Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Efektif Yang Bisa Dilakukan Bagi Mahasiswa Salah Jurusan

Sebelum masuk ke dunia perkuliahan, Anda harus benar-benar memilih jurusan yang paling tepat dan sesuai passion. Karena saat ini banyak sekali mahasiswa yang mengeluhkan kepada temannya, dikarenakan salah memiih jurusan. Tetapi keluh kesah tersebut tidak datang saat awal kuliah, melainkan saat sudah menginjak semester 3 keatas baru mahasiswa tersebut berfikiran kalau dirinya salah jurusan. Ada yang mengatakan bahwa salah jurusan otomatis masa depan akan suram. Pemikiran seperti itu harus Anda buang, karena jurusan kuliah tidak ada kaitannya dengan kesuksesan, dan kesuksesan tidak bisa diprediksi.
 
Alasan mahasiswa salah jurusan pun sangat beragam, seperti disuruh orang tua, pengen masuk ke universitas ternama (padahal tidak ada jurusan yang menjadi passion), ikut-ikutan teman dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang sekarang sudah menjadi mahasiswa dan merasa salah jurusan, tidak usah bingung atau malah resign. Lakukanlah cara berikut ini untuk mengurangi rasa penyesalan akibat salah jurusan.

Lakukan Hal Ini Ketika Salah Jurusan

7 Cara Efektif Yang Bisa Dilakukan Bagi Mahasiswa Salah Jurusan

1. Kembangkan Hobi

Jika Anda memiliki hobi tidak ada salahnya untuk lebih dikembangkan agar kedepannya bisa lebih baik. Karena walaupun hobi Anda terkesan sederhana namun jika ditekuni pasti akan menjadi besar. Ubahalah hobi Anda tersebut menjadi pundi-pundi uang, contohnya hobi Anda membuat desain, maka konsistenlah dalam mengembangkan hobi tersebut, bahkan Anda bisa menawrkan jasa desain kepada teman-teman dan barangkali ada yang membutuhkan jasa Anda. Tidak ada salahnya menekuni dunia hobi dan menghasilkan uang, karena pekerjaan yang paling menyenangkan yaitu hobi yang dibayar.

2. Mencari Pekerjaan Online

Ketika Anda pusing dengan materi kuliah, maka lakukanlah hal lain yang bisa menghasilkan uang seperti mencari pekerjaan online. Anda bisa membuka toko online seperti shopee, tokopedia atau lazada. Selain itu, Anda bisa menjadi blogger atau penulis di sebuah website dan itu akan sangat menguntungkan jika dilakukan secara konsisten.

3. Berbisnis Kecil-kecilan

Jam kuliah tidak sepadat ketika sekolah, dan terdapat banyak waktu luang yang bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis kecil-kecilan, seperti jualan makanan ringan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan uang dan juga bisa menambah wawasan tentang berbisnis. Jika bisnismu berkembang, maka akan sangat berdampak besar ketika lulus kuliah nanti.

4. Bergabung Dengan Organisasi

Anda bisa mencari pengalaman lewat organisasi baik organisasi di kampus maupun di luar kampus. Karena dengan berorganisasi, Anda akan mendapatkan berbagai macam cerita pengalaman dari orang yang sudah sukses dan itu bisa menjadi motivasi Anda kedepannya.

5. Tetap Mempelajari Mata Kuliah

Walaupun Anda salah jurusan dan tidak menyukai mata kuliah yang diajarkan dosen, setidaknya belajar meski sedikit karena semua ilmu yang disampaikan dosen tidak ada yang sia-sia. Anda bisa mempelajarinya secara perlahan hingga paham di materi tersebut.

6. Ikuti Acara dan Kompetisi

Apabila ada acara seperti workshop, seminar atau yang lainnya, maka ikutilah kegiatan tersebut dengan baik karena Anda bisa lebih bersemangat walaupun kuliah salah jurusan. Anda akan mendapatkan berbagai macam ilmu melalui seminar dan workshop karena biasanya orang yang mengadakan seminar ialah mereka yang sudah ahli dan sukses di bidang tertentu.

7. Lanjutkan Kuliah Sampai Wisuda

Salah jurusan memang menjadi hal yang tidak diinginkan semua mahasiswa, namun disini Anda harus menyelesaikan apa yang sudah menjadi tanggungjawab Anda, dan jika ada pikiran untuk keluar kuliah maka ingatlah orang tua yang sudah membiayai Anda dari awal masuk sampai sekarang dan jika Anda kaluar kuliah begitu saja pasti orang tua Anda akan kecewa. Selesaikan kuliah Anda , karena Anda sudah dipercaya orang tua untuk mengenyam bangku kuliah.
 
Salah jurusan bukan berarti masa depan Anda suram, itu semua tergantung pribadi masing-masing dalam menjalaninya. Anda bisa sukses dengan melakukan hal lain di luar kuliah. Masa depan yang sukses yaitu ketika Anda lulus kuliah mau ngapain, dan punya tujuan apa.