Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Strategi Bisnis Online Dropshipper Untuk Pemula

Sekarang banyak sekali bisnis online yang dilakukan oleh semua orang salah satunya yaitu dropshiper. Dropshipper merupakan sebuah penjualan online dimana kita tidak perlu stok barang dan kita hanya menjualkan barang dari supplier. Bisa dikatakan bisnis dropshiper merupakan bisnis yang minim modal dan mudah untuk dilakukan. Kunci sukses dropshiping yaitu terletak pada costumer service dan marketing, jika keduanya sudah berjalan maka semua kendala yang terjadi  akan mudah untuk diatasi. 
 
Apabila Anda seorang mahasiswa, menjalankan bisnis ini merupakan hal yang harus dilakukan karena selain biayanya yang minim tentu dapat juga untuk menambah uang jajan. Namun dalam menjalankan bisnis dropshipper Anda perlu memperhatikan beberapa cara agar bisnis Anda berkembang. Kali ini saya akan membagikan sedikit tips strategi menjadi dropshipper.

Cara Membangun Bisnis Dropshipper

6 Strategi Bisnis Online Dropshipper Untuk Pemula

1. Buka Toko di Marketplace

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka sebuah toko di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan sebagainya. Setelah itu edit toko Anda sesuai keinginan dan dengan desain logo yang menarik.

2. Pahami Kebutuhan Pasar

Nah sebelum memilih sebuah produk, Anda harus memahami kebutuhan pasar sehingga tahu jenis barang apa yang sering dicari dan dibutuhkan oleh semua kalangan. Setelah mengetahui hal tersebut maka Anda dapat memilih produk yang bisa menjadikan solusi.

3. Memilih Supplier Yang Berkualitas

Setelah Anda menentukan jenis produk yang akan dipasarkan, maka selanjutnya yaitu mencari supplier yang tepat dan tentunya berkualitas. Adapun cara memilih supplier yang berkualitas sebagai berikut :
a. Mudah Dijangkau
Apabila memungkinkan maka pilihlah supplier yang ada di pusat kota sehingga mudah untuk berkomunikasi dan tentunya dalam proses pengiriman akan lebih cepat.
b. Fokus Pada Satu Produk
Pilihlah supplier yang sudah paham mengenai semua barang yang sudah mereka produksi, artinya mereka mengerti tentang industri, jenis produk dan tingkat persaingan. Sehingga kualitas barang yang dipasarkan sesuai kebutuhan dan berkualitas.
c. Memahami dan Mempelajari Sebuah Produk
Memahami dan mempelajari sebuah produk sangatlah penting untuk para dropshiper, karena tidak hanya bisa menjual saja melainkan bisa menjelaskan produk tersebut ke semua pembeli ketika bertanya.
d. Memilih Tempat Pemasaran
Setelah Anda menemukan supplier yang tepat dan jenis produk yang ingin dipasarkan, langkah selanjutnya yaitu memilih tempat pemasaran yang tepat, contohnya media social seperti facebook, Instagram atau juga bisa di marketplace seperti tokpedia, shopee, lazada dan sebagainya.

4. Modifikasi Foto Produk

Meskipun supplier sudah menyediakan foto produk dan katalog produk, tetapi Anda jangan langsung upload foto tersebut, melainkan harus diedit lagi agar terlihat menarik dan usahakan berbeda dengan yang lainnya.

5. Promosikan Produk

Produk yang sudah Anda pilih harus dipromosikan, karena jika tidak dipromosikan maka semua akan sia-sia dan orang lain tidak akan melihat produk yang kita jual. Cara mempromosikan pdoruk yang paling mudah yaitu dengan melalui lingkungan sekitar dan meminta teman Anda untuk mempromosikan produk yang sudah Anda pasarkan.

6. Tingkatkan Pelayanan Toko

Apabila took Anda ingin ramai dan disenangi banyak orang maka perlu peningkatan pelayanan, seperti membalas chat fast respon agar pembeli tidak menunggu terlalu lama atau malah bisa jadi batal membeli produk Anda.

Itulah strategi yang harus dilakukan jika Anda ingin menjadi dropshiper sukses. Pastikan Anda jujur dalam segala hal terutama dalam penjualan produk, karena jika Anda jujur maka semua pembeli akan mempercayai toko Anda dan bisa berlangganan.