Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melamar Pekerjaan

Bagi Anda yang sekarang sudah lulus SMA atau lulus sarjana pasti kedepannya ingin mencari kerja yang diinginkan. Nah dalam mencari kerja tidak semudah yahg diomongkan orang lain, karena harus melewati beberapa seleksi dan itu sangat sulit. Modal ijazah saja tidak cukup karena yang dibutuhkan oleh perusahaan bukan sebuah nilai melainkan skill yang Anda miliki. Apabila ijazah Anda nilainya bagus semua tetapi skill yang dimiliki sangat minim, pasti kemungkinan ditolak perusahaan akan semakin besar. Apabila Anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini.

Persiapan Untuk Melamar Pekerjaan

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melamar Pekerjaan

1. Mengetahui Kualitas Perusahaan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tersebut mulai dari visi dan misi hingga jenjang karirnya. Selain itu Anda juga bisa menanyakan kepada orang yang sudah pernah bekerja di perusahaan tersebut, tujuannya agar Anda mendapat berbagai macam informasi yang nantinya bisa diterapkan apabila sudah bekerja disana.

2. Mengirimkan Dokumen Lengkap

Dimanapun Anda bekerja pasti yang ditanyakan yaitu dokumen mulai dari data pribadi hingga CV. Semuanya harus Anda persiapkan dengan baik agar perusahaan tersebut bisa menerima Anda. Bahkan jika Anda mempunyai beberapa sertifikat kemampuan, bisa dilampirkan di dalam dokumen tersebut untuk menambah kepercayaan HRD.

3. Persiapkan Diri Ketika Wawancara

Nah seleksi yang paling berat ketika melamar pekerjaan yaitu di bagian tes wawancara, karena di tes tersebut terdapat banyak sekali pertanyaan yang sangat menjebak. Dan Anda harus belajar ngomong di depan umum agar ketika diseleksi wawancara tidak grogi menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Untuk melatih seberapa PD Anda berbicara di depan umum, cobalah Anda berdiri di depan cermin dan mulailah pidato, dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah sudah PD atau belum.

4. Jangan Terlalu Memikirkan Gaji

Kebanyakan lulusan sekarang saat melamar kerja di sebuah perusahaan, hal yang diincar yaitu gaji. Memang tidak salah apabila orang mengharapkan gaji besar, namun untuk lulusan fresh graduate jangan sekali-kali membicarakan tentang gaji, karena itu akan sangat merugikan Anda saat melamar pekerjaan. Urusan gaji belakangan saja yang terpenting yaitu bagaimana Anda bisa diterima dulu di perusahaan yang Anda inginkan.

5. Tingkatkan Kemampuan

Apabila melamar pekerjaan pastikan Anda memiliki kemampuan yang sangat mendalam di salah satu bidang, contohnya Anda melamar di perusahaan Telkom maka kemampuan yang harus Anda tingkatkan yaitu di bagian jaringan atau IOT. Lebih baik lagi sebelum melamar kerja, Anda bisa mengikuti kursus agar saat di tes wawancara dan ditanya apa kemampuannya, Anda bisa menjawab dengan baik.

6. Perbanyak Pengalaman Kerja

Saat masih menjadi mahasiswa, sebaiknya Anda perbanyak pengalaman kerja seperti freelancer, karena pada saat terjun di dunia kerja Anda sudah mempunyai pengalaman kerja yang cukup. Pilihlah kerja freelancer yang mudah seperti menjadi menulis atau menjadi desain poster. Biasanya perekrut kerja akan mengambil mahasiswa yang masa kuliahnya sudah mempunyai pengalaman kerja karena skill yang dimiliki pasti sudah sangat baik.

7. Siap Bekerja

Bekerja di sebuah perusahaan artinya Anda bekerja sesuai dengan instruksi atasan dan harus selalu siap apabila dipindahkan di luar kota atau bahkan di plosok desa. Dan mau tidak mau Anda harus menjalaninya dengan baik dan tanpa proses.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Pastikan Anda memperhatikan terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan jika Anda bekerja di perusahaan tersebut. Untuk itu tetap semangat dan persiapkan diri sebaik mungkin agar pada saat hari H tidak bingung.