Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Kegiatan Wajib Yang Harus Dilakukan Untuk Mengisi Hari Sumpah Pemuda

Setiap tahun pada tanggal 28 Oktober semua rakyat Indonesia memperingati hari sumpah pemuda, yang bertujuan untuk menghargai jasa para pemuda Indonesia yang dahulu memperjuangkan kemerdekaan hingga terbentuknya sumpah pemuda. Pengorbanan mereka sangat luar biasa, rela mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada saat itu pemuda-pemudi berkumpul dalam rangka Kongres Pemuda I yang dilaksanakan pada tanggal 30 April sampai 2 Mei 1926 yang bertempat di Batavia (Jakarta). Dalam rapat tersebut, muncul pendapat tentang dorongan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kegiatan tersebut dipelopori oleh Muhammad Yamin.
 
Selanjutnya pada tanggal 27 sampai 28 Oktober 1928 telah dilaksanakan Kongres Pemuda II, dan pada saat itu pertama kali bendera merah putih dikibarkan dan diiringi lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Supratman. Puncak Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 28 oktober 1928 dan pada saat itulah ikrar sumpah pemuda dibacakan. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat karena pemuda-pemudi rela berkorban demi Indonesia, kita sebagai penerus bangsa ini harus selalu menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur. Untuk itu lakukanlah beberapa kegiatan yang berfaedah untuk mengisi hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan Wajib di Hari Sumpah Pemuda

5 Kegiatan Wajib Yang Harus Dilakukan Untuk Mengisi Hari Sumpah Pemuda

1. Mengikuti Upacara

Apabila Anda masih duduk di bangku sekolah, pasti setiap tahunnya mengadakan upacara untuk memperingati hari sumpah pemuda. Sebelum membacakan 3 ikrar sumpah pemuda, sebaiknya nyanyikan dulu lagi Indonesia Raya. Dengan mengikuti upacara sumpah pemuda, berarti Anda telah menghargai jasa para pemuda-pemudi yang sudah berjuang melawan penjajah.

2. Ziarah Ke Makan Pahlawan

Di kota Anda pasti terdapat makan pahlawan, dan pada saat 28 Oktober alangkah baiknya Anda berziarah untuk mendoakan pahlawan kita yang sudah gugur di medan perang. Semua pemuda-pemuda bangsa Indonesia juga termasuk pahlawan karena mereka sudah mempersatukan bangsa untuk memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

3. Membaca Buku

Anda bisa membaca buku sejarah yang sudah disediakan di perpustakaan, atau bisa membelinya di toko buku. Dengan membaca buku sejarah, Anda akan paham seberapa berat perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah dan akan lebih menghargai jasa para pahlawan. Buku yang harus Anda baca yaitu Buku Saku Tempo : Muhammad Yamin, PRISMA : Gerakan Pemuda 1926-2011 dan Menjadi Pemuda Harapan Bangsa.

4. Kerja Bakti

Setiap sekolah pasti akan melaksanakan berbagai macam kegiatan salah satunya yaitu kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan membuat hiasan di kelas agar terlihat lebih menarik. Dari kegiatan kerja bakti tersebut akan menumbuhkan rasa kerja sama antar sesama.

5. Mengunjungi Museum Sumpah Pemuda

Anda bisa mengunjungi museum sumpah pemuda yang berada di Jakarta. Dan museum tersebut dulunya gedung yang dipakai untuk kegiatan kongres pemuda II. Di dalam museum tersebut, Anda bisa melihat perjuangan pemuda-pemudi dalam melawan penjajah dan ada juga biola milik W.R. Supratman yang digunakan untuk menciptakan lagu Indonesia Raya.

Itulah kegiatan yang wajib dilakukan seluruh rakyat Indonesia untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Jangan pernah lupakan sejarah dan bangsa yang besar ialah bangsa yang sangat menghargai jasa para pahlawan. Semoga pemuda-pemudi Indonesia sekarang bisa menjadi penerus yang baik.