Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak Agar Tetap Aman

Jaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dan yang paling diminati oleh semua orang yaitu media sosial. Media sosial merupakan sebuah layanan yang memberikan berbagai macam informasi dan juga semua orang bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Media sosial yang paling banyak digunakan yaitu facebook, Instagram, twitter dan juga whatsapp. Tujuan dari mengakses media sosial yaitu agar Anda bisa memberikan informasi kepada banyak orang dan juga bisa membagikan sebuah foto dan video. Selain itu Anda juga bisa berinteraksi dengan orang di seluruh dunia melalui media sosial ini.
 
Tetapi dengan kemudahan tersebut, Anda harus selalu waspada karena sekarang ini banyak sekali hacker yang akan memasuki akun media sosial Anda. Jangan sampai niat baik Anda justru malah akan menimbulkan berbagai macam masalah. Nah mulai sekarang Anda harus selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat mengakses media sosial.

Cara Bijak Bermedia Sosial

7 Cara Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak Agar Tetap Aman

1. Silaturahmi

Ketika menggunakan media sosial, niatkan diri Anda untuk menjalin silaturahmi baik itu dengan keluarga, atau bahkan teman yang sudah lama tidak bertemu. Apabila Anda tidak sempat bertemu dengan orang tersebut, maka gunakanlah media sosial untuk berinteraksi. Jangan sampai putus pertemanan hanya karena jarak yang memisahkan, tetap menjalin hubungan pertemanan walaupun jarak jauh.

2. Batasi Menggunakan Media Sosial

Bukan berarti bila Anda sekarang bisa menggunakan media sosial dengan mudah, lalu melupakan segalanya. Anda juga harus berinteraksi dengan orang di lingkungan sekitar agar tidak dicap orang sombong. Berinteraksi lewat media sosial memang penting, tetapi lebih penting ketika bertatap muka langsung dengan orangnya, karena jika hal tersebut dilakukan maka akan terasa sangat bahagia daripada hanya berbicara di media sosial saja.

3. Kenali Teman

Media sosial seperti facebook dan Instagram sekarang ini sangat banyak digunakan khususnya anak muda, karena mereka bisa mencari teman sebanyak mungkin. Namun perlu diketahui, ketika mencari teman di media sosial harus selalu waspada dan jangan asal menerima pertemanan, karena belum tentu orang tersebut baik kepada Anda. Lebih baik mempunyai teman sedikit tapi semuanya Anda kenal, daripada banyak pertemanan namun semuanya orang asing yang belum pernah Anda kenali sebelumnya.

4. Berfikir Sebelum Mengunggah

Nah ini yang harus dilakukan oleh semua orang khususnya anak muda. Jaman sekarang anak muda sering mengunggah sebuah foto atau video sembarangan dan tidak memikirkan akibatnya. Jangan sampai Anda merendahkan atau menyinggung perasaan orang lain melalui media sosial, karena jika hal tersebut dilakukan maka Anda akan terkena pasal dan ujung-ujungnya menjadi permasalahan yang serius dan itu akan sangat merugikan diri Anda sendiri.

5. Jauhi Emosi

Hindari menggunakan media sosial apabila Anda sedang dalam keadaan emosi, karena bisa jadi semua emosi akan Anda luapkan di media sosial, dan jika itu terjadi akan sangat berbahaya bagi diri Anda dan juga orang lain.

6. Jaga Etika

Apabila Anda menggunakan media sosial tentu harus mempunyai etika, karena sekarang ini banyak sekali orang yang mengetik kata-kata sampai menyinggung SARA. Setiap orang pasti mempunyai latar belakang yang berbeda-beda dan sifatnya pun berbeda. Hormatilah mereka dan jangan sampai Anda menyakiti hatinya hanya karena sebuah media sosial. Fungsi media sosial yaitu untuk mempererat tali silaturahmi bukan untuk memutus silaturahmi.

7. Jaga Privasi

Sekarang banyak sekali orang yang berniat buruk ketika menggunakan media sosial, ada yang berniat untuk membobol akun bahkan ada juga yang berniat untuk mengambil foto seseorang dan akan digunakan untuk membuat akun palsu. Saran saya lebih baik jangan cantumkan identitas diri di akun media sosial, seperti alamat rumah, tanggal lahir atau nomor kontak pribadi. cara tersebut dilakukan untuk menghidari hal yang tidak diinginkan.

Gunakanlah media sosial dengan bijak dan jangan sampai harga diri Anda turun hanya karena bermain media sosial. Tetaplah waspada dan jangan mudah terpengaruh dengan siapapun terutama bagi orang yang tidak Anda kenal.