Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

10 Alasan Mengapa Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

Komputer melambat disebabkan karena sejumlah alasan yaitu saat Anda mengunduh program, memasang ekstensi, menjelajahi web, membuat file, dan mengisi hard drive Anda dengan film dan musik, mau tidak mau Anda akan membangun detritus virtual yang akan berdampak pada kinerja PC Anda. Jadi, jika Anda bertanya pada diri sendiri, "Mengapa komputer saya begitu lambat? Nah disini saya akan membagikan beberapa alasan mengapa komputer lemot yang sering dialami semua orang.

Alasan Mengapa Komputer Lambat

10 Alasan Mengapa Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu Banyak Program Startup

Program yang baru diunduh sering mencoba untuk masuk ke menu Startup Anda (Windows) atau Item Login (Mac). Jika Anda tidak menghapus centang pada kotak untuk izin itu, Anda dapat memiliki banyak program yang tidak perlu berlomba-lomba untuk siap dan berjalan segera setelah komputer dinyalakan (seolah-olah itu terjadi dalam waktu dekat).
Sementara beberapa program seperti antivirus dan perangkat lunak firewall harus dibiarkan berjalan dari startup, yang lain seperti iTunes atau Microsoft Office dapat dengan mudah tetap ditutup sampai Anda benar-benar perlu mengakses file dari kedalaman digitalnya.
  • Solusi :
Mac: Aplikasi / Preferensi Sistem / Grup Pengguna / Item Login, lalu hapus centang program yang tidak dibutuhkan. Hapus ikon desktop yang tidak Anda gunakan dengan membuangnya atau, jika ada file yang Anda simpan di desktop untuk kenyamanan, atur ulang ke folder yang sesuai.
Windows 8 dan 10: Windows key + X / Task Manager / Startup tab, lalu klik kanan pada program yang ingin Anda hapus dan pilih Disable.
Windows 7: tombol Start, lalu cari Konfigurasi Sistem. Buka tab Startup, lalu hapus centang masing-masing program jika Anda tidak ingin memulai ketika sistem dinyalakan.

2. Hard drive Anda Rusak

Hard drive mendekati akhir masa pakainya adalah masalah umum. Hard drive terbuat dari bagian yang bergerak yang berputar ribuan kali sehari dan mereka rusak. Secara umum, setelah dua atau tiga tahun penggunaan yang konsisten, ada kemungkinan besar bahwa hard drive gagal. Sebaliknya, solid-state drive (SSDs) tidak mengalami jenis degradasi yang sama dari perangkat keras fisik, dan memiliki masa hidup delapan hingga sepuluh tahun.
  • Solusi :
Windows 7 : Windows Explorer>Komputer> klik kanan pada drive> Properties> Tools> Check Now. Anda dapat memilih "Pindai dan coba pemulihan sektor buruk" yang akan mencegah komputer Anda mengakses area "buruk" pada hard drive, tetapi juga dapat meningkatkan waktu pemindaian hingga beberapa jam.
Mac: Buka Aplikasi> Utilitas> Disk Utility, kemudian sorot hard drive yang dimaksud dan klik First Aid di bagian atas layar.

3. Hard Drive Anda 95% Penuh

Ketika hard drive Anda mencapai 95 persen penuh, komputer dapat melambat hingga 50 persen. Ruang hard drive diambil oleh program, pembaruan program, dan unduhan, serta file sementara dan file terkait dari program yang dihapus, sehingga Anda mungkin dapat membersihkan ruang yang cukup hanya dengan mengosongkan tempat sampah Anda. Periksa situasi hard drive Anda dengan (Mac) mengklik apel dan memilih About Mac ini, atau (Windows) mengenai Start>Computer dan mengklik kanan hard drive primer (biasanya C :), lalu pergi ke Properties.
  • Solusi :
Bersihkan komputer Anda dari file yang tidak perlu dari program yang tidak digunakan untuk menonaktifkan unduhan dan file sementara. Ini mungkin termasuk bloatware yang dibuat oleh pabrikan ke komputer yang seharusnya menjalankan utilitas atau pembersihan. Cadangan dan titik pemulihan sistem juga dapat menghabiskan banyak ruang, jadi jangan menyimpan lebih banyak versi cadangan dari yang sebenarnya Anda butuhkan. Untuk mengoptimalkan ruang, Anda mungkin juga ingin memindahkan file ke layanan penyimpanan cloud.

4. Browser Terlalu Banyak Add-On

Ekstensi dapat secara bermanfaat meningkatkan pengalaman web Anda (seperti pemblokir iklan atau konverter unit yang digunakan) tetapi ekstensi itu mungkin juga menjadi penyebab memperlambat komputer Anda dengan menghabiskan daya pemrosesan. Semua ekstensi tidak dibuat sama dan beberapa add-on mungkin menyatakan diri mereka pemblokir popup atau pelindung pencarian.
  • Solusi :
Firefox: Tekan tombol menu di paling kanan, pilih Ekstensi, lalu pilih nonaktifkan atau hapus untuk setiap item dalam daftar.
Chrome: Klik kanan pada tombol ekstensi>Kelola Ekstensi, lalu hapus centang pada kotak untuk menonaktifkan item tertentu, atau klik tempat sampah untuk melambaikannya. Anda juga dapat memeriksa berapa banyak memori yang digunakan oleh setiap ekstensi dengan menekan tombol menu kanan-atas (tiga titik vertikal) kemudian More Tools>Task Manager>Memory di mana Anda dapat mengurutkan semua proses browser berdasarkan memori yang digunakan. Ekstensi akan didahului oleh ikon potongan puzzle.

