Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Rekomendasi Bisnis Online Part Time Yang Harus Dilakukan Anak Muda

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini pastinya semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. Internet merupakan sebuah sarana yang sangat lengkap untuk membantu seseorang untuk belajar dan mencari pengalaman. Banyak orang yang menggunakan internet untuk berbagai macam hal, contohnya untuk mencari informasi, menonton video, chatting dengan teman atau keluarga, bahkan ada juga yang memanfaatkan internet ini sebagai media untuk berbisnis. Tidak ada salahnya jika seseorang menggunakan internet sebagai tempat untuk menghasilkan uang, bahkan ada juga yang mendapatkan uang hingga ratusan juta perbulan hanya dengan bermodalkan komputer/Hp dan jaringan internet.

Prinsipnya jika internet bisa menghabiskan uang, maka sebaliknya kita juga bisa mendapatkan uang dari internet tersebut. Saat ini memang sudah banyak orang yang memanfatakan internet untuk berbisnis, terutama mahasiswa. Mahasiswa yang tinggal jauh dengan orang tua, akan lebih berfikir ke depan ketimbang mahasiswa yang masih tinggal bersama orang tua. Mereka anak rantau pasti akan mengasah otaknya bagaimana cara menghasilkan uang sendiri dan bisa menambah uang jajan. Banyak peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Jika Anda seorang mahasiswa dan ingin berbisnis online, maka disini saya akan membagikan beberapa peluang bisnis online yang bisa dikerjakan paruh waktu.

Bisnis Online Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Tidak sedikit mahasiswa yang menginginkan uang jajan lebih tanpa meminta kepada orang tua dan ini sangatlah mungkin untuk dilakukan. Anda dapat memanfaatkan media online untuk menjalankan bisnis yang bisa disambi kuliah.

1. Reseller

4 Rekomendasi Bisnis Online Part Time Yang Harus Dilakukan Anak Muda
Reseller merupakan sebuah bisnis online yang mudah untuk dilakukan. Hanya dengan bermodalkan Hp dan jaringan internet saja, semua orang bisa menjalankan bisnis ini. Sebelum menjadi reseller, Anda harus memutuskan terlebih dahulu komunitas mana yang pas untuk bisnis Anda. Tanpa mengikuti komunitas atau seminar, pasti Anda akan kebingungan menjalankan bisnis reseller, terlebih jika Anda baru saja terjun di dunia online. Reseller hampir sama dengan dropshiper, hanya saja yang membedakan yaitu Anda harus memiliki stok produk dan mendemokannya kepada orang lain, agar orang lain merasa tertarik dengan produk yang Anda jual. Jika Anda tidak memiliki produk dan juga tidak memiliki modal, Anda bisa bergabung dengan komunitas YES. Komunitas tersebut merupakan sebuah komunitas tempat berkumpulnya anak muda yang ingin berbisnis namun tidak memiliki modal. Dan yang tidak kalah penting yaitu Anda harus memiliki mentor. Mentor merupakan seseorang yang sudah sukses di bidang tersebut dan akan membimbing Anda ke jalan yang benar sesuai passion yang Anda miliki. Di komunitas YES, Anda bisa menemukan banyak sekali mentor-mentor sukses yang siap membimbing anak mudah yang ingin berbisnis.

2. Blogger

4 Rekomendasi Bisnis Online Part Time Yang Harus Dilakukan Anak Muda
Bagi Anda yang memiliki bakat menulis atau suka berbagi informasi, maka pekerjaan part time yang bisa dilakukan yaitu dengan menulis artikel atau biasa disebut dengan blogger. Jika waktu SMP dan SMA, Anda unggul dalam hal akademik maka bisa berbagi ilmu melalui media blog ini. Selain itu dengan menjadi blogger, nama Anda akan semakin dikenal oleh publik. Tidak hanya sekedar menulis saja, di dunia blog Anda juga bisa menghasilkan uang dari ratusan hingga puluhan juta rupiah perbulan. Semua itu harus Anda lakukan dengan konsisten dan ikhlas karena Anda harus menulis Artikel minimal dua hari sekali. Usaha ini bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang saat libur kuliah.

3. YouTuber

4 Rekomendasi Bisnis Online Part Time Yang Harus Dilakukan Anak Muda
Selain blogger, peluang usaha yang bisa dilakukan mahasiswa yaitu dengan menjadi YouTuber. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus mempunyai kamera. Bahkan saat ini banyak YouTuber lokal yang membuat video menggunakan Hp android saja. Jika Anda menekuni profesi ini dan video Anda bisa dinikmati banyak orang, maka Anda bisa bekerja sama dengan periklanan google yaitu google Adsense. Selain untuk mengasah kemampuan publik speaking, menjadi YouTuber juga bisa menghasilkan uang loh. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah dengan menjalankan profesi youtuber ini.

4. Jasa Desain Grafis

4 Rekomendasi Bisnis Online Part Time Yang Harus Dilakukan Anak Muda
Bisnis online selanjutnya yang bisa dilakukan mahasiswa yaitu dengan cara membuka jasa desain grafis. Untuk melakukan bisnis ini modal yang digunakan hanyalah laptop dan media sosial saja. Bagi Anda yang kuliah di jurusan DKV bisa memanfaatkan bisnis ini dengan baik. Selain untuk mengasah skill, dengan melakukan bisnis ini dengan konsisten maka Anda bisa menghasilkan uang. Agar bisnis ini berkembang, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pemilik butik, siapa tahu mereka membutuhkan jasa Anda. Kemudian Anda bisa mempromosikan karya desain grafisnya ke media sosial seperti instagram, whatsapp dan facebook. Dengan begitu semua orang pasti akan mengenal produk apa yang sedang Anda tawarkan.

Itulah beberapa macam bisnis online untuk mahasiswa yang mudah untuk dilakukan. Tidak ada salahnya jika saat kuliah Anda sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Selain untuk meringankan beban orang tua, melakukan bisnis online juga bisa untuk menambah uang jajan dan uangnya bisa ditabung untuk masa depan.