Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Cara Agar Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Setelah menempuh pendidikan selama 6 tahun di SD, 3 tahun di SMP maupun SMA, pasti semua siswa akan menghadapi ujian nasional. Dan ujian nasional ini merupakan sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur seberapa besar kemampuan Anda di bidang akademik yang telah dilakukan selama sekolah. Ketika ujian nasional tiba banyak siswa yang stress karena kurangnya persiapan.

Untuk itu ketika Anda pertama masuk sekolah harus sudah mempersiapkan semuanya supaya di hari H ujian nasional tidak menjadi beban dan sudah terbiasa mengahdapi materi. Banyak sekali siswa yang belum mengetahui bagaimana cara menghadapi ujian nasional agar mendapatkan hasil yang memusakan. Bagi Anda yang akan menghadapi ujian nasional, alangkah baiknya ikuti tata cara berikut ini.

Cara Agar Sukses Menghadapi Ujian Nasional

9 Cara Agar Sukses Menghadapi Ujian Nasional

1. Niat Belajar Dari Awal

Langkah pertama ketika masuk sekolah yaitu niat yang baik. Ketika niat Anda baik ingin mendapatkan ilmu, maka insyaalah semuanya akan dipermudah. Usahakan dari awal masuk kelas 10 jangan main-main dan tetap fokus pada tujuan Anda yaitu ingin mendapatkan nilai ujian nasional yang memusakan.

2. Ciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman

Cara belajar setiap siswa pasti berbeda-beda ada yang belajarnya fokus di kamar, atau bahkan ada yang belajar sambal mendengarkan musik. Jadi kenali dulu tipe belajar Anda seperti apa, jika Anda sudah menemukan suasana belajar yang nyaman maka semua materi yang Anda pelajari akan mudah diingat. Usahakan ketika mempelajari materi, pikiran Anda selalu fresh dan jangan terlalu banyak memikirkan hal yang kurang bermanfaat. Biasanya waktu belajar yang baik yaitu setelah sholat subuh, karena diwaktu tersebut otak kita masih dalam kondisi fresh dan potensi untuk bisa menghafal lebih besar.

3. Ikut Les Privat

Jika Anda mempunyai rezeki yang lebih, bisa mengikuti les privat karena kegiatan ini akan sangat membantu Anda untuk memperdalam materi yang sudah diajarkan di sekolah. Apabila ada materi yang belum Anda pahami, bisa bertanya kepada guru les, bahkan ketika Anda ikut les privat akan diberikan rumus cepat dan itu akan mempermudah Anda dalam mengerjakan soal terutama matematika dan fisika.

4. Kurangi Melakukan Hal Yang Bermanfaat

Nah ini yang harus diperhatikan siswa khususnya yang sudah duduk di kelas 12. Karen ajika Anda duduk di kelas 12 sudah tidak mempunyai banyak waktu lagi untuk bermian. Selain itu hindari nongkrong yang tidak ada gunanya, lebih baik waktunya digunakan untuk mempelajari materi yang sudah disampaikan oleh guru.

5. Beli Buku Latihan Soal

Walaupun di sekolah Anda sudah diberikan soal-soal ujian nasional, tidak ada salahnya Anda membeli buku latihan soal UN di toko buku. Karena di dalam buku tersebut terdapat berbagai macam soal dan jawaban UN dari tahuh-tahun sebelumnya. Dan juga terdapat rangkuman materi mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

6. Belajar Kelompok

Selain mengikuti les privat, hal yang harus Anda lakukan yaitu belajar kelompok dengan teman. Biasanya siswa akan lebih mudah memahami materi ketika belajar dengan teman-temannya daripada diterangkan oleh guru. Dengan diadakannya belajar kelompok, maka siswa tersebut akan semakin akrab dengan teman yang lain dan bisa saling membantu jika terdapat soal atau materi yang belum dipahami.

7. Fokus

Saat pertama masuk kelas 12 Anda harus fokus pada mata pelajaran yang ingin Anda ambil saat UN dan Anda harus selalu berlatih soal tentang materi dari pelajaran tersebut agar pada saat hari H ujian nasional tidak bingung.

8. Jaga Kesehatan

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting terlebih jika Anda ingin menghadapi ujian nasional. Karena jika Anda sakit maka semua materi yang sudah dipelajari akan hilang begitu saja. Pola makan harus tetap dijaga dan jangan terlalu banyak begadang.

9. Meminta Doa Restu Orang Tua

Apabila Anda ingin melakukan sesuatu, lebih baik meminta doa restu kepada orang tua terlebih dahulu karena doa orang tualah yang akan menentukan Anda kedepannya akan seperti apa. Jika orang tua Anda telah tiada, Anda bisa ziarah ke makamnya dan didoakan setiap selesai solat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan ketika akan menghadapi ujian nasional. Bagi siswa yang kurang peka dengan pelajaran sekolah, memang akan terasa sulit untuk melakukannya. Tetapi jika dilakukan dengan terus-menerus pasti akan terbiasa dan akan menjadi nyaman. Semoga Anda semua sukses dalam menghadapi ujian nasional. Ujian nasional memang bukan tolak ukur kesuksesan seseoang, namun dengan diadakannya ujian nasional akan mengukur seberapa jauh siswa memahami pelajaran di sekolah.