Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Menghilangkan Rasa Malas Yang Berlebihan

Hampir semua orang pasti mempunyai rasa malas, entah itu malas belajar, malas keluar rumah atau malas melakukan berbagai macam kegiatan lainnya. Nah malas merupakan sebuah sifat yang ada pada diri seseorang dan itu bisa tumbuh karena kebiasaan. Apabila Anda bermalas-malasan setiap hari pasti hidup Anda tidak akan berubah. Sebenarnya semua rasa malas bisa dihilangkan, tergantung orang tersebut mau berusaha menghilangkannya atau tidak. Nah bagi Anda yang saat ini masih mempunyai rasa malas, cobalah untuk menerapkan beberapa cara di bawah ini agar rasa malasmu sedikit berkurang.

Cara Menghilangkan Rasa Malas

7 Cara Menghilangkan Rasa Malas Yang Berlebihan

1. Jangan Sering Menunda

Apabila Anda seorang mahasiswa dan mendapatkan tugas dari dosen, langsung segera kerjakan karena jika ditunda maka tugas akan menumpuk dan pasti sangat malas ketika ingin mengerjakannya. Kalau bisa dilakuan sekarang kenapa harus nunggu besok. Untuk itu usahakan segeralah mengerjakan tugas yang sudah menjadi kewajiban Anda, agar semua dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.

2. Tentukan Target

Semua pekerjaan akan bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan asalkan Anda mempunyai sebuah target. Contohnya Anda menargetkan lulus kuliah 3,5 tahun, secara otomatis sistem belajar Anda akan teratur dan terarah karena sudah mempunyai target yang jelas. Jika Anda tidak memiliki target, maka cara belajar Anda akan semaunya sendiri dan pasti akan timbul rasa malas.

3. Kurangi Menggunakan Media Sosial

Memang anak muda jaman sekarang setiap harinya tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial, karena mereka asik berkomunikasi dengan temannya. Selain itu media sosial juga menjadi wadah untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Dengan demikian, orang akan lebih nyaman bermain media sosial daripada bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, dan jika hal tersebut terus dilakukan maka akan menimbulkan rasa malas pada diri seseorang.

4. Motivasi Diri Sendiri

Ada berbagai macam penyebab rasa malas yang muncul salah satunya yaitu kurangnya motivasi pada diri sendiri. Setelah melakukan berbagai macam kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran, tubuh akan terasa lemas dan akan malas melakukan hal berikutnya. Untuk kembali bersemangat, bacalah kata-kata motivasi dan Anda juga bisa melihat video tentang perjuangan orang sukses.

5. Jadikan Pekerjaan Menjadi Hobi

Apabila Anda sedang bekerja di sebuah perusahaan, maka anggaplah pekerjaan tersebut sebagai hobi Anda. Dengan melakukan hal tersebut, maka rasa malas akan semakin berkurang karena pekerjaan yang dilakukan akan menjadi sangat menyenangkan.

6. Bangun Pagi dan Olahraga

Bangun pagi merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua orang, karena pada saat tersebut pikiran masih dalam keadaan fresh dan kegiatan yang akan dilakukan pada siang hari pasti akan sangat terarah. Namun jika Anda bangun tidur jam 8 atau jam 9, maka tubuh akan terasa sakit dan malas untuk melakukan kegiatan.

7. Hadiahi Diri Sendiri

Setelah sekian lama berjuang mendapakan suatu hal, maka ketika hal tersebut telah tercapai berilah hadiah pada diri sendiri agar selalu termotivasi untuk melakukan target berikutnya. Hadiah tidak perlu yang mewah, cukup membeli makanan atau barang yang belum pernah Anda miliki sebelumnya.

Rasa malas akan datang kapan saja, dan itu pasti dialami oleh semua orang. Maka dari itu usahakan melakukan 7 hal diatas untuk mengurangi rasa malas pada diri sendiri. Tetaplah lakukan hal sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan dan fokus pada target yang ingin dicapai.