Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

11 Peraturan Yang Perlu Diingat Selama PSBB Transisi

Saat ini PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar mulai diterapkan kembali khususnya di Provinsi DKI Jakarta. Karena kasus kovid setiap harinya semakin bertambah, untuk itu masyarakat DKI Jakarta harus tetap waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Berikut beberapa aturan yang perlu diingat selama PSBB transisi berlangsung.

Peraturan Selama PSBB Transisi

11 Peraturan Yang Perlu Diingat Selama PSBB Transisi

1. Sekolah

Semua kegiatan belajar mengajar di sekolah belum diperbolehkan tatap muka, karena untuk mengindari bertambahnya kasus covid-19. Saat ini sistem belajar masih dilaksanakan secara online dan ketentuan belajar offline/tatap muka akan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan pemerintah.

2. Restoran

Apabila Anda berada di Jakarta maka terapkanlah protokol kesehatan, terutama ketika makan di restoran. Dan yang perlu diingat, kapasitas orang dalam restoran tersebut hanya dibatasi hingga 50% saja.

3. Tempat Ibadah

Tempat ibadah hanya boleh diisi 50% saja dari kapasitas normal, karena di kota besar ada berbagai macam orang yang datang dari berbagai daerah. Selain itu, petugas harus mengecek suhu jamaah terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan, dan jamaah pun diwajibkan untuk membawa peralatan ibadah sendiri. Ketika memasuki ruangan ibadah, jarak antar Jemaah akan dibatasi sekitar 1 meter, dan itu bertujuan untuk menghindari kasus penyebaran covid.

4. Tempat Hiburan dan Karaoke

Selama  PSBB berlangsung, semua tempat hiburan yang ada di Jakarta belum diperblehkan untuk dibuka karena potensi penularan covid akan lebih besar.

5. Tempat Cukur

Tempat cukur yang ada di Jakarta boleh melakukan kegiatan asalkan kapasitas pengunjungnya 50% dari kapasitas normal. Dan sebelum memasuki ruangan cukur sebaiknya terapkan protocol kesehatan dengan mencuci tangan terlebih dahulu.

6. Angkutan Umum

Hingga saat ini operasional angkutan umum di Jakarta masih dibatasi secara kapasitas sesuai aturan dari Dishub. Karena jika angkutan umum tetap beroperasi, maka angka peningkatan kasus covid-19 akan semakin bertambah. Selain itu jam operasional pun akan dbatasi, maksimal hingga jam 19.00 WIB.

7. Pusat Kebugaran

Pusat kebugaran saat ini boleh dilaksanakan asalkan pengunjung yang datang sebesar 25 % saja. Dan tidak diperbolehkan latihan bersama dalam ruangan tertutup apalagi latihan bersama mentor. Jam operasional pun dibatasi hingga jam 21.00 WIB.

8. Tempat Rekreasi

Semua tempat rekreasi boleh dibuka, asalkan selalu menerapkan protokol kesehatan, salah satunya yaitu pembelian tiket secara online. Pengunjung yang usianya dibawah 10 tahun dan diatas 60 tahun tidak diperbolehkan mengunjungi tempat rekreasi tersbeut.

9. GOR (Gedung Olah Raga)

Untuk Anda yang setiap hari memiliki kegitaan di GOR, sebisa mungkin untuk saat ini ditunda terlebih dahulu, jika terdapat aktifitas yang sangat penting Anda bisa memasuki GOR asalkan menaati peraturan yaitu pengunjung maksimal 50% dari kapasitas normal.

10. Bioskop

Selama masa PSBB transisi berlangsung, semua bioskop boleh beroperasi dan maksimal pengunjung yaitu hanya 25% saja. Ketika sudah berada di dalam ruangan bioskop, pengunjung dilarang untuk berpindah-pindah tempat duduk dan dilarang untuk berjabat tangan dengan orang yang disebelahnya. Tetap gunakan masker agar semua aktivitas yang dilakukan aman.

11. Pasar dan Mall

Semua pasar dan mall sudah diperbolehkan buka, asalkan tetap menjaga kesehatan sesuai dengan perintah yaitu memakai masker, cek suhu dan mencuci tangan terlebih dahulu. Pengunjung yang boleh masuk maksimal 50 %.  Untuk jam operasional, akan ditentukan oleh kebijakan mall dan pasar tersebut.

Itulah beberapa aturan yang harus ditaati untuk mencegah penularan covid-19, tetap jaga kesehatan dan usahakan jangan keluar rumah jika dirasa kegiatan yang dilakukan tidak begitu penting.