Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Agar Lolos Seleksi SBMPTN

Bagi Anda yang saat ini duduk di kelas 12 pastinya sudah harus menghadapi berbagai macam ujian seperti UNBK dan SBMPTN bagi yang ingin melanjutkan kuliah. Setelah TES ujian nasional selesai maka langkahs selanjutnya yaitu mengikuti tes SBMPTN yang dilaksanakan di semua kampus negeri di Indonesia. Dan dalam mengikuti tes tersebut saingan Anda tidak hanya satu atau dua orang saja, melainkan seluruh Indonesia. Dan ini harus butuh banyak persiapan agar bisa lolos di Universitas yang Anda inginkan. Apabila Anda masih bingung apa saja sih persiapan yang harus dilakukan agar lolos SBMPTN.

Tips Lolos SBMPTN

6 Tips Agar Lolos Seleksi SBMPTN

1. Persiapan Sejak Awal Masuk SMA

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mempelajari materi UTBK sejak awal masuk SMA, karena jika Anda belajarnya dari kelas 10 maka semuanya akan terasa nyaman dan tidak terdesak oleh waktu. Dan Anda sewaktu kelas 10 harus sudah menentukan kampus impian Anda dan jurusan yang Anda minat. Dengan begitu sistem belajar Anda selama di SMA kan terjadwal dengan baik.

2. Mengikuti Les Privat

Jika Anda ingin masuk ke universitas ternama maka harus belajar sungguh-sungguh dan lebih bagus lagi apabila Anda mengikuti les privat. Karena jika Anda mengikuti les privat maka ketika terdapat materi yang kurang paham bisa bertanya kepada guru les tersebut. Anda bisa mengikuti les privat satu tahun sebelum UTBK dilaksanakan.

3. Ikut Try Out SBMPTN

Tujuan mengikuti try out ini SBMPTN yaitu untuk mengetahui seberapa kemampuan Anda dalam menghadapi UTBK. Banyak sekali media yang menawarkan untuk ikut try out SBMPTN, dan biasanya diadakan oleh alumni dari sekolag tersebut. Melalui try out ini Anda bisa mengetahui berbagai macam contoh soal yang sering keluar di tes UTBK.

4. Belajar Dengan Sungguh-Sungguh

Apabila niat awal Anda yaitu masuk ke universitas ternama, maka sistem belajar Anda harus disusun dengan baik dan harus konsisten dalam mempelajari materi. Usahakan ketika mempelajari materi SBMPTN jangan cuma menghafal tetapi juga harus memahami makna dari materi tersebut. Jadi usahakan belajar dengan rajin agar mendapatkan hasil yang memusakan

5. Latihan Soal

Tidak hanya mempelajari materi saja, namun Anda harus berlatih mengerjakan soal-soal UTBK tahun lalu, karena soal yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Anda bisa mencari soal-soal UTBK di internet maupun buku . Jika Anda mempunyai uang, lebih baik membeli buku latihan soal dan pembahasan SBMPTN yang banyak dijual di berbagai toko buku. Di dalam buku tersebut sudah terdapat rangkuman materi dan contoh soal yang sering keluar di UTBK.

6. Jangan Lupa Berdoa

Ketika Anda ingin melakukan sesuatu maka usahakan berdoa terlebih dahulu agar semuanya dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Allah pasti akan mengabulkan doa untuk orang yang bersungguh-sungguh dala melakukan segala hal. Dan apabila Anda telah berusaha dan berdoa namun masih gagal, jangan langsung pesimis karena mungkin rezeki Anda buka disitu dna Allah pasti memberikan yang terbaik untuk Anda.
 
Itulah trik mengikuti SBMPTN yang perlu Anda praktekkan. Semoga setelah membaca arikel yang saya tulis diatas bisa membantu Anda yang ingin mengikuti SBMPTN. Janganlah menyerah walaupun hasil tidak sesuai dengan keinginan, karena gagal di SBMPTN buka berarti Anda gagal di segala hal.