Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Hal Yang Akan Membuat Mahasiswa Menyesal Setelah Lulus Kuliah

Kuliah memang menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan, dan tidak semua orang bisa merasakan kuliah. Dimana waktu kuliah merupakan waktu untuk mengembangkan potensi diri dan proses pendewasaan. Cara berfikir seorang mahasiswa akan berbeda dengan siswa SMA, karena lingkungannya saja sudah berbeda. Saat masa-masa kuliah pasti semua orang akan merasa bebas karena jam pelajaran sudah tidak sebanyak waktu sekolah dan sisa wakunya banyak digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan. 

Tetapi ada beberapa mahasiswa yang saat kuliah sudah merencanakan sesuatu namun setelah lulus tidak sesuai yang diharapkan. Nah biasanya mahasiswa tersebut sering melakukan kesalahan-kesalahan waktu kuliah. Berikut beberapa kesalahan mahasiswa yang akan disesali setelah wisuda.

Penyesalan Setelah Lulus Kuliah

8 Hal Yang Akan Membuat Mahasiswa Menyesal Setelah Lulus Kuliah

1. Salah Jurusan

Hampir 60% orang yang masuk kuliah salah mengambil jurusan dan jika itu terjadi pada diri Anda, maka penyesalan pasti akan datang. Mahasiswa akan merasa salah jurusan jika sudah menginjak semester 4 keatas dan alhasil kuliahnya tidak serius. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memasuki dunia perkuliahan sebaiknya pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Percumah jika Anda kuliah di universitas terbaik tetepi salah memilih jurusan dan semuanya akan sia-sia.

2. Menyepelekan Mata Kuliah

Semua mata kuliah yang diberikan oleh dosen pasti sudah jelas dan itu harus Anda pahami. Kebanyakan mahasiswa ketika masuk ke dalam kelas dan dia tidak menyukai matkul tersebut, maka langsung mengalihkan pandangan misalnya bermain Hp atau malah tidur di kelas. Jika Anda melakukan hal tersebut maka kerugian besar akan Anda rasakan setelah lulus. Walaupun Anda tidak suka dengan matkul tersebut, setidaknya Anda menyukai dosen dan berusaha untuk mendengarkan.

3. Salah Pergaulan

Ketika pertama kali masuk bangku perkuliahan rasanya pasti sangat senang karena bisa bertemu dengan orang baru dari berbagai daerah. Anda bisa berbagi informasi dengan orang lain yang belum pernah Anda kenal sebelumnya. Tetapi Anda harus berhati-hati dalam bergaul, karena saat ini banyak sekali pergaulan yang menuju ke hal-hal negatif. Tidak masalah apabila Anda hanya mempunyai sedikit teman tetapi teman Anda tersebut bisa membantu Anda jauh lebih baik, daripada mempunyai banyak teman dan mereka malah mengajak Anda terjun ke hal yang tidak jelas.

4. Tidak Mempunyai Bisnis Sendiri

Penyesalan selanjutnya yaitu ketika mahasiswa tidak memulai berbisnis saat kuliah. Padahal waktu kuliah merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan bisnis, karena semua kebutuhan masih ditanggung oleh orang tua, jadi jangan takut gagal atau takut rugi ketika memulai bisnis saat kuliah. Dan apabila Anda sudah membangun bisnis sejak kuliah, maka setelah lulus dan belum mendapatkan pekerjaan Anda tidak akan bingung mau kemana.

5. Terlalau Boros

Ketika malam minggu pasti kebanyakan mahasiswa akan menghabiskan waktunya untuk nongkrong sama teman, baik itu di café ataupun di tempat-tempat lainnya. Sekali keluar biasanya menghabiskan uang sekitar 50 sampai 100 ribu. Dan itu jika dilakukan secara terus-menerus akan menguras uang tabungan dan saat lulus pasti akan menyesal karena dulu waktu kuliah sering nongkrong dan menghabiskan uangnya. Untuk itu, jika Anda tidak mau menyesal setelah lulus kuliah, mulai sekarang harus menabung walaupun sedikit dan usahakan ketika beli barang sesuai kebutuhan saja.

6. Tidak Melakukan Networking

Waktu kuliah merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan networking dan memperbanyak pertemanan. Tidak hanya di kampus saja, Anda juga bisa mencari teman di luar kampus. Dan jika hal tersebut dilakukan, maka akan berdampak besar ketika Anda lulus nanti. Bahkan info pekerjaan akan datang melalui networking yang sudah Anda lalukan semasa kuliah.

7. Terlalu Sering Bermain

Bermain sama teman memang tidak salah, tetapi jika dilakukan secara terus-menerus akan menjadikan Anda kurang berfikir tentang masa depan, dan yang ada dalam pikiran Anda hanyalah bermain dan berkumpul dengan teman saja. Waktu bermain yang baik yaitu seminggu sekali, dan itu hanya bertujuan untuk refreshing setelah 5 hari kuliah.

8. Tidak Mempunyai Tujuan

Kebanyakan mahasiswa saat kuliah ya hanya kuliah saja, dan mereka tidak mempunyai tujuan yang harus dicapai setelah lulus nanti. Lebih baik ketika libur kuliah, Anda merencanakan masa depan dan mau jadi apa Anda setelah lulus dari perkuliahan. Kasihan orang tua yang sudah membiayai Anda selama 4 tahun, tetapi Anda malah tidak mempunyai tujuan yang jelas.
 
Tidak semua orang bisa kuliah dan jika Anda diberi kesempatan untuk mengenyam bangku kuliah, maka manfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai orang tua Anda kecewa karena tingkah laku Anda ketika kuliah, tetapi buatlah mereka menangis karena kesuksesanmu. Penyesalah hanya akan datang di akhir, jika datangnya di awal itu namanya pendaftaran. Untuk itu untuk mengurangi potensi penyesalan, Anda harus memikirkan apa sih tujuan kuliah dan mau kemana setelah lulus kuliah.