Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Umur 20 Tahun

Umur 20 tahun merupakan sebuah proses pendewasaan dan hal yang dilakukan pada umur tersebut akan menentukan kehidupan Anda 10 tahun kedepan. Di usia 20 tahun semua orang pasti sedang senang-senangnya bermain dengan teman sebaya dan menghabiskan waktunya untuk traveling ataupun nongkrong di café. Itu semua memang perlu dilakukan untuk menambah relasi, namun apabila Anda melakukan kegiatan tersebut secara terus-menerus pasti ketika sudah berumur 30an akan menyesal. 

Sebisa mungkin lakukanlah hal yang bermanfaat di usia 20 tahun, karena di umur tersebut Anda masih dalam tanggungan orang tua jadi jangan terlalu menghabiskan waktu yang kurang baik. Anda harus menjadi orang yang berbeda dari remaja lain, dan gunakanlah waktu sebaik mungkin.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Umur 20 Tahun

5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Umur 20 Tahun

1. Perhatikan Pergaulan

Jika Anda sekarang dengan menjadi mahasiswa dan harus merantau ke luar kota, maka sebisa mungkin pilihlah teman yang bisa membantu Anda membangun masa depan. Tidak ada salahnya Anda bergaul dengan siapapun, namun perlu diingat diusia 20 tahun tidak perlu terlalu banyak teman, cukup mempunyai teman sedikit namun bisa membantu Anda jika terdapat masalah. Jangan sampai Anda terjerumus dengan hal yang kurang baik ketika bergaul dengan teman.

2. Mulai Memikirkan Masa Depan

Di usia 20 tahun Anda sudah tidak punya banyak waktu lagi untuk bermain, dan hal yang harus dilakukan yaitu mulai menata masa depan apalagi jika Anda menjadi anak pertama pasti memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena Anda merupakan harapan pertama dari orang tua. Rencanakanlah masa depanmu mulai sekarang, agar di usia 25 keatas Anda sudah siap menghadapi kebidupan yang sebenarnya.

3. Membangun Sebuah Bisnis

Ketika Anda menjadi mahasiswa, lebih baik membangun sebuah bisnis karena Anda masih dalam tanggungan orang tau dan tidak usah  takut rugi. Habiskan masa gagalmu di usia muda agar mendapatkan pengalaman yang berharga. Apabila membangun bisnis tidak perlu yang besar, cukup bisnis yang bsia membuatmu lebih dewasa dalam mengelola keuangan. Bisnis yang bisa Anda coba yaitu dropshipper, reseller, jualan pakan ternak dan masih banyak lagi.

4. Hidup Hemat

Anak mudah jaman sekarang biasanya belum bisa mengatur keuangan dan setiap main sama teman bisa mengeluarkan uang yang cukup banyak. Keinginan untuk memiliki sebuah barang masih sangat besar, dan bagaimana caranya agar bisa memilikinya. Semua orang pasti memiliki sebuah keinginan, namun jika Anda masih umur 20 tahun jangan sampai mengeluarkan uang banyak hanya untuk memenuhi gaya hidup.

5. Belajar Invertasi

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan ketika umur 20 tahun yaitu belajar berinvertasi. Invertasi tidak harus langsung dengan dana yang besar, karena sekarang banyak sekali jenis invertasi yang hanya membutuhkan modal kecil contohnya invertasi emas di reksadana, atau bahkan bisa di kantor pegadaian. Tujuan invertasi disini yaitu untuk mempersiapkan masa depan Anda sepuluh tahun kedepan. Investasi yang saya rekomendasikan yaitu invertasi emas, karena semakin lama harga emas akan semakin naik.

Usia 20 tahun bukan saatnya lagi untuk bersenang-senang, di umur segitulah Anda harus harus memanfatakannya sebaik mungkin. Banyak orang yang sudah berumur 30 tahun menyesal dan ingin kembali di usia 20 tahun, karena di dulu tidak memanfaatkannya dengan baik. Jadi saran saya kurangi waktu bermain dan perbanyak pengalaman yang berharga.