Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Youtuber

Di era modern sekarang ini youtube sudah menjadi salah satu media yang sangat berperan penting bagi semua orang, karena semua informasi sudah disediakan di Youtube. Youtube telah menyediakan berbagai macam fitur yang bias dimanfaatkan oleh banyak orang. Selain itu Anda juga bisa menghasilkan uang dari platform ini yaitu menjadi youtuber. Menjadi seorang youtuber harus mempunyai skill terutama skill berbicar dan skill editing video, karena kedua skill tersebut akan sangat digunakan saat Anda menjadi youtuber.
 
Tetapi menjadi youtuber tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi harus benar-benar diperjuaangkan dari 0. Youtuber yang sudah sukses pun dulunya juga berawal dari 0 subscriber. Namun Anda tidak usah khawatir karena disini saya akan memberikan sedikit tips cara menjadi youtuber sukses dan bagi Anda pemula bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Sukses Jadi Youtuber

8 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Youtuber

1. Niat

Semua hal pasti diawali dengan niat, apabila niat Anda dalam menjadi youtuber baik maka hasilnya pasti akan mengikuti. Perlu diingat untuk para pemula jangan pernah mengharapkan uang sepeserpun dulu dari Youtube. Yang perlu dilakukan yaitu perbanya membuat konten dan asah terus skill editing video.

2. Buat Akun Youtube

Nah langkah kedua yang harus dilakukan untuk menjadi youtuber yaitu Anda harus memiliki akun youtube, karena apabila tidak memiliki akun youtube tentunya Anda tidak bisa mengupload sebuah video. Setelah membuat akun youtube, kemudian aktifkan fitur monetization. Mengapa harus mengaktifkan fitur ini? Karena agar pihak youtube tahu bahwa Anda  telah menginginkan kompensasi dari akun tersebut.

3. Buat Konten Menarik

Dari pengalaman youtuber yang sudah sukses, dalam membuat konten youtube tidak boleh asal-asalan karena jika dalam pembuatan konten asal-asalan maka orang yang melihat channel kita jadi jenuh dan pasti tidak akan mensubscribe channel kita. Sebaiknya buatlah konten yang sesuai dengan hobi dan kemampuan yang Anda miliki, contohnya Anda hobi memancing bisa membuat channel youtube tentang memancing dan sebagainya. Apabila Anda membuat konten sesuai dengan hobi maka tidak akan terbebani sampai kapanpun.

4. Asah Skill Editing Video

Nah skill yang paling digunakan oleh youtuber yaitu skill editing video. Penonton akan mensubscribe channel Anda apabila konten yang Anda buat menarik dan editing videonya bagus. Untuk pemula sebaiknya mengedit video sendiri dulu untuk mengasah kemampuan, nah jika sudah berpenghasilan dari youtube bisa menyuruh editor professional untuk mengedit video yang Anda buat.

5. Konsisten

Langkah kelima yang harus dilakukan yaitu konsisten. Untuk menjadi youtuber sukses harus butuh perjuangan setiap hari dalam membuat konten dan menguploadnya di youtube. Bagi pemua usahakan setiap hari mengupload video karena jika video Anda semakin banyak maka algoritma youtube akan menilai bahwa channel yang Anda buat merupakan channel produktif dan pasti akan diletakkan diberanda youtube dan ditonton banyak orang. Apabila Anda tidak bisa membuat konten setiap hari, paling tidak 3 hari sekali atau seminggu sekali. Dan perlu diingat jangan sampai tidak upload video berbulan-bulan karena youtube akan menilai bahwa akun Anda sudah menjadi akun mati dan pasti akan dihapus dari youtube.

6. Siapkan Peralatan

Untuk menjadi youtuber tidak perlu memiliki peralatan yang mahal, cukup bermodalkan Hp dan tripod saja sudah bisa untuk membuat konten. Selain itu banyak sekali aplikasi-aplikasi di android yang bisa digunakan untuk mengedit sebuah video. Jadi jangan jadikan alasan lagi untuk menjadi yiutuber karena tidak mempunyai peralatan yang mewah dan mahal.

7. Subscriber dan Jam Tayang

Nah untuk masalah subscriber dan jam tayang ini harus Anda kejar dalam waktu satu tahun, karena untuk menghasilkan uang dari youtube harus menempuh 1000 subscribr dan 4000 jam tayang. Untuk mendapatkan itu semua Anda tidak perlu khawatir, cukup buat konten yang menarik dan upload setiap hari. Dan perlu diingat dalam membuat konten usahakan durasinya 10 menit/diatas 10 menit lebih bagus. Apabila durasi video Anda kurang dari 10 menit maka untuk mencapai jam tayang butuh waktu yang lama.

8. Gabung Grup Youtuber

Apabila Anda masih pemula di dunia youtube, sebaiknya gabungah di beberapa grup youtuber pemula di berbagai grup whatsapp maupun facebook, karena disana Anda akan mengetahui berbagai macam informasi tentang menjadi youtuber dan bisa saling tukar pendapat.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang youtuber sukses. Dan semoga article yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua terutama yang ingin menjadi youtuber. Terimakasih.