Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Agar Lebih Percaya Diri Berbicara di Depan Kamera

Berbicara di depan kamera memang tidak semua orang bisa melakukannya, karena itu membutuhkan yang namanya mental. Ada beberapa alasan seseorang tidak percaya diri ketika berbicara di depan kamera yaitu gugup, malu, mati gaya dan sebagainya. Namun semua itu bisa dirubah dengan cara terus berlatih setiap hari. Banyak para youtuber yang awalnya malu-malu berbicara di depan kamera, tetapi setelah berjalan beberapa bulan mereka menjadi sangat percaya diri. Saat berbicara di depan kamera memang menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang mempunyai sifat pemalu. Bagi Anda yang ingin menjadi youtuber atau vlogger, sebaiknya ikuti tips berikut ini agar semakin percaya diri saat berbicara di depan kamera.

Tips Agar Lebih Percaya Diri

6 Cara Agar Lebih Percaya Diri Berbicara di Depan Kamera

1. Menyusun Kata-Kata

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyusun kata-kata yang ingin disampaikan di video. Apabila Anda sudah tahu mau berbicara apa di depan kamera, maka Anda akan lancar dan tidak gugup.

2. Gunakan Bahasa Sehari-Hari

Dengan menggunakan bahasa sehari-hari pasti semua orang akan lebih menyukai Anda, karena secara tidak langsung Anda telah mengenalkan ke publik bahwa Anda tipe orang yang humble. Selain itu bahasa sehari-hari juga mudah untuk dimengerti daripada bahasa formal.

3. Berlatih di Depan Cermin

Cara selanjutnya yaitu dengan berbicara di depan cermin. Jika Anda mempraktekkan cara ini secara rutin maka gaya berbicara Anda akan semakin bagus. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ekspresi sesuai dengan karakter Anda.

4. Malatih Suara

Penonton akan meyukai video Anda apabila suara yang dihasilkan enak untuk didengar, karena selain gambar kualitas sebuah video juga terletak pada tone suara. Gunakan suara asli karena setiap orang pasti memiliki gaya bicara yang berbeda-beda, dan itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

5. Lakukan Pemanasan

Sebelum membuat video, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Anda bisa memualinya dengan menarik nafas lalu hembuskan kembali, dan cara ini berguna  untuk menghilangkan stress sekaligus menenangkan pikiran. Apabila pikiran Anda tenang, maka semua hal yang akan Anda ucapkan terasa mudah.

6. Konsisten Berlatih

Youtuber terkenal yang sudah lancar berbicara di depan kamera, pasti dulunya memiliki rasa malu dan gugup, tetapi yang membuat mereka berhasil yaitu tetap konsisten berlatih. Dengan terus berlatih, maka Anda akan menemukan gaya bahasa Anda sendiri.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan apabila ingin lancar berbicara di depan kamera. Apabla Anda ingin menjadi youtuber ataupun vlogger, sebaiknya gunakanlah bahasa yang sopan dan jangan sampai merugikan orang lain.