Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru Dengan Mudah

Anda pernah tidak ketika setelah lulus sekolah memutuskan untuk merantau ? Jika iya maka Anda termasuk dalam golongan orang yang akan bersosialisasi dengan orang baru. Contohnya teman kuliah, teman kerja ataupun tetangga yang ada di kos Anda. Apabila Anda menjadi orang baru maka perlu yang namanya beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Nah untuk Anda yang sebelumnya belum pernah tinggal jauh dari orang tua, pasti ketika berada di lingkungan yang baru akan terasa canggung dan malu untuk bergaul. Untuk itu lakukanlah cara berikut ini agar kehidupan Anda di perantauan semakin betah dan mudah untuk bergaul.

Cara Mudah Untuk Beradaptasi

7 Cara Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru Dengan Mudah

1. Pelajari Cara Mereka Bersosialisasi

Setiap orang pasti mempunyai budaya yang berbeda-beda di daerahnya. Sebagai contoh jika orang Jawa Tengah pergi ke Jawa Barat pasti dari segi logat bahasa akan ditertawakan, dan itu sangat lumrah dilakukan semua orang apabila ada orang baru. Namun jika Anda berada di posisi tersebut, maka tidak usah malu dan lakukanlah apa yang Anda bisa. Selain itu, perhatikan juga cara mereka berbicara agar Anda kedepannya bisa menyesuaikan.

2. Ajaklah Mereka Berbicara Dengan Tenang

Ketika Anda berada di lingkungan yang baru, maka jangan langsung banyak bicara. Sebaiknya jadilah pendengar yang baik dan setelah Anda mengatahui sifat dan perilaku mereka, mulailah untuk membuka pembicaraan dengan tenang dan gunakan bahasa yang sopan.

3. Masuki Dunia Mereka Secara Perlahan

Nah disini Anda harus memulai pembicaraan dengan berbagai macam topik, seperti sharing tentang pengalaman atau bahkan membicarakan tentang kuliah jika Anda seorang mahasiswa. Jangan takut ketika membuka sebuah pembicaraan, karena mereka akan menerima Anda apabila Anda sopan dalam berbicara.

4. Jagalah Sopan Santun dan Hargai Mereka

Apabila Anda berada di sebuah perumahan dan masyarakat disana sudah sangat lama menetap, maka jagalah sopan santun. Karena setiap orang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Yang awalnya niat Anda hanya bercanda, bisa jadi orang di sekitar Anda menganggapnya serius. Maka dari itu, jagalah sopan santun agar Anda bisa diterima di lingkungan mereka.

5. Jangan Berharap Mereka Beraktifitas Denganmu

Semua orang pasti mempunyai kesibukan sendiri-sendiri, dan tidak semuanya orang ingin beraktifitas dengan penduduk baru. Anda sebagai orang baru alangkah baiknya menonjolkan kemampuan Anda di depan mereka. Dan setiap orang akan diterima di lingkungan baru apabila dia bisa memberikan warna yang berbeda dari sebelumnya.

6. Samakan Volume Suara Dengan Mereka

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menyamakan volume suara dengan orang di sekitar, karena jika tidak maka orang pendatang tersebut akan dicap aneh. Contohnya Anda orang solo mempunyai pekerjaan di medan dan harus menetap disana, secara tidak langsung pasti ketika Anda ngomong sesuatu pasti akan terkesan aneh bahkan bisa jadi langsung ditertawakan. Untuk itu ketika Anda bericara usahakan volumenya disesuaikan.

7. Belajar Akrab Sama Mereka

Setelah 2 minggu berjalan, maka Anda bisa mengajaknya ngobrol atau juga bisa mengajak mereka untuk bermain di tempat wisata. Dengan melakukan hal tersebut maka Anda akan terbiasa dengan orang baru dan bisa beradaptasi dengan cepat.

Janganlah malu ketika menjadi orang perantauan, karena budaya di Indonesia ini memang bertujuan untuk menyatukan semuanya. Berbeda-beda tetapi tetap menjadi satu, dan itu harus diterapkan oleh siapa saja dan dimana saja.