Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Menjadi Pribadi Yang Produktif

Kemampuan yang jarang dimiliki oleh semua orang yaitu cara mereka memanajemen waktu setiap harinya. Waktu merupakan hal yang sangat berharga jika digunakan dengan baik, terlebih bagi seorang pekerja yang biasa mengatakan waktu adalah uang. Apabila Anda masih sekolah atau kuliah pasti akan sangat membutuhkan waktu yang banyak untuk mengerjakan tugas atau untuk membangun bisnis. Nah kebanyakan orang hanya melewati hari-harinya dengan kegiatan yang kurang bermanfaat dan akhirnya menyesal saat sudah tua. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia dan bisa menjadi pribadi yang lebih produktif.

Tips Menjadi Lebih Produktif

8 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Menjadi Pribadi Yang Produktif

1. Punya Tujuan Yang Jelas

Untuk menjadi pribadi yang produktif, setiap hari Anda harus menentukan tujuan yang jelas. Biasanya orang menjadi tidak produktif karena tidak memiliki tujuan yang jelas dalam menjalani hidup. Pada malam hari sebelum Anda tidur, Anda harus merencanakan sesuatu yang akan dilakukan di hari esok. Apabila Anda melakukan hal tersebut, maka setelah bangun tidur hidup Anda akan terarah dan langsung melakukan apa yang sudah direncanakan.

2. Fokus Pada Proses

Orang yang produktif tidak akan memikirkan seberapa hasil yang didapatkan, tetapi mereka justru malah lebih fokus ke proses, karena jika prosesnya sudah baik maka hasil akan mengikuti. Memang tujuan dari sebuah pekerjaan yaitu hasil, tetapi lebih baik fokuslah pada proses yang dilakukan.

3. Memprioritaskan Kewajiban

Apabila Anda seorang mahasiswa maka setiap hari harus memprioritaskan kuliahnya dulu, jangan sampai terganggu dengan kegiatan di luar kuliah, karena pikiran Anda akan bercabang dan tidak akan pernah menjadi pribadi yang produktif. Nah apabila tugas kuliah sudah selesai, maka Anda bebas mau melakukan kegiatan apa saja. Intinya kerjakan dulu kegiatan yang sudah menjadi tanggungjawab Anda.

4. Batasi Menggunakan Media Sosial

Hampir semua orang di dunia ini tidak bisa lepas dengan yang namanya media sosial, seperti facebook, whatsapp dan Instagram. Dari mulai bangun tidur hingga menjelang tidur lagi, pasti akan membuka akun media sosial, dan itu akan sangat menguras waktu Anda. Jadi batasilah menggunakan media sosial.

5. Hilangkan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan hampir semua orang yaitu nongkrong tiap malam tanpa tujuan. Jika hal ini terjadi pada diri Anda, maka sampai kapanpun Anda tidak akan menjadi orang yang produktif, yang ada malah waktu terbuang sia-sia. Dan yang paling dilakukan oleh mahasiswa yaitu begadang tiap malam, dan paginya bangun sampai jam 9 atau jam 10.

6. Jangan Lupakan Istirahat

Setelah selesai mengerjakan suatu pekerjaan, maka Anda harus meluangkan waktu untuk istirahat sejenak karena kualitas berfikir Anda akan ditentukan dari seberapa lama Anda beristirahat. Istirahat terlalu lama tidak baik, begitu pun sebaliknya istirahat kurang juga tidak baik. Nah waktu yang cukup untuk beristirahat yaitu sekitar 30 menit sampai 1 jam dan saya kira waktu segitu sudah bisa mengembalikan mood Anda dan menjernihkan pikiran kembali.

7. Olahraga Setiap Pagi

Jangan habiskan semua waktu Anda hanya untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan saja, tetapi harus tetap berolahraga walaupun sebentar. Olahraga yang paling baik yaitu ketika pagi hari karena udara pagi sangatlah segar dan Anda bisa menenangkan diri di waktu tersebut. Dengan berolahraga pagi, maka segala aktivitas yang akan dilakukan selanjutnya akan terasa mudah.

8. Lakukan Semuanya Dengan Tenang

Apabila Anda diberi tugas sama dosen, maka kerjakanlah pada saat pikiran Anda dalam keadaan tenang. Jangan mengerjakan tugas ketika sedang ada masalah karena itu malah akan merusak suasana dan tugas Anda pun pasti berantakan.

Anda bisa menjadi pribadi yang produktif dengan menerapkan beberapa cara diatas, dan lakukanlah secara rutin. Walaupun hanya 1 jam saja, bagi orang yang mempunyai pekerjaan waktu tersebut sangatlah berharga.