Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Hal Yang Bisa Anda Coba Setelah Lulus Kuliah

Berbicara tentang kuliah pasti tidak asing dengan yang namanya wisuda dan skripsi. Nah keduanya harus diperjuangkan sejak semester 1 agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pernahkan Anda ditanya setelah lulus kuliah mau ngapain? Pertanyaan ini sering kali membuat bingung mahasiswa khususnya yang sudah semester 7. Karena mereka setelah lulus tidak tahu mau ngapain. Kuliah memang tidak menjamin setelah lulus bisa langsung bekerja, terkecuali meraka yang kuliah ikatan dinas.
 
Bagi Anda yang sekarang kuliah di universitas biasa dan sedang mengerjakan tugas skripsi, tidak usah khawatir setelah lulus mau kerja dimana. Karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan setelah wisuda, dan jika Anda konsisten dalam melakukan hal ini maka Anda akan berhasil. Berikut beberapa hal yang bisa diakukan setelah lulus kuliah.

Lakukan Hal ini Setelah Wisuda

6 Hal Yang Bisa Anda Coba Setelah Lulus Kuliah

1. Mendaftar PNS

Profesi yang satu ini memang sangat diincar oleh semua mahasiswa yang baru lulus kuliah, karena selain gajinya lumayan dengan Anda mendaftar PNS, maka akan menjamin hidup Anda di masa tua nanti. Dan apabila Anda sudah pensiun, pasti akan mendapatkan pesangon tiap bulan, dan itu akan sangat menguntungkan.

2. Lanjut Kuliah

Bagi Anda yang kurang puas dengan gelar S1, maka setelah wisuda bisa melanjutkan pendidikan ke S2. Tentu ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi jika Anda melanjutkan S2 akan mendapatkan berbagai macam ilmu yang nantinya bisa Anda terapkan di dunia kerja. Sebelum lanjut kuliah, tentukan dulu tujuan kedepannya untuk apa, jika tujuan Anda lanjut S2 untuk mendapatkan pengalaman dan menambah wawasan tentu itu sangat saya sarankan, tetapi jika alasan Anda hanya karena untuk mendapatkan pekerjaan, mendingan tidak usah lanjut S2 karena sekarang mencari pekerjaan sangat sulit dan gelar tidak menentukan kesuksesan seseorang.

3. Buka Les Privat

Sekarang banyak nih orang tua yang ingin anaknya mendapatkan nilai bagus di sekolah, dan rata-rata mereka membawa anaknya ke les privat. Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang semasa kuliahnya sangat rajin dalam belajar. Membuka les privat pasti sangat menguntungkan, karena sekarang ini anak-anak yang akan menghadapi UN pasti berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang bagus, dan mereka lebih memilih untuk les privat.

4. Menjadi Blogger dan Youtuber

Kedua profesi tersebut memang tidak ada hubungannya dengan jurusan kuliah, namun tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjadi seorang blogger ataupun youtuber. Membangun sebuah blog dan youtube harus membutuhkan waktu yang sangat lama, dan apabila Anda menekuni profesi tersebut maka uang yang dihasilkan akan jauh lebih besar dibanding dengan PNS.

5. Menjadi Karyawan Swasta

Mahasiswa yang setelah lulus pasti ingin sekali menambah pengalaman sebanyak mungkin dan biasanya mereka langsung memutuskan untuk menjadi karyawan di perusahaan swasta. Gaji menjadi karyawan tidak begitu besar, namun cukup lah buat makan sehari-hari dan bayar kos.

6. Berwirausaha

Berwirausaha menjadi hal yang sangat disukai oleh semua orang, karena selain memiliki banyak waktu luang mereka juga bisa menentukan sendiri berapa gaji yang ingin didapatkan setiap bulannya. Menjadi seorang pengusaha memang tidak ada yang ngatur dan Anda harus bijak dalam mengatur semuanya. Anda bisa memulai usaha dengan modal kecil contohnya jualan baju, makanan, ataupun bisa membuka jasa cetak undangan. Jadi ilmu yang Anda dapatkan waktu kuliah bisa diterapkan di dunia usaha.

Demikianlah 6 hal yang bisa Anda lakukan setelah lulus kuliah. Anda yang sekarang sedang menjalani skripsi semoga dilancarkan dan setelah lulus bisa membawa diri ke jalur yang lebih baik. Jangan takut untuk memulai sebuah hal, selagi itu hal benar maka lakukanlah sebaik mungkin.