Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Kuliah Tidak Begitu Penting

Setelah lulus SMA pasti sebagian dari siswa memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta. Banyak orang yang menyarankan anaknya untuk kuliah agar masa depannya lebih baik ketimbang anak yang tidak kuliah. Tetapi kenyataannya banyak juga lulusan S1 yang akhirnya nganggur tidak jelas padahal sudah menempuh kulaih selama kurang lebih 4 tahun. Di era sekarang ini kuliah sudah tidak begitu penting dan berikut beberapa alasan mengapa kuliah tidak begitu penting.

Alasan Kuliah Tidak Penting

5 Alasan Kuliah Tidak Begitu Penting

1. Kuliah Sudah Ketinggalan Jaman

Jaman sekarang sudah sangat berbeda dengan jaman orang tua kita dulu. Kalau dulu orang yang kuliah anak sangat dihormati ketika turun di masyarakat, tetapi sekarang kuliah sudah menjadi hal biasa yang dilakukan oleh semua orang. Dulu ketika orang ingin mendapatkan ilmu tinggi harus menempuh jenjang kuliah karena pada saat itu teknologi belum begitu canggih, tetapi sekarang sudah ada internet yang semakin canggih dan apabila Anda ingin mempelajari suatu materi tinggal mencari di internet. Jadi buat apa kuliah kalau semua informasi sudah disediakan di internet.

2. Masuk Kuliah Semakin Mahal

Apabila Anda ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, maka harus persiapan uang minimal 50 juta dan itu hanya untuk membayar uang kuliah saja belum lagi mengeluarkan biaya seperti bayar kos, uang jajan atau kebutuhan kampus lainnya. Dan semua itu butuh uang yang tidak sedikit, maka dari itu jika Anda tidak niat untuk kuliah sebaiknya secepatnya mengundurkan diri dari kampus, karena percumah jika Anda kuliah tetapi tidak memiliki tujuan yang jelas, selain itu juga kasihan orang tua yang membiayai Anda. Apabila orang tua Anda memiliki dana, lebih baik dipakai untuk membuka usaha.

3. Salah Jurusan

Saat ini hampir 50% anak yang melanjutkan kuliah salah jurusan, dan jika hal tersebut tetap dilakukan maka akan berpengaruh untuk masa depan Anda. Yang dipikirkan oleh mahasiswa sekarang yaitu yang penting bisa kuliah, dan tidak pernah memikirkan bagaimana nasib kedepannya.

4. Gaji S1 Hanya UMR

Jangan berharap bahwa setelah menyandang gelar S1, gaji yang Anda dapatkan akan besar. Rata-rata gaji lulusan S1 yaitu UMR atau setara dengan gaji penjaga toko. Nah dari sini bisa disimpulkan mengapa Anda kuliah kalau gajinya sama dengan lulusan SMA. Bagi Anda yang sekarang sedang kuliah tetap semangat dan lanjutkan kulaihmu sampai selesai, karena itu semua sudah menjadi tanggung jawa Anda untuk membahagiakan orang tua.

5. Tidak Menjamin Sukses

Sekarang teknologi sudah berkembang sangat pesat dan untuk menjadi orang sukses tidak perlu kuliah S1. Banyak orang kaya di Indonesia yang tidak tamat kuliah bahkan ada juga yang hanya lulusan SMP. Ijazah hanya selembar kertas yang menandakan bahwa Anda pernah kuliah, dan ijazah tidak akan bisa membuatmu sukses. Kunci sukses yaitu kerja keras, kreatif, inovatf dan mempunyai banyak relasi.

Kuliah memang tidak penting namun belajar merupakan hal sangat penting. Anda boleh berhenti kuliah tetapi jangan sampai berhenti belajar karena dengan berhenti belajar Anda akan buta dengan perkembangan teknologi. Semoga semua orang yang saat ini sedang menempuh jenjang kuliah bisa lebih baik kedepannya, dan Anda harus membuktikan bahwa lulusan sarjana bisa lebih sukses daripada mereka yang tidak menyandang gelar sarjana.