Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Cara Memulai Usaha Agar Berjalan Dengan Baik

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini pasti semua orang yang  bekerja sebagai karyawan swasta akan diberhentikan sementara, dan pasti semuanya akan kebingungan apabila hanya mengandalkan bekerja di perusahaan dan tidak mempunyai bisnis sendiri. Ketika bekerja di sebuah perusahaan pasti hampir semua orang sudah terlanjur nyaman dan tidak pernah berfikir untuk memulai melakukan usaha. Memulai sebuah usaha bertujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang sedang dialami oleh seluruh negara di dunia ini yaitu virus corona.
 
Apabila Anda diberhentikan bekerja dari perusahaan dan tidak mempunyai bisnis apapun, maka akan terasa sulit untuk menjalani hidup. Nah untuk itu mulai sekarang cobalah untuk membangun sebuah bisnis kecil-kecilan yang bisa untuk menyambung hidup kedepannya. Apabila ingin memulai usaha, Anda tidak perlu khawatir karena disini saya akan membagikan tips cara memulai usaha agar berjalan dengan baik.

Trik Memulai Usaha Untuk Pemula

9 Cara Memulai Usaha Agar Berjalan Dengan Baik

1. Tentukan Jenis Usaha

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan jenis usaha yang akan Anda jalankan kedepannya. Untuk Anda yang masih pemula tidak perlu memulai usaha yang besar, cukup usaha yang memerlukan moda kecil, contohnya usaha jual masker, jual makanan ataupun bisa juga mencoba bisnis jasa catering.

2. Minta Dukungan Keluarga

Hal terpenting dalam berbisnis yaitu dukungan dari keluarga, karena apabila keluarga mendukung maka keluh kesah selama Anda berbisnis akan bisa diatasi dengan baik. Dan dukungan keluarga juga bisa menentukan apakah usaha Anda akan berjalan dengan baik atau tidak.

3. Jangan Takut Gagal

Tantangan terbesar ketika baru saja memulai sebuah usaha yaitu takut akan kegagalan, maka dari itu banyak sekali orang yang gagal dalam berwirausaha karena mentalnya tidak kuat ketika menghadapi sebuah cobaan. Pengusaha sejati tidak akan takut gagal, bahkan mereka menganggap bahwa kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda.

4. Tambah Relasi

Ketika Anda memulai sebuah usaha, maka perbanyaklah relasi apabila sedang berada di luar rumah karena apabila Anda mendapat berbagai banyak relasi maka secara otomatis akan banyak juga orang yang akan mengenal usaha yang sedang Anda jalankan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai macam pengalaman yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda kedepannya.

5. Belajar Administrasi

Apabila Anda sendirian dalam membangun sebuah usaha maka jangan pernah lelah dalam belajar terutama belajar administrasi. Karena dalam dunia usaha semua pasti berhubungan dengan administrasi, mulai dari cara membeli barang yang berkualitas, mengatur keuangan sampai memanajemen waktu.

6. Tentukan Waktu Untuk Memulai

Memulai sebuah usaha bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan Anda, tetapi lebih baik dilakukan mulai sekarang karena jika Anda terlalu lama menunda maka usaha Anda tidak akan berkembang. Ada pepatah yang mengatakan bahwa kita harus sedia payung sebelum hujan. Maksud dari pepatah tersebut yaitu kita harus sesegera mungkin untuk mempersiapkan diri dengan baik terutama dalam hal finansial karena apabila Anda diberhentikan dari perusahaan swasta, kedepannya tidak akan bingung mencari uang kemana lagi.

7. Tentukan Keunikan Produk

Apabila Anda ingin sukses dalam berwirausaha, Anda harus cerdas dalam memilih produk dan bagaimana cara memodifikasi produk tersebut agar berbeda dari produk sebelah. Sebuah usaha akan berjalan dengan baik jika produk yang dipasarkan memiliki keunikan yang tinggi. Maka dari itu tujuan dari kita berwirausaha yaitu salah satunya untuk meningkatkan kreativitas.

8. Lakukan Promosi

Segeralah promosikan produk Anda melalui media sosial, mengapa media sosial? Karena hampir semua masyarakat Indonesia setiap harinya tidak bisa lepas dengan yang namanya media sosial. Anda bisa mempromosikan produk lewat whatsapp, facebook, atau bisa juga melalui Instagram. Apabila Anda rutin dalam melakukan promosi, maka usaha yang Anda lakukan akan cepat berkembang.

9. Berikan Layanan Dengan Baik

Dalam menjalankan sebuah usaha Anda harus selalu bersikap baik dan jujur terhadap konsumen, karena konsumen tersebut akan menilai Anda dari segi perilaku dan apabila perilaku Anda baik maka konsumen akan kembali membeli produk Anda, bahkan akan berlangganan seterusnya.
 
Lakukanlah sebuah cara diatas dengan baik dan konsisten, semua usaha itu sama saja tergantung orang yang menjalaninya. Apabila usaha kecil, namun orang yang menjalaninya tetap konsisten dan pekerja keras, maka usaha tersebut lama-kelamaan akan menjadi besar.