Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Manfaat Yang Akan Anda Peroleh Ketika Menjadi Anak Kos

Menjadi seorang mahasiswa ratau memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak semua mahasiswa bisa menjadi anak perantauan, karena merantau di kota orang sangatlah sulit apalagi bagi Anda yang sebelumnya belum pernah tinggal sendiri dan jauh dari orang tua, pasti saat pertama menjadi anak kos akan terasa berat. Namun jika kampus Anda jauh dari rumah, mau tidak mau harus merantau dan menjadi anak kos. Memang tidak semua mahasiswa kuat menjadi anak kos, namun juga tidak sedikit mahasiswa yang hidupnya berubah ketika menjadi anak kos. Tanpa disadari, ketika Anda memutuskan untuk merantau ternyata banyak sekali manfaat yang didapat. Berikut manfaat yang diperoleh ketika menjadi anak kos.

Manfaat Menjadi Anak Kos

8 Manfaat Yang Akan Anda Peroleh Ketika Menjadi Anak Kos

1. Belajar Mandiri

Manfaat pertama yang dirasakan ketika Anda menjadi anak kos yaitu terbiasa hidup mandiri, karena semua hal mulai dari mencuci pakaian, memasak, menata tempat tidur akan Anda lakukan dengan sendiri dan tidak ada orang yang membantu lagi. Ketika Anda di rumah pasti akan dibantu oleh ibu dan pada saat di kos Anda harus hidup mandiri.

2. Kesempatan Untuk Bergaul Dengan Semua Orang

Ketika Anda menjadi anak kos, kesempatan untuk bergaul dengan banyak orang akan terbuka lebar, karena di sebuah kampus pasti diisi oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya di kampus saja, bahkan Anda bisa mengenal lebih banyak orang di kota tersebut dan ketika Anda mempunyai banyak kenalan pasti pengalaman dan relasi akan bertambah.

3. Pandai Mengatur Waktu

Berbeda saat Anda di rumah yang setiap harinya selalu mengikuti arahan dari orang tua, dan yang paling sering yaitu saat bangun pagi pasti Anda dibangunkan orang tua. Nah apabila Anda resmi menjadi anak kos semua itu akan Anda atur sendiri, mulai dari belajar, sholat, bermain dan lainnya. Dan itu semua akan menjadi bekal Anda saat lulus kuliah nanti.

4. Ahli Mengatur Keuangan

Saat belum menjadi anak kos, semua kebutuhan rumah mulai dari membeli bahan dapur hingga keperluan lainnya pasti yang mengatur semuanya yaitu ibu. Nah kini Anda tinggal sendiri di kosan dan uang bulanan yang sudah dikasih orang tua harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena jika Anda memakai uang tersebut berlebihan maka akan cepat habis dan semua kebutuhan yang Anda inginkan tidak bisa terpenuhi. Maka dari itu kebanyakan orang setelah menjadi anak kos akan sangat bijak dalam mengatur keuangan.

5. Membangun Kreatifias

Menjadi anak kos sudah tidak ada lagi yang mengatur ketika Anda pulang malam atau sedang melakukan berbagai kegiatan. Nah disini Anda harus memanfaatkan momen yang ada, ketika di kosan maka ciptakanlah ide-ide kreatif sesuai dengan kemampuan Anda, contohnya membangun bisnis atau membuat suatu alat yang berguna bagi banyak orang.

6. Lebih Menghargai Orang Lain

Menjadi mahasiswa perantauan pastinya tidak bisa yang namanya hidup sendiri, tentu Anda akan bertemu dengan banyak orang disana. Ketika Anda di rumah segala hal bisa dilakukan dengan sesuka hati, namun berbeda ketika sudah menjadi anak kos, Anda harus menghargai semua orang terutama teman kos. Misalnya Anda memiliki kebiasaan bermain musik dengan suara keras, nah ketika di kos cara Anda bermain musik jangan sama seperti ketika di rumah dan harus diperhatikan reaksi tetangga kos jika Anda bermian musik dengan nada keras. Nah kebiasaan seperti itu yang akan melatih hidup Anda untuk lebih menghargai orang lain dimanapun berada.

7. Terbiasa Berbagi Dengan Teman

Sesama teman kos harus saling bantu membantu. Apabila ada salah satu teman kos yang belum mendapat kiriman dari orang tua dan kebetulan Anda memiliki banyak makanan, tidak ada salahnya untuk berbagi. Apabila Anda berbuat baik dengan semua orang, pasti suatu saat ketika Anda sedang kesusahan akan ada orang yang peduli dan membantu.

8. Mengubah Pola Pikir

Pola pikirmu akan berubah ketika menjadi anak kos, karena disini Anda akan menghadapi berbagai macam persoalan hidup dan itu semua harus Anda selesaikan sendiri dengan baik. Tidak hanya itu,  ketika di rumah Anda belum mengetahui apa itu arti kehidupan yang sebenarnya dan pastinya masih bergantung pada orang tua. Berbeda saat Anda berada di perantauan, pasti setiap hari akan merenung dan merencanakan masa depan sebaik mungkin.
 
Itulah 8 manfaat yang akan Anda peroleh apabila memutuskan untuk merantau dan menjadi anak kos. Anak kos yang baik yaitu dia yang selalu memikirkan orang tua dan merencanakan masa depannya. Jadilah anak kos yang cerdas dan jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif di luar sana.