Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Menghadapi Interview Kerja | Frash Graduate Harus Tahu

Wisuda merupakan salah satu kegiatan yang pastinya ditunggu-tunggu seorang mahasiswa karena setelah kurang lebih 4 taun menempuh pendidikan di sebuah universitas. Diman momen tersebut menjadi bukti bahwa Anda pernah belajar di universitas tersebut. Setelah wisuda selesai pasti semua mahasiswa bersaing memasuki dunia kerja dan itu harus butuh perjuangan karena saingannya sangat bahnya bisa sampai jutaan mahasiswa.

Dunia kerja sangat berbeda dengan dunia kuliah karena disitulah kehidupan Anda yang sebenarnya. Nah dalam memasuki dunia kerja terdapat beberapa tahap yang harus dilewati oleh para pelamar salah satunya yaitu Interview/wawancara. Banyak sekali pencari kerja yang ditolak perusahaan karena kurang memahami tata cara interview yang baik saat di depan HRD.

Bagi Anda yang frash graduate dan ingin melamar kerja di sebuah perusahaan, maka persiapkanlah semuanya jauh-jauh hari agar pada saat hari H menghadapi interview tidak grogi. Adapun tips dan trik menghadapi interview kerja yang bisa Anda coba.

Cara Menghadapi Interview Kerja

6 Cara Menghadapi Interview Kerja | Frash Graduate Harus Tahu

1. Pahami Perusahaan Tersebut

Sebelum menghadapi wawancara, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang perusahaan yang ingin Anda lamar tersebut. Karena Anda akan ditanya oleh HRD tentang seberapa jauh Anda mengerti tentang perusahaannya. Minimal Anda mengetahui apa visi misi dari perusahaan yang ingin Anda lamar. Apabila HRD menanyakan kepada Anda tentang hal tersebut dan Anda bisa menjawab dengan lancar, maka potensi untuk lolos akan semakin besar. Tidak mungkin HRD akan menerima karyawan yang tidak mengerti tentang perusahaannya.

2. Perhatikan Penampilan

Yang sering diabaikan para pelamar kerja yaitu dari segi penampilan. Usahakan ketika masuk ruangan HRD penampilan Anda menarik dan sopan. Seperti menggunakan kemeja dan celana yang rapi, memakai sepatu, rambut diusahakan rapi dan bisa juga Anda menggunakan sedikit parfum. Selain penampilan, Anda juga harus selalu tersenyum ketika berhadapan dengan HRD agar lebih percara diri saat diberi pertanyaan.

3. Tingkah Laku Dijaga

Hal sekecil ini jika diabaikan maka Anda tidak akan pernah diterima di dunia kerja. Maka dari itu saat wawancara Anda harus menjaga perilaku dan bersikap sopan kepada HRD. Dan hal yang harus Anda hindari saat wawancara yaitu meletakkan tangan diatas meja, posisi kaki yang kurang sopan dan kepala sering menengok kesana kesini. Jika itu semua Anda lakukan maka HRD kan risih kepada Anda dan akan menilai bahwa Anda merupakan orang yang memiliki kepribadian yang kurang baik.

4. Jelaskan Tentang Diri Anda

Dimanapun Anda melamar kerja pasti akan HRD akan meminta pelamar untuk menjelaskan tentang dirinya baik itu nama, alamat, status, kelebihan dan kekurangan. Ketika Anda disuruh untuk menjelaskan semua tentang diri Anda, maka jangan sekali-kali berbohong karena itu akan sangat menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak. HRD lebih menyukai orang-orang yang berkata jujur.

5. Jelaskan Alasan Yang Tepat

Saat HRD memberikan Anda pertanyaan maka jawablah dengan jawaban yang tepat, dan berikan alasannya secara logis. Contoh pertanyaannya yaitu mengapa Anda memilih perusahaan tersebut. Nah dari pertanyaan tersebut diharapkan Anda menjawabnya dengan tepat sesuai dengan visi misi yang sudah diterapkan di perusahaan yang Anda tuju.

6. Awali dan Akhiri Wawancara Dengan Sapaan dan Jabat Tangan

Sebelum memasuki ruangan HRD, yang harus Anda lakukan yaitu mengetuk pintu terlebih dahulu dan setelah dirusuh masuk langsung Anda mengucapkan sapaan yang sopan. Dan perlu diingat sebelum HRD menyuruh Anda duduk, janganlah dukuk terlebih dahulu karena itu merupakan hal yang kurang sopan. Nah setelah selesai wawancara hal yang harus Anda lakukan yaitu  mengucapkan terimakasih dan memberikan senyuman terhadap HRD.

Untuk semua frash graduate pastikan ketika ingin melamar pekerjaan, siapkanlah diri Anda semaksimal mungkin dan saat interview jangan panic, tetap berusaha dan berdoa karena semua hal yang Anda lakukan akan ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa.