Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

10 Cara Menjadi Anak Kos Yang Mandiri dan Pandai Mengatur Keuangan

Setelah lulus SMA pastinya semua orang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bahkan ada juga yang memutuskan untuk langsung bekerja. Nah bagi Anda yang kuliah ataupun yang bekerja pasti langsung berfikiran untuk merantau ke kota orang. Apabila Anda merantau dan di kota tersebut tidak mempunyai saudara, pasti sudah tidak ada pilihan lagi kecuali menjadi anak kos. 

Menjadi anak kos bukan merupakan hal yang mudah dan harus dijalani dengan sepenuh hati, karena selain jauh dari orang tua pastinya anak kos memiliki berbagai macam rintangan dan mereka harus bisa melewatinya. Bagi Anda yang baru saja menjadi anak kos, tidak usah khawatir karena disini saya akan membagikan tips menjadi anak kos yang mendiri dan pandai mengatur keuangan.

Cara Menjadi Anak Kos Yang Mandiri

10 Cara Menjadi Anak Kos Yang Mandiri dan Pandai Mengatur Keuangan

1. Buat Daftar Keperluan Bulanan

Untuk mahasiswa biasanya diberi uang jajan dalam sebulan sekali dan harus cukup dalam memenuhi semua kebutuhan. Kebutuhan anak kos diantaranya yaitu peralatan mandi, make up ( bagi perempuan), makanan dan sebagainya. Untuk itu ketika awal bulan, Anda harus membuat daftar keperluan selama sebulan. Tujuan dari membuat daftar bulanan ini yaitu melatih Anda untuk selalu disiplin dalam mengatur keuangan dan menjadi mandiri dalam sebagal hal.

2. Cari Tempat Makan Yang Murah

Bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa yang memiliki uang jajan pas-pasan, maka carilah tempat makan level mahasiswa. Di kota-kota banyak sekali tempat makan yang murah dan biasanya sekali makan sekitar 8 ribu rupiah. Untuk harga segitu sudah sangat pas untuk Anda yang masih mahasiswa.

3. Kurangi Beli Air Mineral Botol

Nah ini yang sering sekali dilakukan anak kos saat sedang keluar bermain sama teman-temannya. Harga air mineral botol biasanya sekitar 3 ribu rupiah, dan jika Anda membelinya secara terus-menerus maka uang Anda akan cepat habis. Mending saran saya, belilah galon isi ulang yang banyak tersedia di berbagai macam kota. Dari pengalaman saya, harga galon isi ulang tersebut sekitar 5 ribu, dan itu bisa digunakan selama 2 minggu.

4. Kumpulkan Uang Receh

Uang receh memang sepele ketika awal bulan, namun itu semua bisa jadi hal yang sangat berharga ketika sudah memasuki akhir bulan dan Anda akan sangat membutuhkannya. Tujuan dari mengumpulkan uang receh ini yaitu agar Anda terbiasa dalam menabung. Anda bisa memanfaatkan botol bekas untuk mengumpulkan uang receh tersebut.

5. Hindari Kegiatan Kurang Penting

Ketika Anda menjadi anak kos, maka harus memilih kegiatan mana yang bermanfaat dan mana yang tidak. Karena jika Anda melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat, otomatis akan mengeluarkan uang dan jika hal ini dilakukan secara terus-menerus maka uang jajan Anda akan cepat habis. Contohnya yaitu nongkrong di café, jalan-jalan, atau bahkan setiap minggu ke mall. Sebisa mungkin hindari kegiatan tersebut untuk menghemat pengeluaran.

6. Masak Nasi Putih Sendiri

Bagi mahasiswa, memasak nasi sendiri merupakan hal yang harus dilakukan karena bisa menghemat uang jajan. Orang Indonesia sudah terbiasa dengan nasi putih, mak dari itu Anda harus selalu menyediakan ketika menjadi mahasiswa. Mungkin akan sangat berat ketika diawal, namun jika masak nasi selalu Anda lakukan maka akan sangat menguntungkan di masa depan.

7. Simpanlah Uang Di Dompet Secukupnya

Cara yang sering saya lakukan ketika menjadi anak kos yaitu menyimpan uang di dompet secukupnya. Untuk anak kos simpanlah uang di dompet sekitar 50 ribu saja, dan jika Anda menyimpan uang di dompet terlalu banyak maka akan cepat boros karena ketika melihat sesuatu pasti ingin sekali membelinya. Uang 50 ribu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anak kos untuk beberapa hari dan jika uang tersebut sudah habis, maka Anda bisa mengambil di ATM sebesar 50 ribu lagi.

8. Terapkan Pola Hidup Sehat

Ketika jauh dari orang tua dan menjadi anak kos, maka terapkanlah pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu seperti apa ? Contohnya olahraga teratur, tidur teratur, pola makan harus selalu dijaga karena jika pola makan Anda tidak baik maka badan terasa tidak enak dan bisa saja sakit. Makanan untuk mahasiswa tidak perlu yang mahal kok, yang penting sehat dan mendapatkan nutrisi yang baik.

9. Cari Kos Yang Sudah Terdapat WiFi

Kos-kosan yang baik untuk mahasiswa yaitu kos yang sudah menyediakan layanan wifi, karena mahasiswa tidak lepas dari tugas kampus yang harus mencarinya di internet. Apabila kos yang Anda pilih belum ada layanan wifi, maka Anda harus membeli paket data setiap bulan dan biasanya harganya sangat mahal. Sedangkan jika kos yang sudah ada wifi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli paket data dan ini akan sangat menghemat pengeluaran.

10. Cuci Pakaian Sendiri

Banyak sekali anak kos yang malas terutama malas dalam memcuci pakaiannya sendiri. Walaupun sekarang sudah banyak laundry mulai dari 10-15 ribu, jika Anda menghitung dengan cermat tetap saja akan lebih hemat pengeluaran jika mencuci pakaian sendiri. Mungkin bagi Anda yang dirumah tidak pernah mencuci pakaian maka ketika berada di kos akan sangat berat untuk dilakukan, namun jika Anda melakukannya secara teratur maka akan menjadi terbiasa.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan ketika memutuskan untuk menjadi anak kos. Semoga apa yang sudah saya bagikan ini dapat memberikan informasi bagi Anda semua yang harus berjuang dan mengelola uang kiriman.