Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

Inilah Manfaat Bermain Alat Musik Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental Seseorang

Dari dulu sampai sekarang yang namanya bermain alat musik memang sudah menjadi salah satu kegiatan lumrah yang sering dilakukan oleh banyak orang. Karena selain melestarikan budaya, bermain musik juga bisa memberikan efek positif bagi kehidupan Anda. Selain berdampak bagi kesehatan mental, musik juga bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan. Yang perlu Anda ketahui, ketika bermian music maka secara tidak langsung akan merangsang telinga, otak, otot dan organ tubuh lainnya. Hal tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Bermian Musik Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Bermain Alat Musik Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental Seseorang

1. Menghiangkan Stress

Manfaat yang diperoleh jika Anda bermian alat music yaitu bisa menurunkan stress. Nah manfaat ini sudah banyak dirasakan oleh semua orang, karena ketika mereka sedang memiliki banyak masalah biasanya langsung memainkan alat music untuk menurunkan tingkat stress karena menghadapi masalah tersebut.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Dalam bermain musik yang baik harus sesuai nada dan suara dari lagu yang Anda nyanyikan, karena jika kedua hal tersebut tidak sesuai maka semuanya akan tidak nyaman. Maka dari itu dengan berain musik maka Anda belajar melatih antara mengatur nada dan suara. Konsentrasi memang sangat sulit untuk dilakukan dan jika Anda minat bisa melatihnya melalui bermain musik contohnya gitar, piano dan lainnya.

3. Tubuh Lebih Bugar

Banyak orang yang beranggapan bahwa pemain drum memiliki tubuh yang lebih bugar dibandingkan dengan pemain futsal atau olahgara lainnya. Bermain drum bisa membakar kurang lebih sekitar 500 kalori.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Selain itu bermain musik juga bisa untuk melatih mental Anda ketika berada di depan umum, contohnya ketika Anda disuruh menyanyi dan memainkan alat musik di atas panggung, secara tidak langsung itu melatih kepercayaan dalam diri Anda.

5. Mempertajam Pikiran

Ketika bermain musik Anda diharuskan untuk memadukan antara otak dan tangan Anda. Hal tersebut tidak mudah dan harus selalu dilatih setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika Anda menghafal berbagai macam kunci gitar itu akan melatih otak Anda untuk terus berfikir.

6. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Sudah banyak peneliti yang menunjukkan bahwa dengan bermian alat music seperti gitar bisa menjaga jantung tetap sehat, karena ketika bermain gitar pasti fungsi dari otak mereka akan mempengaruhi suasana hati lagi sedih atau bahagia, dan dari hal tersebut bisa memberikan efek positif khususnya untuk jantung dan juga perasaan.

7. Mengurangi Nyeri

Setiap orang yang bermain musik pasti akan mengatur posisi duduk yang benar dan itu akan sangat membantu Anda jika sedang mengalami nyeri sendi terutama di bagian tulang duduk. Apabila Anda sedang bermain gitar pasti akan mencari tempat duduk yang nyaman dan posisi badan tegak.