5. Anda Menjalankan Terlalu Banyak Program Sekaligus

Kemampuan komputer Anda untuk menjalankan banyak program sekaligus bergantung sebagian pada RAM-nya, yang memungkinkannya untuk beralih dari pemrosesan satu program ke program lain dengan kelihatannya fluiditas, tetapi jika tuntutan dari program terbuka melebihi kemampuan komputer Anda. memori dan kekuatan pemrosesan, Anda akan melihat perlambatan.
  • Solusi :
Pilih menu Task Manager (Windows; Ctrl + Alt + Del) atau Activity Monitor (Mac; Cmd + Space, ketik di Spotlight bar). Kemudian mematikan program yang tidak Anda butuhkan dan Untuk Mac, Windows 10, Windows 7 dan versi Windows yang lebih lama, Anda dapat menutup program dari menu file. Di Windows 10 dan 8, program dibangun sehingga berjalan di latar untuk sementara waktu, lalu mati secara otomatis. Tetapi jika Anda ingin secara manual menutup satu dan memastikan semua file yang terkait ditutup dengan itu, seret dari atas layar ke bawah, dan tahan di sana sampai ikon terbalik.

6. Terlalu Banyak Tab Browser Terbuka

Beberapa browser terbuka juga dapat memperlambat pekerjaan, dan Anda mendapatkan poin lambat tambahan jika ada tab yang juga menyegarkan otomatis (misalnya, blog langsung). Terlebih lagi, memiliki tab browser yang penuh dengan informasi yang seharusnya penting tidak benar-benar membantu efisiensi atau perhatian kita.
  • Solusi :
Tandai tautan "penting" tersebut (dalam folder Bookmark berjudul "Untuk Membaca") dan matikan tab tersebut. Bahkan lebih baik, Satu Tab untuk Chrome dan Firefox berfungsi untuk Anda, mengkompilasi semua tab terbuka Anda menjadi daftar sederhana pada satu tab, yang kemudian dapat diakses sesuai kebutuhan.

7. Terlalu Banyak Program Antivirus

Memiliki program anti-malware aktif adalah bagian penting dari kebersihan komputer, tetapi program Anda mungkin menjalankan pemindaian latar belakang secara teratur pada saat-saat terburuk yang mungkin terjadi. Beberapa program antivirus dapat diatur ke pemindaian penuh mingguan, yang dapat memakan waktu beberapa jam dan menyedot banyak daya pemrosesan.

8. Komputer Memiliki Virus

Jika bukan antivirus, bisa jadi itu virus. Virus, spyware, dan malware lainnya dapat memperlambat komputer Anda karena dapat mengacaukan segalanya mulai dari membajak hingga mendorong situs iklan atau phishing.
  • Solusi :
Jalankan pemindaian malware. Saya sarakan menggunakan Malwarebytes (Mac / Windows) gratis sebagai alat cybersecurity anti-malware. Saya juga merekomendasikan Bitdefender Total Security dan Symantec Norton Security Premium.

9. Tidak Memiliki Cukup Memori

Jika Anda telah membersihkan komputer Anda dan mengubah kebiasaan tab browser, tetapi komputer Anda masih lambat (dan Anda memiliki PC), mungkin ingin mempertimbangkan upgrade kecil dalam bentuk RAM tambahan.
Beberapa program menggunakan banyak RAM komputer Anda untuk dijalankan misalnya, program yang bekerja dengan file besar seperti perangkat lunak pengedit foto atau video. Banyak orang mencoba menjalankan Photoshop atau program yang beratnya grafis pada komputer tingkat pemula atau menengah yang tidak dapat mengatasinya.

10. Jalankan Dalam Mode Daya Rendah

Beberapa laptop Windows memberi Anda opsi untuk menyesuaikan pengaturan daya Anda untuk memaksimalkan kinerja. Buka control panel> Perangkat Keras dan Suara> Opsi Daya dan pilih "Buat Rencana Daya." Jika komputer Anda memungkinkan Anda menyesuaikan kecepatan komponen dan  Anda akan melihat tiga opsi: "Seimbang," "Penghemat daya," dan "Kinerja tinggi." Pilih "Kinerja tinggi" dan buat nama paket. Kemudian Anda akan melihat layar tempat Anda dapat memilih paket daya. Pilih paket baru Anda. Membuat rencana daya yang didasarkan pada "Kinerja tinggi" akan memaksimalkan kinerja komputer Anda secara otomatis.

Nah itulah beberapa alasan mengapa komputer lemot. Rawatlah komputer Anda dan jangan biarkan komputer terkena virus yang akan mengganggu pekerjaan yang Anda lakukan. Untuk itu perhatikan penyebab mengapa komputer bisa lemot dan cari tahu bagaimana cara mengatasinya.