Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Persiapan Penting Sebelum Usia 28 Tahun

Apakah Anda sekarang baru berumur 19 atau 20 tahun? Jika iya maka Anda butuh yang namanya persiapan secara finansial sebelum menginjak usia 28 tahun. Dan persiapan tersebut harus membutuhkan waktu yang lama. Bagi Anda yang sekarang masih duduk di bangku SMA ataupun sudah kuliah, maka harus mulai memikirkan masa depan dan menyaipakan semuanya dengan baik. Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum usia 28 tahun.

Persipaan Sebelum Usia 28 Tahun

5 Persiapan Penting Sebelum Usia 28 Tahun

1. Punya Penghasilan Sendiri

Nah bagi Anda yang masih sekolah ataupun kuliah, sebaiknya mencari pengalaman sebanyak mungkin dan jika terdapat waktu luang Anda bisa kerja freelance. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan uang dan bisa menabung untuk masa depan. Penghasilan waktu kuliah tidak harus yang besar, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebagai anak kos dan bisa untuk menabug. Tidak usah malu ketika Anda bekerja saat kuliah karena selagi hal yang Anda lakukan tidak merugikan orang lain Anda tidak perlu malu untuk melakukannya.

2. Persiapan Usaha Sendiri

Usia 19 sampai 22 tahun merupakan waktu yang tepat untuk belajar memulai bisnis, karena di usia tersebut Anda belum memikirkan beban keluarga. Anda bisa mencoba berbagai macam usaha seperti menjadi reseller, jualan masker ataupun bisa usaha yang lainnya sesuai dengan passion Anda. Apabila Anda memulai usaha sejak kuliah, maka di usia 28 tahun hidup Anda pasti akan jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang waktu kuliah hanya bermain. Habiskan jatah gagalmu di usia muda dan jangan pernah menyerah.

3. Tidak Usah Memaksakan Diri Untuk Menikah

Banyak anak muda sekitar umur 20 sampai 23 tahun sudah menikah. Memang menikah merupakan kewajiban semua orang, tetapi lebih baik dilakukan pada saat yang tepat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kedepannya. Apabila Anda seorang laki-laki, maka kejarlah semua impian terlebih dahulu dan jangan memikirkan untuk menikah. Persiapkan semuanya dengan matang, dan jika sudah siap secara mental dan finansial tidak masalah apabila ingin langsung menikah. Dan jika keadaan Anda sekarang masih pas-pasan maka kurungkan niat terlebih dahulu untuk menikah, karena semakin lama biaya kebutuhan keluarga akan semakin mahal.

4. Saatnya Mempersiapkan Tabungan Masa Depan

Semua hal yang akan dilakukan pasti membutuhan yang namanya persiapan salah satunya yaitu persiapan tabungan untuk masa depan. Untuk mempersiapkan semua itu, bisa Anda melakukannya ketika masih kuliah. Anda bisa melakukakn investasi emas, karena emas mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Nabung emas bisa dilakukan di pegadaian dan tidak harus sekaligus banyak, tetapi Anda bisa melakukannya sedikit dan pastinya konsisten.

5. Lakukanlah Sekarang

Semua yang sudah direncanakan harus segera dilakukan karena apabila Anda menunda-nunda maka semuanya tidak akan mendapatkan hasil. Banyak anak muda yang takut untuk memulai karena disebabkan oleh beberapa hal yaitu takut gagal, takut rugi, takut dijauhi teman dan masih banyak lagi. Ketakutan-ketakutan seperti itu yang akan membuat masa depan Anda menjadi tidak jelas. Untuk itu jangan dengarkan apa kata orang lain dan lakukanlah semuanya dari sekarang.

Masa depan yang cerah tidak bisa diraih dalam 1 atau 2 tahun saja, melainkan harus butuh bertahun-tahun untuk mencapainya dan butuh perjuangan. Mulai sekarang kurangilah waku nongkrong dengan teman dan mulai membangun usaha untuk masa depan Anda.