belajar. Tidak ada orang belajar yang langsung menjadi pintar, pasti akan mengalami yang namanya gagal dan salah.

8. Berkunjung ke Kampung Inggris

Nah cara yang satu ini wajib Anda coba karena di kampung Inggris Pare terdapat banyak orang yang belajar bahasa inggris. Keadaan lingkungan sangat mendukung bagi Anda yang ingin belajar bahasa inggris. Untuk itu jika Anda ada niatan untuk bisa berbahasa inggris dan mempunyai waktu, maka kunjungilah Kampung Inggris Pare.
 
Tidak ada orang yang langsung lancar berbahasa inggris kecuali orang bule asli. Semuanya pasti membutuhkan yang namanya proses, dan proses tersebut harus diperjuangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuik itu nikmati saja prosesnya dan jangan mudah putus asa, karena jika ada keyakinan dalam diri seseorang, maka semuanya akan terjadi dan  di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin.