Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Dengan Matang Sebelum Menikah

Menikah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang dan akan menjadi hal yang tak terlupakan dalam kehidupan seseorang. Sebelum melakukan pernikahan, antara laki-laki dan perempuan harus mempunyai komitmen dan persiapan yang matang agar kehidupannya bisa langgeng sampai tua. Jika kedua pasangan sebelum menikah tidak mempunyai komitmen, maka rumah tangga mereka tidak akan berlangsung lama, dan pasti akan banyak terjadi perbedaan pendapat. Pernikahan bukan hanya tentang status saja, tetapi dalam islam merupakan sebuah ibadah. Nah bagi Anda yang saat ini sudah mulai merencanakan mau menikah, sebaiknya persiapkan semuanya dengan baik. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memutuskan untuk menikah.

Persiapan Sebelum Menikah

7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Dengan Matang Sebelum Menikah

1. Persiapan Finansial

Sebelum memutuskan untuk menikah, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu salah satunya yaitu persiapan finansial. Kebutuhan setelah menikah sangat jauh berbeda ketika Anda masih lajang. Terutama untuk laki-laki yang harus memberikan nafkah kepada istri dan itu harus dipikirkan secara matang sebelum menikah. Sebisa mungkin menikah tanpa uang orang tua, dan itu akan sangat berkesan bagi pasangan tersebut. Apabila keadaan ekonomi Anda masih pas-pasan, maka kurungkan niat untuk menikah, karena jika Anda tetap ingin menikah pasti akan menyesal karena sebelumnya tidak mempunyai persiapan dana untuk hidup setelah nikah. Jadi persiapkan dana semaksimal mungkin, agar kehidupan setelah menikah tidak begitu sulit.

2. Persiapan Mental dan Fisik

Persiapan mental dan fisik harus ada dalam diri Anda sebelum menikah, karena keduanya mempunyai peran yang sangat penting untuk kedepannya. Persiapan mental artinya Anda harus siap menjalani kehidupan rumah tangga dan sudah tidak bergantung pada orang tua lagi, semua keluh kesah harus Anda selesaikan dengan baik bersama pasangan. Sementara itu, persiapan fisik artinya jika Anda sebagai laki-laki harus selalu siap untuk bekerja untuk menghidupi keluarga.

3. Siap Menjalani Kehidupan Yang Berbeda

Setelah menikah pasti kehidupan akan terasa berbeda, dari yang tadinya Anda bisa bermian sama teman-teman tetapi saat ini Anda sudah tidak bisa bermian setiap hari karena sudah mempunyai tanggungjawab kepada istri. Dan juga Anda harus siap menjalani semua permasalahan yang tak terduga.

4. Visi Pernikahan

Agar pernikahanmu lebih terarah, sebaiknya sebelum menikah harus mempunyai visi seperti setelah menikah mau tinggal dimana, punya anak berapa dan masih banyak lagi. Dengan begitu kehidupan Anda setelah menikah akan berjalan sesuai dengan rencana.

5. Menikah Tak Selamanya Indah

Momen pernikahan memang sangat menyenangkan terlebih jika Anda menikahi orang yang sangat dicintai. Namun dalam kehidupan rumah tangga tak selamanya berjalan dengan lancar, ada kalanya terdapat masalah yang menimbulkan pertengkaran antara suami dan istri. Nah itu semua harus diselesaikan dengan kepala dingin. Jika kalian mau hubungan tetap langgeng, maka ketika ada sedikit permasalahan selesaikan dengan baik dan jangan membawa emosi.

6. Siap Dibatasi

Saat masih lajang, Anda bebas mau pergi kemana dan sama siapa saja. Tetapi setelah menikah, kehidupan Anda akan dibatasi dari yang tadinya sering nongkrong sama teman, tidur di rumah teman, tetapi sekarang jika Anda ingin melakukan kegiatan tersebut harus meminta ijin terlebih dahulu sama istri dan jika istri tidak boleh, maka Anda harus menuruti apa perkataan istri.

7. Restu Orang Tua

Dalam pernikahan tidak hanya menyatukan 2 orang saja, namun harus menyatukan 2 keluarga yaitu keluarga laki-laki dan keluarga perempuan, karena pernikahan akan berjalan dengan lancar jika mendapat restu dari orang tua. Jangan sekali-kali remehkan orang tua, karena jika hal tersebut dilakukan maka kehidupan rumah tangga Anda tidak akan harmonis.
 
Usia pernikahan yang ideal untuk seorang laki-laki yaitu sekitar 25 tahun sampai 28 tahun dan untuk perempuan yaitu sekitar 22 tahun sampai 24 tahun. Jadi jika umur Anda masih dibawah itu jangan memutuskan dulu untuk menikah. Kejarlah masa depanmu dan bahagiakan orang tuamu terlebih dahulu, dan ketika Anda sudah sukses maka carilah pendamping hidup yang tepat.