Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Harus Dilakukan di Masa Remaja Agar Tidak Menyesal di Masa Tua

Masa remaja merupakan masa yang sangat berarti sekaligus menyenangkan, karena di masa tersebut akan banyak berbagai macam hal baru yang datang. Tetapi Anda harus memanfaatkan masa remajanya untuk melakukan hal yang bermanfaat seperti membangun bisnis atau bisa juga digunakan untuk menambah wawasan sebanyak mungkin. Masa mudah cuma sekali, jadi gunakanlah sebaik mungkin dan jangan sampai masa muda Anda terbuang sia-sia. Untuk itu lakukanlah hal berikut ini saat remaja agar suatu saat tidak menyesal.

Cara Agar Tidak Menyesal di Masa Tua

7 Hal Yang Harus Dilakukan di Masa Remaja Agar Tidak Menyesal di Masa Tua

1. Berhubungan Baik Dengan Orang Tua

Semua orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anaknya, dan hanya saja cara penyampaiannya yang kurang pas. Bisa jadi ketika mengingatkan kepada anaknya, malah anak tersebut salah memahami apa yang dimaksud orang tuanya. Anda sebagai anak harus selalu mematuhi orang tua dan sebisa mungkin menjalin komunikasi dengan baik. Kesuksesan anak itu tergantung dari doa orang tua, jadi jika Anda tidak mau menyesal di hari tua, mulai sekarang berbaktilah kepada orang tua dan kalau Anda sekarang sedang merantau maka luangkan waktu paling tidak sehari 1 jam untuk berkomunikasi lewat Hp.

2. Rajin Menabung

Menabung memang sudah diajarkan sejak kecil dan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri ketika masa tua nanti. Kebanyakan anak muda sekarang memakai uang untuk berfoya-foya dan tidak memikirkan akibatnya. Menabung tidak harus langsung nominal besar, namun Anda bisa menabung dari sisa uang saku yang diberikan orang tua dan itu harus dilakukan secara konsisten. Jika Anda mulai sekarang sudah menabung, maka akan merasa tenang di masa tua nanti.

3. Olahraga

Orang yang sering berolahraga, maka tubuhnya akan terlihat awet mudah dan ceria. Selain itu dengan berolahraga, maka tubuh Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu bermain bulu tangkis, futsal, renang dan masih banyak lagi. Gunakanlah masa mudamu untuk olahraga, karena jika sudah tua badan akan terasa pegal dan sulit untuk beraktifitas.

4. Jalan-Jalan

Jalan-jalan memang bisa dikatakan hal sepele, namun perlu diketahui dengan kita jalan-jalan maka pikiran akan menjadi fresh dan mendapatkan banyak sekali pengalaman. Anda bisa mengunjungi tempat wisata minimal 2 minggu sekali. Tetapi jangan terlalu sering bermain kesana kemari, tetap fokus pada tujuan yang ingin Anda raih di masa depan.

5. Mencoba Hal Baru

Jika Anda menemukan hal baru, maka segeralah mencari informasi tentang hal tersebut dan jika sudah mendapatkan informasi yang cukup maka langsung lakukan. Contohnya Anda mendapatkan informasi tentang bisnis A, maka segeralah lakukan bisnis tersebut, karena kesempatan itu tidak akan terulang kembali. Di masa mudah Anda belum memikirkan berumah tangga, maka dari itu cobalah hal baru sebanyak mungkin agar di hari tua nanti sudah mendapat banyak pengalaman.

6. Luangkan Waktu Untuk Orang Tersayang

Gunakanlah masa mudamu dengan berkumpul dengan orang tersayang, seperti orang tua atau sahabat. Karena saat masa tua nanti Anda sudah tidak bisa lagi berkumpul dengan teman, bahkan dengan tetangga pun jarang kumpul. Sebelum Anda menyesal, mulai sekarang berkunjunglah ke rumah saudara atau rumah teman dan disana Anda bisa berbagi cerita.

7. Beribadah

Ketika masih muda pasti Anda bisa melakukan apa saja yang Anda mau, karena kondisi tubuh masih sehat. Tetapi walaupun tubuh masih sehat, jangan sekali-kali lupakan ibadah, karena kebahagiaan dunia dan akhirat akan ditentukan oleh sang pencipta. Luangkan waktu untuk beribadah agar tidak menyesal saat tua nanti.

Itulah beberapa saran dari orang dewasa untuk kaum muda, dan lakukanlah hal diatas dengan baik. Bagi Anda yang sekarang usia masih dibawah 30 tahun, manfaatkan waktu dengan hal yang bermanfaat dan semoga apa yang Anda lakukan saat ini tidak disesali saat masa tua.